Setelah membahas tentang Cabang-Cabang Biologi dan juga menulis sedikit tentang kesehatan lingkungan menurut Islam, kini kita akan melanjutkannya dengan Ekologi. Berikut pembahasan lengkapnya. Semoga bermanfaat. :-)

Pengertian Ekologi

Ekologi berasal dari Bahasa Yunani yang terdiri dari 2 kata yaitu oikos, “rumah,” dan logos,” mempelajari. Jadi, secara umum ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara organisme dengan lingkungannya ekologi menitikberatkan pada interaksi karena di alam ini selalu ada hubungan timbal balik antara faktor-faktor biogik dan abiotik. Ekologi merupakan ilmu multielisipliner yang melibatkan berbagai bidang ilmu, diantaranya genetika, evolusi, fisiologi, dan tingkah laku.

Ruang Lingkup Ekologi

1. Ekologi adalah kajian ilmiah mengenai interaksi antara organism dan lingkungannya.

Ekologi menggunakan pengamatan dan eksperimen untuk menguji penjelasan hipotesis interaksi. Lingkungan meliputi komponen abiotik (faktor-faktor kimiawi dan fisik tak hidup) seperti suhu, cahaya, air, dan nutrien, dan komponen biotik (hidup), semua organisme lain yang merupakan bagian dari lingkungan suatu individu.

2. Penelitian ekologis berkisar dari adaptasi organisme sampai ke dinamika ekosistem.

Ekologi dapat dibagi menjadi empat tahap kajian yang semakin menyeluruh sifatnya, mulai dari interaksi individu organisme dengan lingkungan abiotik hingga ke dinamika ekosistem.

Ekologi organisme (organismal ecology) berhubungan dengan cara-cara berperilaku, fisiologi, dan morfologis yang digunakan suatu organisme individual dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh lingkungan abiotiknya.

Tingkat organisasi berikutnya dalam ekologi adalah populasi, yaitu suatu kelompok individu dari spesies yang sama yang hidup di dalam geografis tertentu. Komunitas, adalah kumpulan populasi dari spesies yang berlainan.

Kajian ekologi pada ekosistem meliputi semua faktor-faktor abiotik selain komunitas spesies yang ada dalam suatu daerah tertentu.

3. Ekologi menyediakan suatu konteks ilmiah bagi evolusi masalah-masalah lingkungan

Meskipun permasalahan lingkungan memiliki komponen politis, ekonomis, dan etis, ekologilah yang menyediakan dasar ilmiah untuk pemahaman permasalahan ini.

Silakan lihat koleksi prediksi dan Bocoran UN 2012 untuk membantu adik-adik kita, agar dalam ujian nasional tahun ini, Semoga Hasil UN 2012 nanti dapat memuaskan, sehingga bisa lanjut ke perguruan tinggi dengan melalui SNMPTN 2012. Semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel Pengertian Ekologi | Ruang Lingkup Ekologi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pola Ijtihad Yang Dibutuhkan Pada Masa Kini. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Ekologi | Ruang Lingkup Ekologi" :

Ditulis dalam Kategori Biologi. ruang menurut ekologi,