Pengertian Matematika Sekolah. Setelah sebelumnya saya memberikan artikel tentang pengertian matematika yang membahas tuntas mengenai matematika dari bahasa dan sejarahnya, kini kita akan berbicara tentang matematika sekolah. Kenapa? Karena definisi matematika dan matematika sekolah sebenarnya ada sedikit perbedaan. Jauh malah.

Pengertian Matematika Sekolah

Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah, yang dimaksud matematika adalah matematika sekolah, yaitu matematika yang diajarkan di tingkat Pendidikan Dasar (SD dan SMP) dan Pendidikan Menengah (SMA dan SMK). Matematika sekolah terdiri atas bagian-bagian matematika yang dipilih guna menumbuhkembangkan kemampuan-kemampuan dan membentuk pribadi serta berpandu pada perkembangan IPTEK. Ini menunjukkan bahwa matematika sekolah tetap memiliki ciri-ciri yang dimiliki oleh matematika, yaitu memiliki objek kajian yang abstrak serta berpola pikir deduktif konsisten. (Suherman, dkk., 2003:54).

Matematika sekolah merupakan bagian-bagian dari matematika sebagai ilmu yang dipilih atas dasar kepentingan pengembangan kemampuan berpikir dan kepribadian peserta didik serta kepentingan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu selalu dapat sejalan dengan tuntutan kepentingan peserta didik untuk menghadapi tantangan dan tuntutan perkembangan kehidupan masa depan.

Fungsi dan tujuan matematika sekolah:

Fungsi Matematika Sekolah

Fungsi mata pelajaran matematika di sekolah adalah sebagai (Suherman, dkk., 2003:55):

  1. Alat. Melalui matematika siswa dapat memahami dan menyampaikan suatu informasi misalnya melalui persamaan, atau tabel-tabel dalam model matematika.
  2. Pola Pikir. Belajar matematika merupakan pembentukan pola pikir dalam pemahaman suatu pengertian. Pola pikir yang dikembangkan adalah pola pikir deduktif dan induktif.
  3. Ilmu. Matematika selalu mencari kebenaran dan bersedia meralat kebenaran yang sementara diterima, bila ditemukan penemuan baru sepanjang mengikuti pola pikir yang sah.

Tujuan Matematika Sekolah

Tujuan pembelajaran matematika di sekolah mengacu kepada fungsi matematika serta kepada tujuan pendidikan nasional yang telah dirumuskan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Diungkapkan dalam GBPP matematika bahwa tujuan umum diberikannya matematika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi dua hal (Suherman, dkk., 2003:56), yaitu:

  1. Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi  perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang, melalui  latihan bertindak  atau dalam  pemikiran  secara logis  rasional,  kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien.
  2. Mempersiapkan agar siswa dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

Tujuan pembelajaran di SMP adalah (Suherman, dkk., 2003:57):

  1. Siswa memiliki kemampuan yang dapat dialihgunakan melalui kegiatan matematika.
  2. Siswa memiliki pengetahuan matematika sebagai bekal untuk melanjutkan ke pendidikan menengah.
  3. Siswa memiliki kemampuan matematika sebagai peningkatan dan perluasan dari matematika sekolah dasar untuk dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

(4)   Siswa memiliki pandangan yang cukup luas dan memiliki sikap logis, kritis cermat dan disiplin serta menghargai kegunaan matematika

Kualitas Pembelajaran

Kualitas adalah ukuran baik buruknya sesuatu, kadar, mutu, derajat/taraf (kepandaian/kecakapan, dan sebagainya). Pembelajaran adalah suatu upaya untuk mengubah tingkah laku siswa kearah yang lebih baik. Dirjen Dikdasmen (1944) dalam Yamin & Ansari (2009:99) telah menggaris bawahi enam komponen dasar yang saling terkait dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu:

  1. Pengembangan kemampuan profesional guru;
  2. Pengembangan pengelolahan lingkungan;
  3. Pengembangan prasarana dan sarana pendidikan;
  4. Pengembangan pengolahan sekolah;
  5. Pengembangan supervisi/monitoring dan evaluasi; pengembangan alat evaluasi belajar;
  6. Pengembangan hubungan sekolah dengan masyarakat.

Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari proses pembelajaran (aktifitas belajar) dan hasil belajar siswa (nilai) berdasarkan kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai, serta kinerja guru yang mendukung proses pembelajaran.

Baca juga artikel saya mengenai Rumus cepat matematika dan judul skripsi matematika. Semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel Pengertian Matematika Sekolah ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Matematika. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Matematika Sekolah" :

Ditulis dalam Kategori Pengertian. bahaya uang palsu,