Rahasia Sukses SNMPTN 2012. Ujian SNMPTN Tertulis 2012 sudah di depan mata. Ratusan ribu kursi siap diperebutkan oleh jutaan calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri. Jika kamu tidak lulus pada pengumuman SNMPTN Undangan 2012, masih ada kesempatan untuk menentukan masa depan kamu.

Tentu saja ini tidak mudah. Banyaknya jalur penerimaan mahasiswa yang dibuka oleh perguruan tinggi membuat kesempatan masuk lewat SNMPTN Tertulis berkurang. Teman-temanmu mungkin lulus lewat SNMPTN Undangan 2012, atau juga ada yang lulus lewat Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus, maupun PMDK. Sekarang giliran kamu! 
Kali ini saya akan berbagi rahasia sukses SNMPTN 2012. Tips ini merupakan tips sederhana yang telah dipraktekkan oleh banyak calon mahasiswa yang berhasil menembus SNMPTN pada jurusan favorit di kampus yang mereka suka.
Kesuksesan seorang mahasiswa menembus SNMPTN Undangan memang bukan sekedar kemampuan intelektual dan akademik, namun dipengaruhi oleh faktor mental, pengetahuan tentang prosedur pendaftaran online dan juga strategi pendaftaran SNMPTN.
Jika seorang anak yang tak terlalu pintar di kelas namun lulus SNMPTN, sedangkan temannya yang lebih pintar malah tidak lulus, ada dua hal yang mungkin terjadi. Pertama adalah adanya kesalahan prosedur atau yang kedua adalah adanya kesalahan strategi.
Strategi ini penting, ya kan?! Strategi merupakan salah satu hal yang paling dominan yang menentukan kesuksesan kita. Nah, dalam menghadapi SNMPTN terdapat dua strategi yang harus kalian cermati, yaitu strategi dalam belajar dan strategi memilih jurusan pada SNMPTN 2012.
Tips Cara Belajar Menjelang SNMPTN
Memahami gaya belajar adalah penting, karena tidak semua orang dapat belajar dan memahami sebuah pelajaran dengan metode yang sama. Layaknya kita ketahui ada orang yang bisa belajar dengan gaya belajar visual, ada yang audio dan ada juga yang belajar secara audio visual. Salah satu metode belajar yang efisien dan patut kalian praktekkan adalah metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review). Diawali dengan melakukan penelitian pendahuluan, mengajukan pertanyaan, membaca referensi, mengulang baca dan akhirnya membuat review. Cara ini sangat efektif bagi siswa yang akan menghadapi SNMPTN.
Untuk melakukan proses belajar yang efektif dan efisien, lakukan beberapa langkah berikut :
Langkah Pertama, buatlah program belajar jauh hari sebelum ujian SNMPTN berlangsung. Kalian dapat melakukan persiapan belajar setiap hari, dengan mengumpulkan materi yang akan diujikan, mencatat rumus-rumus dan mengerjakan soal-soal SNMPTN pada tahun sebelumnya. Ini akan membantu kalian memahami bagian mana yang belum cukup dipahami dan bagian mana yang telah kalian mengerti. Materi pelajaran yang belum dipahami harus mendapat porsi belajar yang lebih banyak dari materi lainnya.
Langkah Kedua, cari soal-soal SNMPTN tahun sebelumnya. Kalian dapat mendownloadnya di blog ini atau membeli buku-buku pembahasan Soal SNMPTN 2012. Sebagai latihan, kerjakan soal-soal SNMPTN layaknya kalian sedang dalam proses ujian. Jangan melihat buku, dan kerjakan sesuai waktu yang ditetapkan. Setelah selesai, periksa kembali jawaban-jawabanmu. Jangan lupa untuk memperbaiki jawaban yang salah dan kosong. Jika memang perlu, kalian dapat bertanya pada orang yang lebih paham tentang materi tersebut.
Langkah Ketiga, lakukan analisis terhadap soal-soal yang telah diujikan dalam beberapa tahun terakhir. Saya yakin kalian akan menemukan sebuah patokan materi-materi yang sering muncul. Di ujian nasional ada istilah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang menjadi acuan BSNP dalam membuat soal. Ini juga ditemukan pada soal-soal SNMPTN. Kalian dapat memberikan porsi belajar yang lebih banyak pada soal yang selalu muncul setiap tahun.
Nah, sampai di sini dulu. Saya akan melanjutkan postingan ini dengan membahas mengenai strategi memilih jurusan pada SNMPTN 2012.
Semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat Passing Grade SNMPTN 2012 IPA dan PassingGrade SNMPTN 2012 IPS untuk melihat gambaran standar kelulusan pada SNMPTN tahun ini. Semoga pada pengumuman SNMPTN kalian dapat lulus. Amin. 

Anda suka dengan artikel Rahasia Sukses SNMPTN 2012 ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Matematika. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Rahasia Sukses SNMPTN 2012" :