Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika. Setelah sebelumnya saya menulis beberapa Judul Skripsi Matematika dan Judul Skripsi Matematika Terbaru, maka kali ini saya akan memberikan contoh bagaimana cara membuat latar belakang skripsi matematika. Latar Belakang Skripsi Matematika ini menjadi masalah pokok yang dibahas di awal pembuatan skripsi. Ada baiknya pembuatannya singkat, padat dan jelas.

Peningkatan mutu pendidikan merupakan prioritas utama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga diperlukan manusia yang utuh, yaitu manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan  keterampilan akan tetapi mempunyai kemampuan untuk berpikir rasional kritis dan kreatif. Sikap kritis dan cara ingin maju merupakan sifat ilmiah yang dimiliki oleh manusia. Sifat ini menjadi motivator bagi seseorang untuk terus menambah pengetahuan. Jadi untuk dapat membentuk manusia yang berhasil maka diperlukan penguasaan matematika.

Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan formal memegang peranan penting, karena matematika merupakan sarana berpikir ilmiah yang sangat mendukung untuk mengkaji IPTEK. Realisasi pentingnya pelajaran matematika diajarkan pada peserta didik, tercermin pada ditempatkannya matematika sebagai salah satu ilmu dasar untuk semua jenis dan jenjang pendidikan.

Mengingat pentingnya peranan matematika maka prestasi belajar matematika setiap sekolah perlu mendapatkan perhatian yang serius. Olehnya itu, para siswa dituntut untuk menguasai pelajaran matematika, karena disamping sebagai ilmu dasar juga sebagai sarana berpikir ilmiah yang sangat berpengaruh untuk menunjang keberhasilan belajar siswa dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, diupayakan penguasaan materi kepada peserta didik yang dianggap masih rendah. Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika

Dalam pembelajaran matematika banyak guru yang mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hal ini terlihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal dan rendahya prestasi belajar siswa (nilai) baik dalam ulangan harian, ulangan semester, maupun UN. Padahal dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas biasanya guru memberikan tugas secara kontinyu berupa latihan soal. Tetapi ternyata latihan tidak sepenuhnya dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah matematika.

Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka banyak strategi, model,  pendekatan dan metode pengajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun dalam penerapannya, perlu disadari bahwa tidak setiap metode dan pendekatan sesuai dengan materi yang diajarkan. Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Sullivan (Upu, 2003:7) yang menyatakan bahwa pembelajaran matematika di kelas pada umumnya hanya terpusat pada guru yang mengakibatkan siswa menjadi malas dan kurang bergairah dalam menerima pelajaran. Ini menunjukkan bahwa salah satu penyebab kurang berpartisipasinya siswa dalam pengajaran adalah karena penerapan metode dan pendekatan mengajar yang kurang tepat. Padahal pemilihan strategi, model, metode, dan pendekatan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Keera, dari hasil wawancara  dengan guru bidang studi matematika, dikatakan bahwa  hasil belajar matematika siswa kelas VIII  masih rendah, hal ini dapat dilihat dari salah satu nilai rata-rata ulangan harian siswa, semester genap  tahun ajaran 2010/2011 yaitu 56,59. Padahal kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan  adalah  63. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diant aranya metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru, akhirnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga mereka tidak terlatih berpikir kreatif dalam menemukan jawaban sendiri dalam pemecahan masalah matematika.

Dari uraian permasalahan di atas, diperoleh bahwa umumnya siswa hanya terbiasa mengerjakan model soal yang keterangannya terperinci, seperti pada contoh di atas. Sehingga dengan mudah siswa langsung menggunakan rumus. Hal ini disebabkan oleh karena siswa tidak menguasai atau memahami konsep dasar bagaimana proses menemukan rumus tersebut. Sebagian siswa hanya menghafal rumus, sehingga saat model soal sedikit diubah padahal maknanya sama, siswa akhirnya tidak dapat menyelesaikannya. Sewaktu duduk di bangku sekolah dasar, siswa memang langsung dihadapkan pada rumusnya. mereka tidak mengetahui bagaimana proses rumus itu diperoleh.

Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika

Jadi, berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis mencoba menerapkan suatu strategi pembelajaran yang dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kualitas belajar dan pemahaman konsep khususnya dalam pokok bahasan lingkaran. Strategi pembelajaran yang dianggap tepat adalah strategi pembelajaran inkuiri. Strategi pembelajaran inkuiri menekankan pada proses menemukan. Melalui strategi pembelajaran inkuiri, siswa diharapkan mampu mengetahui bagaimana proses menemukan rumus luas dan keliling lingkaran. Sehingga pada akhirnya siswa mampu mengerjakan berbagai model soal yang berkaitan dengan luasan dan keliling lingkaran.

Strategi pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Strategi pembelajaran ini dimaksudkan untuk lebih memberikan kesempatan yang luas kepada siswa agar merasa ikut ambil bagian dan berperan aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengatasi masalah atau menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru.

Strategi pembelajaran inkuri dalam matematika akan dapat membantu para siswa meningkatkan sikap positif siswa dalam matematika. Para siswa secara individu membangun kepercayaan diri terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika, sehingga akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa takut terhadap matematika yang banyak dialami para siswa.

Dengan dasar pemikiran itulah peneliti termotivasi untuk melaksanakan penelitian tentang “Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri  Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Keera”. Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika.

Anda suka dengan artikel Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kunci Jawaban UN 2012 Di Internet. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika" :