Kajian Filsafat Bahasa pada Zaman Abad Pertengahan. Setelah sebelumnya saya memberikan artikel tentang Kajian filsafat bahasa pada zaman Yunani dan Romawi serta Pentingnya Landasan Filsafat bagi Pendidikan, maka kali ini kita melanjutkan materi filsafat kita dengan kajian filsafat pada abad pertengahan.

Pada zaman ini berkembang filsafat bahasa menuju paa dua arah yaitu, pertama dengan ditentukannya gramatikal sebagai pendidikan latin sebagai titik sentral dalam khasanah pendidikan maka pemikiran spekulatif filosofis memberikan dsar yang kokoh bagi ilmu bahasa. Kedua oleh karena system pendidikan dan pemikiran filosifis pada saat itu sangat akrab dengan teologi, maka analisis folosifis diungkapkan melalai analisis bahasa sebagaimana dilakukan oleh Thomas Aquinas.

Kajian Filsafat Bahasa pada Abad Pertengahan

1. Pemikiran Thomas Aquinas

Untuk menemukan suatu kebenarn pada suatu masalah tertentu menurut Thomas perlu memahami terlebih dahulu dengan baik-baik apa yang telah disumbangkan pemikiran-pemikran dasar lain.

a. Analisis Bahasa

Untuk mencapai suatu kebenaran dalam system pemikirannya Thomas, menggunakan analisis  bahasa melalui penalaran logis dengan menggunakan prinsip deduksi yang dilakukan melalui analisi  premi.

b. Analogi dan metaphor

Pemikiran Thomas ini melalui analisis bahasa terutama analogi da metaphor mampu mengangkat persoalan-persoalan teologis ketingkat pemikiran yang bersifat ilmiah filosofis.

2. Mashab Modistab

Berdasarkan konsep pemikiran yang dikemukakan oleh kaum Modisate nampaknya ilmu pengetahuan dan pemikiran-pemikiran skolastik yang memberi ciri mencari sebab-sebab universal dan tak beubah, sehingga dalam konsep pemkiran tersebut mereka mencoba menurunkan kategori-kategori tata bahasa dari kategori-kategori logika, epistologi, dan metafisika.

3. Konsep Bahasa Spekulatif  

  Konsep bahasa spekulatif adalah merupakan hasil integrasi deskrifsi gramatikal bahasa latin seperti yang diremuskan oleh priscia dan donatus ke dalam filsafat skolastik.

Tugas dari konsep bahasa spekulatif ialah untuk menemukan prinsip-prinsip tempat kata-kata sebagai sebuah tanda dihubungkan pada satu pihak dengan intelek manusia dan pada pihak lain dihubungkan kepada benda yang ditunjuk dan wakilinya. Kajian Filsafat Bahasa pada Abad Pertengahan. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk tetap mengunjungi OnlineSyariah.com untuk artikel terbaru mengenai filsafat.

Anda suka dengan artikel Kajian Filsafat Bahasa Pada Abad Pertengahan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Analisis SWOT Sotoji, Soto Jamur Instan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Kajian Filsafat Bahasa Pada Abad Pertengahan" :

Ditulis dalam Kategori Filsafat. analisis abad pertengahan,