Free Online TOEFL Test. Awalnya saya kesulitan menemukan test online sebagai bahan belajar untuk TOEFL. Hadeh. Banyak sekali petunjuk yang saya dapatkan, namun semuanya hanya merupakan petunjuk cara menjawab soal dengan benar. Itu pun dalam bahasa Inggris. Hehe …
Ya iyalah … Namanya juga mau ikut test TOEFL yang keseluruhan soal dan jawabannya dalam bahasa Inggris, mesti belajar juga dengan menggunakan latihan berbahasa Inggris. Akhirnya saya menemukan sebuah website yang memberikan tools gratis untuk belajar soal-soal TOEFL beserta simulasi cara menjawabnya. Sayangnya, nanti hanya akan ada Reading Comprehension, Sentence Correction TOEFL Test dan TOEFL Sentence Completion.
Saya sendiri baru pertama kali ini akan mengikuti test TOEFL. Di internet sendiri sebenarnya banyak sekali tawaran soal dan pembahasan latihan TOEFL, sayangnya semuanya berbayar. Dasar kita orang Indonesia kan sukanya yang gratisan. Haha … Makanya, tools ini akhirnya saya masukkan di blog sendiri. Setidaknya nanti bisa bermanfaat untuk saya sendiri dalam belajar bahasa Inggris lebih baik lagi.
Untuk Tips menjawab soal TOEFL dengan baik, silakan baca beberapa hal berikut :
Idealnya ketika berusaha untuk menguasai skor TOEFL, teknik yang digunakan adalah
  1. Pelajari konteks bahasa Inggris, jangan hanya kosakatanya saja.
  2. Pahami bahwa TOEFL menggunakan jenis bahasa formal yang berbeda dari bahasa keseharian.
  3. Kuasai 10 macam kesalahan yang umum dilakukan dalam menggunakan bahasa Inggris baku, misal: Keselarasan antara Subyek, kata kerja, dan kata ganti, Grammar (perhatikan perwaktuan), Dangling modifier (modifier rancu, misal: “While running through the woods, the house appearedsuddenly.” Kalimat di atas secara gramatikal menyiratkan bahwa rumah lah yang berlari karena subyek bukan orang!

Namun apabila anda mengalami kesulitan dalam mempelajari poin-poin diatas adakalanya kita mulai dari trik dlm menjawab soal. Saya hanya akan menjelaskan beberapa tipe soal untuk Reading Comprehension yaitu :
1. Idealnya dalam menjawab pertanyaan yang berasal dari teks yang terdiri dari beberapa paragraf adalah kita harus memahami teks bacaan tersebut sekaligus pertanyaannya pula. Bagi yang paham akan lebih mudah untuk menjawab setiap pertanyaan. Bisa dimulai dari membaca teks lalu soal dan pilihan gandanya. Kalaupun dibalik tidak masalah karena sudah paham.
2. Bagi yang tidak mengerti sama sekali atau hanya beberapa kata saja dalam teks, ada baiknya kita membalikan strategi yaitu dimulai dari membaca soal.
3. Untuk pertanyaan yang berkaitan dengan ide pokok paragraf, kita bisa mendapatkan jawaban dari kalimat awal dan akhir.
4.  Untuk jenis pertanyaan “unstates” dengan ciri-ciri pertanyaan terdapat kata not stated, not mentioned dan except.  Inti pertanyaannya adalah tidak dinyatakan. Cari jawaban dari setiap opsi pilihan ganda. Apabila ditemukan beri penanda pada paragraf. ADan jika ditemukan yang tidak terdapat pada paragraf yakinlag bahwa itu jawaban yang benar.
5. Untuk jenis pertanyaan yang berhubungan dengan kata ganti (pronoun) contoh pertanyaan: The pronoun “they” in line… refers to?” Untuk mencari jawabannya lihat kalimat sebelumnya pada baris yang menunjukkan “they” tersebut. Sekian dulu mudah-mudahan bermanfaat. Source : yomielow.wordpress.com

Nah, untuk memulai Free Online TOEFL Practice Test ini, silakan mulai dengan memilih tombol START di bawah ini, kemudian pilih jenis test yang ingin kalian coba.

Free Online TOEFL Test

Powered by Test Prep Practice Version 2.2.1 Copyrights 2007, TestPrepPractice.net. Semoga bermanfaat. ^_^

Anda suka dengan artikel Free Online TOEFL Test ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang RPP Berkarakter Fisika SMA Kelas XII | Download RPP Fisika. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Free Online TOEFL Test" :