Serangan Permainan Anggar | Teknik & Macam Serangan Pada Permainan Anggar. Sebelumnya saya pernah berbagi tentang Teknik Menggiring Bola dalam Sepakbola. Kini kita akan bercerita mengenai anggar. Dalam bahasan berikut ini, kita akan melihat apa dan bagaimana teknik serangan pada permainan anggar. Juga akan dibahas macam-macam serangan pada permainan anggar.

Serangan Permainan Anggar | Teknik & Macamnya

Serangan Permainan Anggar

Salah satu tehnik yang paling sering dilakukan  dan sangat menentukan untuk memperoleh angka dalam setiap pertandingan anggar adalah serangan.

Dalam permainan anggar serangan merupakan proses gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk memperoleh nilai. Nilai diperoleh apabila pemain dapat mengenai bidang sasaran atau perkenaan yang sah dari lawan dengan menggunakan senjata anggar.

Rangkaian gerak serangan harus dimulai dengan meluruskan lengan yang memegang senjata dengan ancaman ujung senjata tertuju pada bidang sasaran lawan.

Ketika ujung senjata berada pada bidang sasaran, secara cepat lengan diluruskan dengan ujung senjata agak mengarah ke bawah, sehingga posisi tangan lebih tinggi dari pada ujung senjata, siku lurus tidak ditekuk, karena akan memperpendek jarak jangkauan, yang dapat menyebabkan ujung senjata seolah “melompat”.

Di dalam suatu serangan , tangan yang memegang senjata diluruskan dengan cepat dan lancar, posisi tubuh tegak, dengan dada membusung telapak kaki depan dan belakang tidak terangkat (Garret,1961).

Suatu serangan dinyatakan sah dan mendapat nilai apabila ujung senjata mengenai bagian bidang sasaran lawan, dengan tekanan yang memadai oleh karena itu harus dipraktekkan dengan berulang-ulang dengan tekun (Seaton,1983: 141).

Serangan memberikan perluasan untuk menjaga posisi dalam usaha untuk menyentuh lawan atau sasaran. Setelah melakukan serangan pemain harus kembali pada posisi semula dengan kombinasi gerakan tangan, badan dan kaki terkordinasi.

Teknik Pelaksanaan Serangan

1. Posisi Bersedia

Posisi bersedia merupakan posisi permulaan seorang pemain anggar di mana kaki depan diletakkan kira-kira satu setengah kaki jauhnya dari kaki belakang dan satu garis lurus. Lutut dibengkokkan posisi lutut berada di atas kaki depan, titik berat badan berada ditengah kedua kaki, sikap badan tegak, dada membusung, bahu sedikit di tarik ke belakang.

a. Posisi Meluruskan Tangan

Dalam posisi bersedia lengan yang memegang senjata diluruskan, lengan yang tidak memegang senjata diangkat ke atas sehingga tangan berada lebih tinggi dari kepala, dalam keadaan rileks, dada sedikit dibusungkan ke depan serta pandanganm lurus ke arah lawan.

b. Rangkaian Posisi kaki Depan Dalam Menyerang

Kaki depan diangkat ke depan membentuk sikap kuda-kuda, dimana ujung kaki sejajar dengan lutut, badan condong ke depan dan berat badan berada ditengah-tengah, pandangan selalu mengarah pada sasaran dan ujung senjata tetap dipertahankan dalam keadaan lurus.

c.  Posisi Akhir Serangan

Dari posisi melangkah kaki depan, bersamaan dengan itu kaki belakang diluruskan disertai dengan ayunan lengan yang tidak bersenjata, hingga lutut belakang lurus dan telapak kaki tetap berada pada lantai.

d. Posisi Kembali Bersedia

Dari posisi akhir gerakan serangan di atas, untuk kembali pada posisi semula (bersedia), pertama-tama kaki belakang di angkat ke belakang diikuti kaki depan disertai dengan pembengkokkan kaki belakang, tangan yang tanpa senjata kembali pada posisi diatas kepala dan posisi lengan yang memegang senjata tetap lurus.

Macam-Macam Serangan Permainan Anggar

1. Serangan Sederhana (Simple Attack)

Serangan sederhana adalah suatu gerakan yang dilakukan dengan satu rangkaian gerakan, yaitu mulai dari sikap bersedia langasung menyerang lawan pada bidang sasaran yang sah. Hal ini dapat dilakukan dengan tusukan langsung, melepaskan senjata, dan serangan bagian atas dimana masing-masing hanya meliputi satu pergerakan senjata, dan serangan ini dilakukan dalam periode waktu bermain anggar (Fencing time).

2. Serangan Gabungan

Serangan gabungan atau dikenal juga dengan serangan bersusun adalah serangan yang dilakukan oleh pemain anggar bila serangan langsung pertama tidak dapat menjangkau sasaran, kemudian pemain dengan kecepatan yang tinggi kembali melakukan serangan berikutnya. Serangan gabungan merupakan serangkaian gerakan yang dibuat oleh pemain anggar mulai dari membuat gerakan pura-pura tanpa mengganggu posisi penjaganya, maju satu langkah, pukul senjata lawan dengan cepat langsung menyerang. Serangan Permainan Anggar | Teknik & Macam

Anda suka dengan artikel Serangan Permainan Anggar | Teknik & Macam Serangan Pada Permainan Anggar ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Hak Dan Kewajiban Warga Negara | Hak Asasi Manusia. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Serangan Permainan Anggar | Teknik & Macam Serangan Pada Permainan Anggar" :

Ditulis dalam Kategori Olahraga. tata cara bermain anggar,