Efektivitas Serangan Langsung pada Permainan Anggar | Pertahanan pada Anggar. Sebelumnya kita telah melihat apa dan bagaimana teknik serangan pada anggar | teknik dan macam serangan pada permainan anggar, kini kita akan melanjutkan melihat tentang serangan langsung pada permainan anggar.

Efektivitas Serangan Langsung

Pengertian Efektivitas masih bervariasi berdasarkan para ahli sesuai dengan sudut pandang masing-masing. Ada yang memandang efektivitas sebagai suatu produk, dan ada yang memandang bahwa efektivitas sebagai suatu proses. Meskipun pada akhirnya ada yang menggabungkan pengertian efektivitas sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam permainan anggar efektivitas gerakan sangat menentukan serangan yang dilakukan oleh pemain yang harus direncanakan dengan baik mulai dari posisi bersedia, melakukan serangan sampai pada keposisi semula.

Untuk meningkat efektivitas serangan dalam permainan anggar, maka penguasaan teknik gerakan menangkis serta menyerang adalah persyaratan mutlak yang harus dikusai oleh pemain anggar.

Sejalan dengan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka dinyatakan bahwa dalam permainan anggar harus memilih sasaran yang terbaik, dikombinasikan dengan kemampuan untuk melakukan gerakan dengan benar.

Untuk memperbaiki kecepatan dan ketepatan pada gerakan anggar, pemain harus dirangsang dengan latihan melakukan gerakan-gerakan mendadak. Setelah kecepatan dan ketepatan terhadap suatu keterampilan diketahui kekurangannya, maka untuk memperbaiki faktor gerakan harus dipraktekkan dalam latihan secara berulang-ulang.

Telah diketahui bahwa latihan keterampilan kecepatan dan ketepatan harus diperaktekkan secara  bersamaan guna mendapatkan gerakan yang terbaik. Dalam latihan ini ketepatan dapat ditampilkan dalam gerakan lambat guna menentukan gerakan apa yang akan dikerjakan.

Pertahanan pada Permainan Anggar

Pertahanan (Defence)

Pertahanan dalam permainan anggar merupakan salah satu tehnik yang dilakukan untuk mempertahankan diri dari serangan lawan, sekaligus dapat di manfaatkan untuk melakukan serangan balik ketika lawan dalam keadaan lengah.

Semua usaha  atau gerakan dalam permainan anggar yang bermaksud agar tidak dapat dikenai oleh lawan disebut gerakan pertahanan. Dalam permainan anggar dikenal tiga jenis tangkiisan yaitu  (1) penangkisan yang mudah atau mendatar (2) penangkisan lengkung, daan (3) penangkisan melingkar atau tangkisan bulat.

Dengan demikian semua gerakan tangkisan tidak memerlukan gerakan yang terlalu besar atau kasar, halus atau kecil tetapi memerlukan kecepatan, kelincahan, dan koordinasi antara gerakan-gerakan penglihatan dan perasaan yang baik. Efektivitas Serangan Langsung pada Permainan Anggar | Pertahanan pada Anggar

Anda suka dengan artikel Efektivitas Serangan Langsung Pada Permainan Anggar | Pertahanan Pada Anggar ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Simple Future Tense | Belajar Tenses Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Efektivitas Serangan Langsung Pada Permainan Anggar | Pertahanan Pada Anggar" :

Ditulis dalam Kategori Olahraga. gerakan anggar point in line,