Dampak Negatif Kenakalan Remaja | Makalah Kasus Kenakalan Remaja. Sebelumnya saya pernah membahas tentang siltahurahmi dan waktu yang diharamkan untuk shalat, kali ini kita beralih ke masalah remaja.

Ya, remaja. Mengapa? Remaja adalah masa yang penuh dengan warna. Remaja merupakan masa peralihan dimana seseorang berusaha mencari jati dirinya. Pada masa ini banyak terjadi hal-hal yang tak terduga yang dilakukan ole para remaja baik yang sifatnya positif maupun negatif. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pada masa ini terjadi banyak penyelewengan sikap dan perilaku. Hal ini dapat disebabkan karena pola asuh orang tua, pengaruh lingkungan ataupun kondisi mental anak yang masih labil. Kenakalan remaja sifatnya relatif, dalam suatu lingkungan suatu sikap yang dianggap wajar bisa saja dianggap sebagai penyimpangan ditempat lain. 

Dampak Negatif Kenakalan Remaja | Makalah Kasus Kenakalan Remaja

Akan tetapi jika ada anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya adalah hal yang sudah berada diluar batas kewajaran dan dapat pula menimbulkan dampak sebagai berikut:
1. Kebiasaan melakukan hal yang buruk seperti kenakalan-kenakalan yang telah disebutkan di atas akan membentuk kepribadian atau akhlak yang buruk bagi pelakunya yang dikhawatirkan kebiasaan tersebut akan sangat sulit untuk diubah kedepannya.
2. Remaja yang melakukan tindakan menyimpang akan dihindari bahkan dikucilkan oleh banyak orang, dan tidak menuntut kemungkinan dia akan dianggap sebagai pengganggu serta bisa saja kehadirannya tidak diharapkan lagi bagi orang-orang disekitarnya.
3. Akibat adanya tindakan dikucilkan dari oarang-orang disekitarnya, remaja tersebut bisa mengalami gangguan jiwa. Yang dimaksud dengan gangguan jiwa disini bukanlah gila, tapi ia akan merasa terasing dari kehidupan bersosialisasi yang ada disekitarnya, yang akhirnya ia akan merasa sangat sedih, bahkan membenci orang-orang disekitarnya.
4. Akibat kenakalan remaja yang terjadi, tak sedikit keluarga yang harus menanggung malu. Sayangnya biasanya seorang anak remaja yang sudah terjebak kenakalan remaja tidak akan menyadari tentang beban keluarganya.
5. Tidak menuntut kemungkinan para remaja yang telah terjerumus ke dalam pergaulan bebas akan terjangkit suatu penyakit yang mematikan seperti HIV/AIDS dan sebagainya.
6. Masa depannya suram. Hal ini terjadi karena, kebanyakan dari mereka yang sudah terlanjur terjerumus ke dalam pergaulan bebas, hidup mereka perlahan akan kacau yang akhirnya dapat menyebabkan kehancuran bagi masa depan mereka dan tidak sempat memperbaikinya.
7. Kriminalitas bisa menjadi salah satu akibat dari kenakalan remaja. Bukan tidak mungkin bagi mereka akan memiliki keberanian dalam melakukan tindakan yang lebih berbahaya seperti halnya tindakan kriminal yang merugikan orang-orang disekitanya, misalnya mencuri demi mendapatkan uang atau barang-barang berharga lainnya.
Demikianlah beberapa dampak negatif dari kenakalan remaja. Orang tua atau keluarga, guru di sekolah, dan teman-teman sejawat adalah orang-orang yang sangat berperan penting dalam kehidupan para remaja. Keikutsertaan mereka dalam mengontrol seorang remaja, bisa berdampak cukup besar demi mencapai masa depan yang lebih cerah. Dampak Negatif Kenakalan Remaja | Makalah Kasus Kenakalan Remaja

Anda suka dengan artikel Dampak Negatif Kenakalan Remaja | Makalah Kasus Kenakalan Remaja ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Bahsul Masail | Sejarah Bahsul Masail Dalam NU. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Dampak Negatif Kenakalan Remaja | Makalah Kasus Kenakalan Remaja" :