Makalah Zakat | Pengertian Zakat | Adab Batin dalam Zakat. Kita telah membahas mengenai makna syahadat, waktu yang diharamkan untuk shalat serta pengertian silaturahmi maka kali ini kita akan berbicara tentang salah satu rukun Islam, yaitu zakat.

Zakat merupakan salah satu bangunan Islam, yang disertakan Allah dengan Sholat. Firman-Nya:
“Dan dirikanlah Shalat dan keluarkanlah zakat.” (Al-Baqarah: 43)

Makalah Zakat | Pengertian Zakat | Adab Batin dalam Zakat

Nah, supaya bangunan itu semakin kokoh, maka ada baiknya jika kita menyempurnakan ibadah zakat ini dengan menunaikan adab-adab yang dapat menyempurnakan ibdah itu sendiri, diantaranya yaitu:
1. Dia harus memahami maksud dari zakat, yang meliputi tiga hal yaitu:
a. Sebagai ujian bagi orang yang mengakui mencintai Allah dengan mengeluarkan sesuatu yang dicintainya.
b. Untuk menghilangkan sifat kikir yang merusak.
c. Sebagai rasa syukur terhadap nikmat harta yang diberikan oleh-Nya.
2. Merahasiakan zakat yang dikeluarkan,agar dia dijauhkan dari riya’ dan mencari ketenaran. Disamping itu, mengumumkan zakat ini juga merupakan penghinaan secara tidak langsung terhadap orang miskin. Jika dikhawatirkan muncul tuduhan bahwa tidak mau mengeluarkan zakat, maka bolehlah sebagian zakat itu diberikan kepada orang miskin yang ada dilingkungannyaatau jama’ahnya secara terang-terangan, sedag sebagian yang lain dengan cara dirahasiakan.
3. Tidak merusak zakat dengan menyebut-nyebut zakat yang dia keluarkan dan menyakiti hati orang yang diberi zakat.
4. Harus menganggap remeh perbuatannya mengeluarkan zakat. Sebab orang yang menganggapnya hebat tentu akan ujub terhadap diri sendiri. Ada yang berkata, “Hal yang ma’ruf tidak akan menjadi sempurna kecuali dengan tiga perkara : Menganggap kecil, segera melakukannya, dan merahasiakannya.”
5. Memilih hartanya yang paling halal, paling baik, dan yang paling dicintai. Tentang yang halal, karena sesungguhnya Allah maha bagus dan tidak menerima kecuali yang bagus-bagus. Tentang yang baik karena Allah telah berfirman:
“Dan janganlah kalian memilih yang buruk-buruk alu kalian nafkahkan daripanya.”
(Al-Baqarah: 267)
Tentang yang paling dia cintai,Allah telah berfirman:
“Kalian sekali-kali tidak sampai kepada kebaktian (yang sempurna), sebelum kalian menafkahkan harta yang kalian cintai.” (Ali Imran:92)
6. Menacari orang-orang yang paling berhak menerima zakatnya, terutama adalah kelompok delapan orang yang berhak menerima zakat (fakir, miskin, gharim, dll).
Demikianlah adab-adab bathin dalam mengeluarkan zakat, semoga kita bersama dapat mengamalkannya. Aamiin…
Jazakillah khairan… Makalah Zakat | Pengertian Zakat | Adab Batin dalam Zakat.

Anda suka dengan artikel Makalah Zakat | Pengertian Zakat | Adab Batin Dalam Zakat ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Makalah Filsafat Tentang Perkembangan Pola Pikir Manusia. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makalah Zakat | Pengertian Zakat | Adab Batin Dalam Zakat" :