Pengertian Pembinaan Menurut Psikologi. Pembinaan dapat diartikan sebagai upaya memelihara dan membawa suatu keadaan yang seharusnya terjadi atau menjaga keadaan sebagaimana seharusnya. Dalam manajemen pendidikan luar sekolah, pembinaan dilakukan dengan maksud agar kegiatan atau program yang sedang dilaksanakan selalu sesuai dengan rencana atau tidak menyimpang dari hal yang telah direncanakan.

Menurut Soetopo, H. dan Soemanto, W (1991: 43) bahwa “pembinaan adalah suatu kegiatan mempertahankan dan menyempurnakan apa yang telah ada”.

Secara umum pembinaan disebut sebagai sebuah perbaikan terhadap pola kehidupan yang direncanakan. Setiap manusia memiliki tujuan hidup tertentu dan ia memiliki keinginan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Apabila tujuan hidup tersebut tidak tercapai maka manusia akan berusaha untuk menata ulang pola kehidupannya.

 Hal tersebut di atas dikaitkan dengan dengan masalah pembinaan, yang dijelaskan oleh pendapat para ahli.

Menurut Pamudji, S (1985: 7) bahwa:

Pembinaan berasal dari kata ”bina” yang berarti sama dengan ”bangun”,  jadi pembinaan dapat diartikan sebagai kegunaan yaitu: merubah sesuatu sehingga menjadi baru yang memiliki nilai-nilai yang tinggi. Dengan demikian pembinaan juga mengandung makna sebagai pembaharuan, yaitu: melakukan usaha-usaha untuk membuat sesuatu menjadi lebih sesuai atau cocok dengan kebutuhan dan menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Selanjutnya, menurut Hidayat, S (1979: 10) bahwa:

Pembinaan adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar, berencana, teratur, dan terarah untuk meningkatkan sikap dan keterampilan anak didik dengan tindakan-tindakan, pengarahan, pembimbingan, pengembangan dan stimulasi dan pengawasan untuk mencapai suatu tujuan.

Berdasarkan pendapat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pembinaan dapat ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu berasal dari sudut pembaharuan dan berasal dari sudut pengawasan. Pembinaan yang berasal dari sudut pembaharuan yaitu mengubah sesuatu menjadi yang baru dan memiliki nilai-nilai lebih baik bagi kehidupan masa yang akan datang. Sedangkan pembinaan yang berasal dari sudut pengawasan yaitu usaha untuk membuat sesuatu lebih sesuai dengan kebutuhan yang telah direncanakan. Pengertian Pembinaan Menurut Psikologi.

Anda suka dengan artikel Pengertian Pembinaan Menurut Psikologi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengobatan Nyeri Sendi Secara Islami. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Pembinaan Menurut Psikologi" :

Ditulis dalam Kategori Psikologi. pembinaan adalah, pengertian tuhan secara umum, arti pembinaan, pengertian upaya, Pendapat para ahli tentang nilai, pengertian pembinaa, defenisi pembinaan, makna pembinaan, pembinaan berasal dari kata “bina” yang mendapat awalan ke- dan akhiran –an yang berarti bangun/bangunan dalam kamus besar bahasa indonesia pembinaan berarti membina memperbaharui atau proses perbuatan cara membina usaha tindakan dan kegiatan yang dilakuk, PENGERTIAN KATA PEMBINAAN, pengertian pendidikan dan pembinaan, pengertian upaya pembinaan, upaya meningkatkan pengertian, tujuan pembinaan menurut para ahli, permasalahan pendidikan di indonesia menurut para ahli, tujuan pembinaan hukum, teori yang berkaitan dengan pengertian pembinaan, Permasalahan pendidikan menurut para ahli, pengertoan pembinaan menurut para psikologi, apa arti pembinaan, Pengertian pembinaan secara harfiah, pengertian bimbingan secara umum, apa yang dimaksud dengan pembinaan psikologis, arti kalimat binaan, arti pembimbingan, arti pembinaan umum, Definisi upaya meningkatkan, menurut para ahli masalah pendidikan di indonesia, pembinaan, PEMBINAAN PENGERTIAN,