Pengobatan Nyeri Sendi Secara Islami. Adapun penanganan nyeri ditinjau dari sudut pandang islam yaitu relaksasi, meditasi, dan dzikir serta membaca Al-Quran dengan disertai dengan pemahamannya. Al-Quran adalah bacaan yang paling cocok dalam segala suasana. Di saat kita gembira, maka peringatan-peringatan dalam Al-Quran akan mampu menjadi pengerem agar kita tak lupa diri. DR. Anas Ahmad Karzun dalam kitabnya yang berjudul “sahabat rasulullah dan kesungguhan mereka dalam berinteraksi dengan Al-Quran”, memberikan penjelasan bagaimana mereka para sahabat menghidupkan hati mereka dengan Al-Quran diantaranya sebagai berikut:

  1. Membaca Al-Quran setiap hari.
  2. Bangga dan gembira dengan Al-Quran
  3. Senantiasa menjadika Al-Quran sebagai bagian dari kewajiban yang konsekuensinya membuahkan kemuliaan.
  4. Mengaplikasikan amanah dan pesan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari pada setiap lini kehidupan, yang memberikan jaminan kebahagiaan, ketenangan hati dan beningnya jiwa.
  5. Berlomba-lomba dalam mempelajari Al-Quran.

Demikian pula saat kita sedih, maka dengan membaca Al-Quran terasa sekali dalam lubuk hati kita sentuhan kesejukan dari firman Allah SWT. Kala kita gagal dalam mencapai sesuatu, maka pesan-pesan dalam Al-Quran akan mampu menawarkan kesedihan yang ada dalam hati kita. Dengan membaca Al-Quran, semangat yang hampir pudar karena kegagalan akan pulih kembali. Hal ini sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam surat Al-Israa/17:82 yang berbunyi:

Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

Pengobatan Nyeri Sendi Secara Islami

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dari membaca Al-Quran itu ditemukan mutiara kebenaran yang dapat membangun hati, memperteguh pendirian dan memperkokoh akidah, penemuan tersebut secara psikologis dapat menyinari hati sehingga menimbulkan hati yang bersih dan sehat terjauhkan dari macam-macam penyakit salah satunya dapat menurunkan nyeri sendi yang dialami lansia.

Dengan mengingat Allah, maka timbullah tawakkal dan penyerahan diri kita kepada Allah. Dan kalaupun apa yang hendak kita raih tersebut luput terpegang tangan, maka akan kembali dengan mengingat Allah.

Allah SWT telah berpesan yaitu jangan menyembah selain dari padaNya. Ini berarti kita disuruh berdoa hanya kepada Allah yang Maha Esa dan dilakukan secara berkelanjutan. Kita sebagai manusia biasanya tidak terlepas untuk berhadapan dengan ujian dalam hidup. Semuanya itu adalah ujian daripada Allah yang Berkuasa untuk menguji keimanan kita sebagai hambaNya. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita berprasangka baik terhadap Allah dan janganlah menyalahkanNya jika terjadi sesuatu pada diri kita. Kita juga harus percaya bahwa tentu ada hikmah dibalik permasalahan yang menimpa kita. Dengan bertawakal kepadaNya apapun penyakit yang diderita akan dapat dihadapi. Begitupun pada lansia yang mengalami nyeri sendi dapat memperbanyak berdzikir guna menenangkan hati dan pikirannya. .

Selain ditinjau dari sudut pandang islam adapun Program penurunan berat badan dapat direkomendasikan untuk meredakan sendi yang nyeri atau menanggung stress. Penggunaan verban tekan, bidai, dan alat bantu mobilitas seperti tongkat, kruk dan tripod dapat membantu mengurangi rasa nyeri dengan membatasi gerakan atau stress akibat menanggung beban berat badan pada sendi yang sakit (Suyono, S., Waspadji, S., Lesmana, L., et al, 2001). Pengobatan Nyeri Sendi Secara Islami

Anda suka dengan artikel Pengobatan Nyeri Sendi Secara Islami ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Penatalaksanaan Nyeri Sendi | Pengobatan Nyeri Sendi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengobatan Nyeri Sendi Secara Islami" :