Pengertian  Bimbingan dan Penyuluhan. Berikut ini akan dijabarkan mengenai pengertian bimbingan dan penyuluhan. Di blog ini sebenarnya telah amat banyak artikel tentang bimbingan dan penyuluhan, silakan di cari ya …

Pengertian Bimbingan

Bimbingan dapat diartikan  suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambingan agar dapat memahami dirinya sehingga dia sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak sewajarnya. (Rochim Narawidjaya, 1987 : 3)

Adapun defenisi lain yang dikemukakan oleh pakar bimbingan antara lain : menurut   Bimbingan ialah suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis dari pembimbing kepada yang dibimbing agar tercapai kemandirian dalam pemahaman diri, mengarahkan diri dan perwujudan diri dalam mencapai tingakat perkembangan optimal dan penyesuaian diri dengan lingkungan.

Pengertian Bimbingan dan Penyuluhan

Sedang menurut Prayitno (1983 :2- 1987 :35), bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada seseorang atau kelompok orang agar mereka itu dapat berkembang menjadi pribadi-pribadi yang mandiri.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang secara terus-menerus dan sistematis oleh pembimbing agar menjadi individu yang mandiri yaitu :

  1. Mengenal diri sendiri dan lingkungannya sebagaimana adanya
  2. Menerima diri sendiri dan lingkungan secara positif dan dinamis
  3. Mengambil keputusan
  4. Mengarahkan diri sendiri
  5. Mewujudkan diri sendiri

Pengertian Penyuluhan

Penyuluhan merupakan terjemahan dari counseling, yaitu bagian dari bimbingan. Selanjutnya, Rachman Narawidjaja mendefenisikan sebagai  berikut:

Penyuluhan merupakan hubungan timbal balik antara dua orang individu di mana seorang (yaitu penyuluh) berusaha membantu yang lain (yaitu klien) untuk mencapai pengertian tentang dirinya sendiri dalam hubungan dengan masalah-masalah yang  dihadapinya pada waktu yang akan datang,

Pakar yang lain mengungkapkan bahwa :

Penyuluhan itu merupakan upaya bantuan yang diberikan  kepada konseli supaya dia  memperoleh konsep diri dan kepercayaan diri sendiri, untuk dimanfaatkan olehnya dalam memperaiki tingkah lakunya pada masa akan datang Muhammad Surya (1988 : 3).

Lebih lanjut, Prayitno mengemukakan “ penyuluhan adalah pertemuan empat mata antara klien dan penyuluh dan yang berisi usaha yang selaras, unik, dan manusiawi, yang dilakukan dalam suasana keahlian dan didasarkan atas norma-norma yang berlaku.

Oleh karena itu, penyuluhan merupakan bentuk khusus dari usaha bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh penyuluh kepada seseorang secara perseorangan. Pengertian Bimbingan dan Penyuluhan.

Anda suka dengan artikel Pengertian Bimbingan Dan Penyuluhan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Manfaat Minum Susu Prenagen Esensis Untuk Kehamilan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Bimbingan Dan Penyuluhan" :