Tinjauan Umum Tentang Air. Pengertian Air. Air adalah bagian dari permukaan bumi. Bagi kehidupan mahluk, air bukan merupakan hal yang baru, karena tanpa adanya air tidak satu pun kehidupan di bumi ini dapat berlangsung. Oleh karena itu, air dikatakan sebagai benda mutlak yang harus ada dalam kehidupan manusia. 

Dari jumlah yang sangat besar di alam ini, hanya sebagian kecil saja yang dipergunakan untuk kebutuhan manusia dan terbatas pada proporsi tersedianya maupun diperolehnya air. Air mempunyai bentuk fisik yang berbeda-beda. Ketiga bentuk fisik tersebut adalah padat, cair, dan uap. Air dalam bentuk padat adalah es dan yang berbentuk cair adalah air biasa sedangkan air yang berbentuk uap adalah awan, embun. Air terdiri dari unsur kimia, yaitu ion hydrogen dan ion oksigen. Unsur- unsur inilah yang kemudian membentuk air.
Air penting bagi kehidupan manusia, Oleh karena itu secara kuantitas dan kualitas harus memenuhi kebutuhan manusia. Air secara kuantitas dan kualitas tidak memenuhi persyaratan kesehatan akan mengganggu pemakainya. Air secara langsung maupun tidak langsung dapat menyebabkan beberapa penyakit dalam garis besarnya.
Dalam menangani masalah penyediaan air bersih dan khususnya air minum, perlu diketahui kualitas dari air yang dikonsumsi. Sehingga dengan demikian akan dapat diketahui mana kualitas air yang layak dan mana kualitas air yang tidak layak untuk dikomsumsikan. Seperti yang terkandung dalam Q.S.al-Waqia’ah : 68 Allah berfirman.
Terjemahnya
”Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum”   (Departemen Agama RI, 2005).
Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan tentang proses air sehingga menjadi tawar, asin, lalu menurunkannya awan dalam keaadaan yang enak untuk diminum. Ayat ini mengisyaratkan bahwa tidak semua awan dapat mengakibatkan turunnya hujan tetapi, hanya awan tertentu yang mengandung benih-benih lainnya. Dalam ayat ini pula Allah menunjukkan kuasanya bahwa ada malaikat yang ditugaskan untuk mengatur turunnya hujan, dan ada juga sistem dan hukum-hukum tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk maksud tersebut (Quraish Shihab, 2002). 

Pentingnya Air bagi Tubuh | Manfaat Air dalam Tubuh

Pentingnya air di dalam tubuh dapat dilihat berikut ini :
1.   Apabila suatu saat tubuh kehilangan seluruh cadangan lemak dan juga  kehilangan setengah dari cadangan protein, hal ini tidak akan membahayakan manusia, namun apabila terjadi kehilangan 20% saja air dari dalam tubuh akan dapat menyebabkan kematian. Hal yang sama pun dapat berlaku bagi mahluk hidup lainnya.
2.   Jika pada musim kemarau manusia merasa kekurangan air, hal ini adalah wajar, karena memang pada saat itu sangat sulit memperoleh air, karena hal ini jumlahnya sangat sedikit. Tetapi tidak sedikit pula orang pada musim penghujan akan kekurangan air, pada saat itu air berlimpah-limpah dijumpai dimana-mana. Kejadian seperti ini sudah sering dijumpai , air yang dibutuhkan manusia sebenarnya bukanlah sembarang air, tetapi air yang benar-benar sehat yang tidak berbahaya bagi kehidupan manusia. Seperti halnya yang telah dikemukakan dalam (Q.S.an-Nahl : 1) yaitu :
Terjemahnya:
“Telah pasti datangnya ketetapan Allah Maka janganlah kamu   meminta agar disegerakan (datang) nya. Maha suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.” (Departemen Agama, 2005).
Maksud ayat tersebut yaitu Allah melarang manusia untuk durhaka dan dengan tujuan mengejek, dan jangan juga kamu percaya guna memuaskan dendam meminta agar disegerakan datangnya ketetapan yang dijanjikan Allah itu, atau janganlah meminta Allah untuk mempercepatnya. Selain itu dalam ayat ini pula Allah melarang suatu kaum untuk mempersekutukan Allah yakni berhala karena dengan demikian maka tidak ada yang dapat menghalangi kehendaknya (Shihab, 2002).
Baca juga artikel saya tentang pengumuman un 2012.

Anda suka dengan artikel Pentingnya Air Bagi Tubuh | Manfaat Air Dalam Tubuh ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Bimbingan Dan Penyuluhan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pentingnya Air Bagi Tubuh | Manfaat Air Dalam Tubuh" :

Ditulis dalam Kategori Hubungan Air dan Diare.