Kita telah membahas tentang Pendidikan pada Masa Turki Usmani, kini kita akan melihat tentang pendidikan pada masa Safawi. Semoga bermanfaat.

Bangsa Persia sebelum datang Islam merupakan salah satu bangsa yang memiliki peradaban dan kebudayaan yang tinggi. Dalam sejarah Islam bangsa Persia dikenal sebagai bangsa yang peradaban tinggi dan berjasa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Hal ini sangat memungkinkan tradisisi keilmuan tetap berlanjut pada masa kerajaan Safawiyah.

Pendidikan Pada Masa Safawi

Mengenai aktifitas pendidikan pada masa safawi, informasi yang penulis dapatkan sangat terbatas, namun demikian akan dikemukakan kemajuan yang dicapai pada masa ini. Masa Abbas I, kerajaan Safawi mencapai puncak kejayaannya, secara politik ia mampu mengatasi berbagai kemelut dalam negeri yang mengganggu stabilitas negara dan berhasil merebut kembali wilayah yang pernah direbut oleh raja-raja sebelumnya. Selain itu kemajuan-kemajuan yang dicapai pada bidang yang lain seperti: bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan pembangunan pisik dan seni.

Kegiatan pendidikan Islam, antara lain tampak pada kegiatan majlis istana yang selalu dihadiri oleh beberapa ilmuan, yaitu Baka al-Din al-Syaerazi seorang penulis ilmu pengetahuan, Sadar al-Din al-Syaerazi, seorang folosof dan Muhammad Baqir ibn Muhammad Damad, seorang filosof, ahli sejarah, teologi dan salah satu seorang yang pernah mengadakan observasi mengenai lebah-lebah.

Pada tahun 1510 seorang pelukis Turkiyah dari Heart ke Tabris yang bernama Bahzad dilantik menjadi direktur perpustakaan raja dan menjadi pembimbing di sekolah work shop yang menghasilkan sejumlah manuskrip yang tercerahkan. Seniman yang lain yaitu Syah Tohmasp Julia yang menghasilkan beberapa karya misalnya hiasan dinding dari sutra dan karya logam dan keramik. Pada waktu itu terbit sebuah buku edisi Shah Nameh (buku tentang raja-raja) yang mengandung lebih dari 250 lukisan karya besar seni manuskrip Iran dan Islam yang tercerahkan.

Kemajuan-kemajuan lain yang dikemukakan orang seorang pengunjung bangsa Eropa (1666 M) bahwa di Istifham memiliki 162 masjid, 48 perguruan dan 273 permandian umum yang hampir seluruh dibangun oleh Abbas I dan penggantinya Abbas II (1642-1666). Demikian kemajuan yang dicapai oleh kerajaan Safawi pada bidang ilmu pengetahuan dan bidang arsitektur dan seni. Pendidikan Pada Masa Safawi.

Anda suka dengan artikel Pendidikan Pada Masa Safawi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pendidikan Pada Masa Usmani. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pendidikan Pada Masa Safawi" :

Ditulis dalam Kategori Sejarah Islam Terbaru.