Setelah mempelajari tentang Riwayat Lengkap Nabi Muhammad maka kali ini kita akan melihat bagaimana cara dakwah Nabi Muhammad dalam menyampaikan ajaran Islam. Berikut ini dijelaskan beberapa cara Nabi Muhammad menyebarkan ajaran Islam. 

1. Dakwah nabi Muhammad secara sembunyi-sembunyi

Beberapa bulan kemudian Jibril muncul lagi untuk menyampaikan wahyu berikutnya yang antara lain menyuruh Muhammad untuk memulai memimpin hamba Allah kejalan yang benar, jalan yang diridhai oleh Allah swt, wahyu tersebut berbunyi:

Artinya :

“Hai orang yang berkemul (beselimut) bangunlah lalu berilah peringatan!” (QS Al-Mudatsir: 1-2).

Turunnya wahyu tersebut membuat Allah lebih mantap. Kini ia siap untuk menerangkan  hakekat kebenaran kepada manusia. Rasulullah memulai tugasnya untuk menegakkan kebenaran secara sembunyi-sembunyi di lingkungan rumah sendiri. Khadijah, istrinya yang setia itulah mula-mula beriman kepadanya.  Dengan pengetahuannya yang luas dan sempurna tentang keindahan budi pekerti dan kebenaran semua perkataan dan pekerjaan nabi Muhammad, ia yakin bahwa hanya nabi muhammad lah orang yang pantas menerima perintah Tuhan untuk memimpin umat manusia.

2. Dakwah Rasulullah secara terang-terangan

Sekitar kurang dari 3 tahun lamanya Rasulullah saw, berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Mulailah pada tahun keempat kerasulan Muahammad saw, beliau berdakwah secara terang-terangan. Adapun yang menjadi dasar hukum dari pada pelaksanaan dawah secara terang-terangan tersebut adalah firman Allah yang berbunyi:

Artinya :

“Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik”. (QS Al-Hijr : 94)

Adapun yang disampaikan Muhammad pada waktu itu meliputi:

  1. Bahwa Allah itu Tuhan yang maha esa. Dialah yang menjadikan dan berkuasa selama-lamanya atas alam semesta dan segala isinya.
  2. Bahwa Allah lah Tuhan yang wajib disembah. Setiap orang wajib bersyukur dan menyembah Nya. Dialah yang menjadikan segala kehidupan di dunia
  3. Bahwa sesungguhnya setiap orang  itu adalah sama di mata Allah. Derajat manusia tidak diukur dengan keturunan, kekuasaan, kekayaan dan kepangkatan, melainkan semata-mata atas dasar ketaqwaan dan jasanya, sedangkan perbudakan dikutuk Allah
  4. Bahwa setiap orang kaya harus menolong yang miskin, yang mampu harus menolong yang tidak mampu
  5. Bahwa hidup manusia tidak berhenti dengan kematian. Setelah mati masih ada kehidupan di akhirat. Setiap orang mempertanggung jawabkan segala amalnya hidup di dunia ini.

Reaksi Kaum Kafir Terhadap Dakwah Nabi Muhammad

Kaum kafir  Quraisy Mekkah pada umumnya tidak senang menerima kehadiran dan  seruan nabi Muhammad saw untuk memeluk agama Islam. sebagian besar dari mereka sangat membenci dan menolak serta memusuhi nabi Muhammad saw. salah satu keluarganya yang sangat memusuhi adalah Abu Lahab.

Suatu hari Abu Thalib mencoba membujuk nabi Muhammad saw agar berhenti berdakwah dan menyebarkan agama Islam kepada masyarakat Mekkah, karena ia mendapat tekanan dan ancaman dari masyarakat kafir Quraisy Mekkah.

Mendengar ajakan pamannya tersebut, nabi Muhammad saw dengan ramah menolaknya. Bahkan dengan lembut berkata kepada pamannya, “Wahai pamanku, seandainya matahari di letakkan di atas tangan kananku dan bulan ditangan kiriku, agar aku berhenti berdakwah, pasti aku tidak akan mengehentikannya”. Sehingga Allah swt memberikan kemenangan atau binasa dalam berjuang.

Di samping hinaan dan celaan, orang-orang kafir Quraisy Mekkah telah berkali-kali menyakiti pribadi nabi Muhammad. Namun demikian nabi Muhammad saw tidak pernah putus asa menyebarkan agama Islam, bahkan sebaliknya, beliau semakin sabar, giat dan bersemangat dalam berdakwah

Tekanan Terhadap para Sahabat Nabi Muhammad saw

Perkembangan Islam yang demikian pesat semakin membuat orang kafir quraisy membenci dan berusaha menghalangi dakwah nabi Muhammad saw. berbagai cara dilakukan kaum kafir Quraisy, antara lain yaitu dengan jalan menyiksa hamba sahaya atau para budak dan orang-orang miskin menolak yang memeluk agama Islam. semua dilakukan dalam rangka menakut-nakuti serta dalam rangka mencegah berkembangnya Islam lebih banyak lagi.

Anda suka dengan artikel Cara Nabi Muhammad Berdakwah Menyampaikan Ajaran Islam ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tujuan Utama Penetapan Hukum Dalam Islam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Nabi Muhammad Berdakwah Menyampaikan Ajaran Islam" :

Ditulis dalam Kategori Artikel Kajian Islam. ajaran islam dalam menyampaikan dakwah, dengan jalan bagaimana kafir quraisy menghalangi dakwah islam, langkah langkah nabi berdakwah, langkah langkah nabi dalam menyiarkan islam dimekah, langkah langkah nabi muhammad berdakwah sembunyi, metode dakwah rasulullah dalam menyebarkan agama islam, metode nabi muhammad menyebarkan islam, metode terang-terangan, nabi muhammad menyebarkan agama islam, penyebaran islam oleh nabi muhammad SAW di mekah, Sebutkan 3 generasi yg menyampaikan ajaran rasulullah, sebutkan cara cara berdakwah menurut cara cara yang dilaksanakan oleh nabi muhammad saw, sebutkan dimana saja muhammad saw dakwah menyebarkan agama islam, sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan orang-orang kafir quraisy memusuhi umat islam, celaan orang quraisy terhadap nabi, cara rosulluloh dakwah, alasan kaum qurais membenci nabi muhamad, apa dalil dakwah nabi muhammad secara sembunyi, Bagaimana cara berdakwah, Bagaimana cara nabi dakwah menghadapi masyarak mekkah? Sebutkan !!, bagaimana cara nabi muhammad SAW dalam menyiarkan ajaran islam, Berapa tahun nabimuhamad menyampaikan agama islam, cara cara untuk berdakwa, cara kaum quraisy untuk menghalangi dakwah nabi muhammad saw, cara menyampaikan dakwah, cara penyampaian agama secara terang terangan, cara rasul berdakwah, cara rasulullah berdakwah di mekah/, cara rasulullah menyampaikan dakwah, www dakwah nabi muhammad secara terang terangan,