Konsep Kewirausahaan Menurut Islam. Tolak ukur yang paling banyak dipakai dalam menjalankan kewirausahaan antara lain ialah berdagang hanya cari untung, seringkali orang berdagang mengahalalkan segala cara. Berdagang merupakan hobi bagi yang menekuninya secara ikhlas. Berdagang adalah ibadah, karena berdagang sebagai wadah dalam berbuat baik kepada sesama manusia.

Dalam bab ini akan dicoba di terangkan tentang pengertian kewirausahaan dan wirausaha. Kewirausahaan menurut konsep Islam, kebutuhan akan wirausaha Islam (Al-Qur’an, sunnah rasul, dan sejarah Islam) sebagai sumber motivasi manusia antara kenyataan  hidup dan perjuangan untuk hidup lebih baik, langkah-langkah/proses kewirausahaan, ide motivasi, dan peluang dalam kewirausahaan.

Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha

Wirausaha adalah orang yang melakukan kegiatan mengorganisasi faktor-faktor produksi dan memberikan hasil yang produktif.

Menurut Lollent

Wirausaha adalah penanggung resiko yang memberi jasa faktor produksi dengan harga tertentu dan menjual dengan harga yang tak pasti dimasa yang akan datang.

Wirausaha Barat

Ciri-cirinya: individualistik (mementingkan kepentingan sendiri), kapitalistik (mengutamakan keuntungan materi) dan membunuh usaha yang lain (persaingan yang dilakukan cenderung negatif bahkan tidak sehat.

Wirausaha Sendiri

Ciri-cirinya: mengutamakan kebersamaan, dengan menggunakan sistem “anak asuh” artinya selalu memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berusaha.

Menurut saya wirausaha adalah dimana seseorang atau kelompok-kelompok yang mempunyai modal yang besar untuk mendirikan suatu usaha, baik itu usaha yang menguntungkan untuk diri sendiri dan orang lain.

Kewirausahaan menurut Konsep Islam

1. Motif berwirausaha buat modal usaha

2. Berdagang hanya mencari untung, seringkali orang berdagang menghalalkan segala cara, berdagang merupakan hobi bagi yang menekuninya secara ikhlas. Berdagang adalah ibadah karena berdagang sebagai wadah dalam berbuat baik kepada sesama manusia.

3. Berbuat baik dapat menyenangkan otak yaitu tidak menimbulkan beban menjauhi dari singgungan penjual dan pembeli.

4. Perintah bekerja, terdapat dalam Al-Qur’an surah Al-Qashas, ayat 77, al-Baqarah ayat 33, Al- jum’ah ayat 7

Al-Qashas ayat 77

Dan carilah pada apa yang Telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah Telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Al-Baqarah ayat 33

Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini.” Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa Sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?”

4. Manajemen Utang Piutang yakni Tidak mengambil laba secara besar-besaran dan Membayar utang secepatnya/tepat waktu

5. Membina tenaga kerja bawahan

6. Pamer kekayaan menjadikan modal beku

7. Sifat-sifat usaha : Takwa, tawakal, dzikir, syukur, Jujur, Niat suci ibadah, Azan dan bangun pagi, yang terdapat dalam QS jum’ah ayat 10

Apabila Telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Kebutuhan akan wirausaha Islam

(Al-Qur’an, sunnah rasul dan sejarah Islam) sebagai sumber motivasi.

Menurut pernyataan PBB

Suatu negara akan mampu membangun jika ada wirausaha sebanyak 2%. Belanda membangun negaranya 2% tingkat sedang 20% tingkat rendah. Indonesia membangun negaranya kurang lebih 3.000.000 besar dan sedang dan harus mencetak 30.000.000 usahawan kecil

Islam sebagai sumber motivasi

Surah An-Naba ayat 11

Dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan

Surah Jumu’ah ayat 10

Apabila Telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Al-Muzammil ayat 20

Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, Maka dia memberi keringanan kepadamu, Karena itu Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, Maka Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan Dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. dan mohonlah ampunan kepada Allah; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Doa seribu dinar

Islam mengenal adanya zakat, infak.

Larangan pendewaan :

QS An-Najm ayat 29

Maka berpalinglah (hai Muhammad) dari orang yang berpaling dari peringatan kami, dan tidak mengingini kecuali kehidupan duniawi.

Muhammad ayat 12

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang mukmin dan beramal saleh ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. dan orang-orang kafir bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang. dan Jahannam adalah tempat tinggal mereka.

Al-Hadid ayat 20

Ketahuilah, bahwa Sesungguhnya kehidupan dunia Ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; Kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning Kemudian menjadi hancur. dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. dan kehidupan dunia Ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

Tujuan ekonomi Islam

  1. Memenuhi kebutuhan seseorang secara sederhana
  2. Memenuhi kebutuhan keluarga
  3. Memenuhi kebutuhan jangka panjang
  4. Menyediakan kebutuhan akan yang ditinggalkan
  5. Memberi bantuan sosial menurut ajaran islam

Islam adalah ajaran yang diwahyukan Allah swt kepada nabi muhammad saw. Di dalam Islam dituntut untuk menuntut akhirat dan jangan melupakan persoalan dunia. Dalam Islam kita ditugaskan untuk tegas/Islam mengenal adanya zakat, infak dan sebagainya.

Baca juga artikel saya mengenai : Strategi menjadi wirausaha dan pengertian kewirausahaan.

Anda suka dengan artikel Konsep Kewirausahaan Menurut Islam ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Teori-Teori Temperamen Dalam Psikologi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Konsep Kewirausahaan Menurut Islam" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.