Cara Efektif Berhenti Merokok. Merokok adalah salah satu kecanduan yang paling banyak diderita oleh orang di Indonesia. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi UI menunjukkan bahwa 2 dari 3 pria dewasa adalah pecandu rokok. Di Indonesia saja pada tahun 2010, diperkirakan sekitar 65 juta orang merokok setiap harinya. Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa jumlah perokok memang begitu banyak.

Namun tahukah Anda bahwa lebih dari 20% dari perokok tersebut sedang berusaha untuk berhenti merokok? Saya yakin salah satunya adalah Anda. Berhenti merokok merupakan pilihan terbaik bagi perokok untuk memperbaiki kualitas kesehatan tubuh mereka. Saya masih tidak sependapat tentang hubungan antara rokok dan kematian yang digemborkan oleh para perokok. Mereka berkata bahwa yang merokok akan mati, sedangkan yang tidak merokok juga akan mati, kalau sama-sama mati lebih baik merokok saja. Hehe … Masalah kematian itu adalah masalah keniscayaan. Sesuatu yang pasti dari Tuhan. Tapi rokok bukanlah tentang hidup dan mati, tapi tentang kualitas kesehatan Anda yang akan berpengaruh bagi orang-orang yang Anda sayangi di sekitar Anda.

Nah, kali ini saya akan berbagi beberapa tips efektif bagi para pecandu rokok yang sedang mencoba berhenti merokok.

Semua berawal dari Niat

Niat. Inilah yang penting. Anda harus mempatrikan dalam hati Anda bahwa Anda akan berhenti merokok. Tidak cukup sampai di situ, katakan pada orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok. Hal ini akan berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha Anda. Dengan mengatakan pada orang di sekitar, maka akan ada kontrol yang mengingatkan Anda ketika sesekali akan terlena untuk kembali merokok.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah cukup memiliki keberhasilan 3 kali lebih baik daripada orang yang tidak mengkonsumsinya untuk dapat berhenti merokok. Sayur dan buah dikatakan dapat memperburuk rasa rokok yang akhirnya membuat perokok bisa berhenti sama sekali dari kecanduannya.

Sibukkan Diri Anda dengan Aktivitas

Hal yang paling berat bagi perokok adalah ketika selesai makan dan adanya waktu luang. Ya kan?! Misalnya ketika sedang (maaf) Buang air besar. Untuk menghindari merokok pada saat seperti ini, undurkan niat Anda beberapa menit saja. Tak perlu langsung berhenti. Cukup coba undur waktu merokok. Jika biasanya selesai makan Anda langsung merokok maka cobalah awali dengan mengundur masa merokok paling tidak hingga 30 menit. Jika hati benar-benar memaksa, tariklah nafas dalam-dalam kemudian keluarkan lewat mulut. Katakan pada hati Anda : “Saya sedang belajar untuk tidak merokok. Kemarin saya berhasil, hari ini juga pasti bisa!”

Bergabunglah Bersama Orang yang Sukses Berhenti Merokok

Ini akan memberikan efek baik. Bertanyalah pada mereka tentang apa-apa yang biasa mereka lakukan. Jika perlu hubungi dokter untuk masalah ini.

Semoga berhasil! Semangat. Anda pasti bisa berhenti merokok. Semoga cara efektif berhenti merokok ini bermanfaat.

Baca juga Ramalan Jodoh Zodiak dan Ciri Wanita Orgasme

Anda suka dengan artikel Cara Efektif Berhenti Merokok ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Gejala Penyakit Jantung. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Efektif Berhenti Merokok" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.