Cara Mengatasi Susah Tidur Insomnia. Insomnia atau gangguan susah tidur bisa jadi menjadi salah satu gangguan yang paling menyebalkan dalam hidup. Bagaimana tidak, ketika ia menyerang maka kita dibuat kelingsekan ke kanan kiri tempat tidur hanya untuk dapat memejamkan mata. Maka mestinya berbahagialah orang yang dapat memejamkan matanya tiap kali menemukan bantal. 

Gangguan susah tidur sebenarnya lebih dikarenakan oleh masalah psikis (mental). Hal ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan yang berlanjut terus-terusan. Misalnya ketika seseorang menjadi mahasiswa dan sering tidur saat waktu menunjukkan pukul 03.00 pagi karena mengerjakan tugas, bisa saja menjadi sebuah kebiasaan baginya untuk selalu terjaga hingga masa itu.

Namun jika gangguan susah tidur ini adalah masalah yang baru muncul dalam kehidupan Anda, maka beberapa cara berikut ini akan membantu kamu untuk mengatasi susah tidur insomnia.

  • Refresh-kan pikiran kamu. Gangguan susah tidur (insomnia) yang disebabkan oleh masalah dalam pikiran hanya dapat selesai jika kita berusaha untuk tidak memikirkan masalah tersebut. Caranya? Ya carilah pengalih pikiran. Anda dapat sekedar browsing di internet atau membaca koran hari ini menjelang tidur. Tapi jangan membaca yang terlalu berat ya .. Ntar malah kebawa dalam mimpi. :D
  • Berhentilah menonton TV atau berolahraga minimal 1 jam sebelum jam tidur. Hal ini untuk membantu pikiran dan tubuh lebih rileks.
  • Ciptakan suasana tidur yang lebih nyaman. Usahakan kondisi udara di kamar tidak terlalu gerah, pencahayaan yang temaran dan kondisi bantal serta kasur memang memungkinkan untuk tidur dengan nyaman.
  • Jangan mengkonsumsi minuman atau makanan yang menyebabkan kesulitan tidur. Jika tidak terbiasa mengkonsumsi kopi, maka jangan minum kopi menjelang tidur. Hal itu bisa saja menjadi salah satu penyebab adrenalin dan pacu jantung naik sehingga menyebabkan kesulitan dalam tidur.
  • Perbanyaklah makan sayuran dan makanan bergizi di pagi hari.
  • Usahakan untuk mengatur jam tidur yang tepat setiap hari. Hal ini untuk memberikan kesempatan pada tubuh mengenali rutinitasnya.
  • Lakukanlah relaksasi sebelum tidur. Anda dapat melakukannya dengan sekedar mendengarkan musik ringan, mandi dengan air hangat atau juga dengan pemijatan.

Nah, jika tips cara mengatasi susah tidur insomnia di atas tidak berhasil, kamu dapat mencoba mengkonsumsi obat herbal untuk membantu mempermudah proses tidur. Kamu dapat mencarinya di apotek terdekat. Atau jika memang sudah akut, silakan coba konsultasi dengan dokter pribadi kamu. Good luck!

Baca juga tentang gejala penyakit jantung.

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Susah Tidur Insomnia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Daftar Model HP Nokia Terbaru Dan Harga Lengkap. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Susah Tidur Insomnia" :

Ditulis dalam Kategori Diary.