Pengertian Kebudayaan. Perbedaan yang mendasar antara manusia dengan makhluk lain adalah manusia adalah makhluk berbudaya, hal ini di sebabkan karena manusia di beri anugerah yang sangat berharga oleh Tuhan yaitu budi dan akal pikiran.

Istilah kebudayaan atau culture berasal dari kata sanskerta “buddhayah”, yang merupakan jamak dari Buddhi yang berarti ” budi”, atau “kekal” sedangkan kata asing culture yang berasal dari kata latin colere yaitu “mengolah”, “mengerjakan” dan terutama berhubungan dengan pengolahan tanah atau bertani.

Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Dari sekian banyak definisi tentang kebudayaan, dewasa ini para ahli, terutama yang ada di indonesia sepakat untuk mengartikan kebudayaan tidak sebagai suatu sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku baik secara individu maupun kelompok.

Anda suka dengan artikel Pengertian Kebudayaan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Membuat Origami Binatang | Bintang | Bunga. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Kebudayaan" :

Ditulis dalam Kategori Blog.