Materi Kultum Ramadhan. Setelah sebelumnya saya memberikan beberapa kultum ramadhan singkat, kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang materi kultum ramadhan yang baik.

Biasanya penceramah Ramadhan menyampaikan materi dalam waktu yang tidak terlalu lama. 7 menit adalah waktu yang sudah cukup untuk Anda menyampaikan materi kultum ramadhan. Jika terlalu lama, jamaah akan merasa bosan. Ini bukan khutbah Jumat yang lamanya bisa hingga 30 menit. Pada kultum ramadhan, penceramah mesti melihat jamaah yang beraneka bentuk *hehe … beraneka usia itu sebagai sesuatu yang penting dipertimbangkan. Jamaah shalat isya kan terdiri atas banyak anak-anak, ibu-ibu, dan orang tua yang memiliki daya tahan terhadap posisi duduk yang tidak sama.

Cara Menyampaikan Materi Kultum Ramadhan

Dalam menyampaikanmateri kultum ramadhan Anda mestinya bisa menyampaikannya dengan bahasa semi formal. Akan lebih baik lagi jika Anda dapat melengkapinya dengan bahasa yang semi formal. Untuk dapat menyampaikan kultum ramadhan ini dengan baik, perlu Anda perhatikan beberapa hal berikut :

Sampaikan Kultum secara Singkat dan Jelas

Tentu saja ini sesuai dengan namanya, kultum kan berartikuliah tujuh menit.Artinya memang untuk mempermudah Anda menyampaikan pesan, buatlah sesingkat dan sejelas mungkin. Semakin banyak Anda berbicara, semakin banyak kemungkinan Anda melakukan kesalahan dalam berkata-kata. Rasulullah sendiri selalu menyampaikan ceramahnya secara singkat, jelas dan padat.

Kuasai Audiense dengan Menatap mata Mereka

Ini sangat penting. Tatapan mata Anda adalah sebuah tatapan yang sangat brmakna. Beberapa penceramah kadang tidak memiliki kekuatan untuk memanda jamaah, karena ketika mata bertemu dengan tatapan jamaah langsung saja semua kata yang dirangkai hilang. Untuk menghindari hal tersebut tataplah alis atau bagian atas mata jamaah. Berganti-gantilah posisi tatapan.

Jika ada jamaah yang berbicara dengan orang di sampingnya, tataplah ia dengan menggunakan tatapan yang lembut dengan senyuman simpel. Saya jamin mereka akan kembali memperhatikan anda dan berhenti berbicara dengan tetangga duduknya.

Anda boleh saja bertanya

Untuk memberikan perhatian lebih pada jamaah, sesekali ajukan pertanyaan. Tentu saja pertanyaan ini bukanlah pertanyaan yang harus dijawab, karena kondisi kadang tidak memungkinkan jamaah untuk menjawabnya. Dengan mengajukan pertanyaan, maka perhatian jamaah akan lebih baik lagi pada apa yang Anda sampaikan.

Nah, setelah semua hal tersebut tersebut terpenuhi, Anda dapat menyampaikan kultum dengan lebih baik. Untuk koleksi kultum Ramadhan singkat, Anda boleh membaca artikel saya yang berjudul Kumpulan Kultum Ramadhan Singkat” atau Materi Ceramah Ramadhan Lengkap.

 

Anda suka dengan artikel Materi Kultum Ramadhan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Kartu Lebaran | Gambar Kartu Lebaran Idul Fitri. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Materi Kultum Ramadhan" :

Ditulis dalam Kategori Download Gratis. kultum formal,