Soal UKG Online 2012. Kebijakan pemerintah untuk melakukan Ujian Kompetensi Guru bagi guru yang telah mendapatkan sertifikasi ditanggapi beragam oleh para pendidik di seluruh negeri. Banyak diantara mereka yang harus berbondong-bondong membeli laptop, belajar membuat dan mengirim email, belajar soal UKG Online 2012 yang disediakan di beberapa blog. Meskipun nyatanya saya sendiri tidak melihat contoh soal UKG Online yang ada benar-benar valid sesuai dengan yang keluar dalam ujian nanti.

Soal UKG Online 2012 sengaja diberikan sebagai pemetaan kompetensi guru. Sebagai guru yang telah mendapatkan tunjangan sertifikasi yang besarnya sama dengan besarnya gaji, wajib dilakukan ujian untuk mengetahui gambaran pemetaan kompetensi guru lantas digunakan dalam proses pengembangan sumber daya guru bersangkutan.

Meski begitu beberapa komentar teman yang saya baca di Facebook menunjukkan bahwa nilai 70 yang dijadikan standar dalam mengukur kemampuan guru bukanlah ukuran yang fair. Kinerja guru tidak dapat diukur hanya berdasarkan skor 70 dari 100 soal yang diberikan. Perlu diketahui bahwa 100 soal UKG Online ini harus dikerjakan dalam waktu 120 menit. Soal ini terdiri atas soal kemampuan pengetahuan bidang studi ditambah dengan soal berkaitan dengan kemampuan pedagogik dan sosial. Beberapa teman guru di grup facebook juga menunjukkan kekecewaan mereka atas ketidakberhasilan koneksi komputer tempat mereka diuji dengan server. Mereka lagi-lagi beranggapan bahwa pelaksanaan UKG Online 2012 masih terlalu dini melihat persiapan yang ada. Kegagalan koneksi di beberapa daerah menggambarkan bahwa tenaga IT yang digunakan ternyata masih belum kompeten untuk mengendalikan situasi Ujian UKG Online 2012 yang pengaksesnya tak sedikit. Apakah mereka tidak memperhitungkan kemampuan server yang segitu untuk akses ratusan ribu orang secara bersamaan? Hmmm …

Download Soal UKG Online 2012

Selain sulitnya koneksi dengan server di beberapa daerah, Soal UKG Online 2012 juga menimbulkan beberapa masalah dengan munculnya soal-soal yang ternyata tidak mewakili ujian untuk tes kemampuan. Adanya soal-soal yang kacau, tidak memiliki pilihan jawaban yang benar, atau juga adanya gambar-gambar yang tidak sesuai dengan posisinya membuat pelaksanaan UKG Online 2012 terkesan gagal.

Berikut ini beberapa komentar teman-teman di facebook mengenai UKG Online 2012 :

Kalau soal UKG banyak yang kacau karena alasan baru pertama kali ujian online (Kata Pak S. Gultom), pertanyaannya apakah TIM tidak mengguanakan presentasi atau tidak memakai uji coba terlebih dahulu? Kalau gak pakai itu artinya TIM UKG sudah bonafit terpercaya dan teruji. Tapi kok seperti itu hasilnya? bukankah banyak teknisi hebat, banyak ahli, yg ada di balik UKG online ini? Apakah tidak ada cara lain ujian online yg jauh lebih baik dari segi teknis atau penata layout soal sehingga berantakan soalnya? Apakah karena dana kurang besar sehingga terkesan acak-acakan? (Urip Kalteng)

Lihat yang ini :

Kalau UN diantisipasi sedemikian sehingga tidak terjadi kebocoran soal. Yang aku tanyakan UKG dilaksanakan secara bertahap apakah tidak memungkinkan adanya kebocoran soal ? atau mungkin pemerintah sudah menyiapkan sejuta soal ?

Atau yang ini :

Terlepas dari rendahnya nilai kegiatan UKG. Jika UKG hari ini penyelenggaraan maupun isinya kacau memang pantas, wong SK keluar baru 4 hari yang lalu. Permendikbud no 57 tentang UKG teranggal 26 Juli 2012. Seperti sulapan ya…. Pengambil kebijakan mempermalukan dirinya sendiri.

Atau :

Sudah diingatkan berkali-kali oleh banyak pihak bahwa ukg bermasalah & kemdikbud tidak siap, tetap sj kemdikbud nekat menggelar ukg. Hari ini, saya mengerjakan materi soal bahasa indonesia. Sekitar 15 soal salah. Soal jg sy nilai “munafik” krn materi soal ada sebagian yg mempertanyakan EYD & kalimat efektif, tapi 99% kalimat soal menggunakan bahasa indonesia yg amburadul. Selain itu, eyd-nya pun kacau-balau sehingga kalimat tak bisa dipahami. Hal lain lagi, soal tidak ada jawabannya. Apakah soal yg seperti ini dibuat oleh pakar pembelajaran bahasa indonesia? Klu ya, sy ingin berdebat dengannya. Sy terpaksa ikut ukg krn memang tidak bisa menolak dlm kungkungan kekuasaan di daerah. Kalau seperti ini soalnya, sangat bias jika dugunakan untuk menilai kompetensi guru.

Nah … demikianlah. Artikel tentang Soal UKG Online 2012 ini hanya untuk share opini aja.

 

Anda suka dengan artikel Soal UKG Online 2012 ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Soal UKG Online 2012" :

Ditulis dalam Kategori Sertifikasi Guru.