Hi pengunjung blog OnlineSyariah.com … Berikut ini akan saya sajikan contoh skripsi mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan atau yang lebih dikenal dengan skripsi olahraga. Pembahasan contoh skripsi ini merupakan postingan pertama blog ini setelah berpindah dari blogspot ke wordpress. Aseeekkk …

Pada bab ini akan dikemukakan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Latar belakang masalah

menjelaskan dasar-dasar pemikiran untuk menetapkan permasalahan dalam penelitian, sedangkan tujuan penelitian mencakup esensi dan arah penelitian yang akan dilaksanakan dalam bentuk deskriptif.

Contoh Skripsi Olahraga tentang Bolavoli

Latar Belakang Masalah

Pendidikan jasmani yang diajarkan di sekolah berpengaruh besar terhadap perkembangan, kecepatan, sikap dan tingkah laku anak didik. Oleh karena itu pendidikan jasmani yang diajarkan dapat membangkitkan dan mengarahkan potensi pada anak didik serta nantinya sehat dan berkualitas.

Meningkatkan besarnya permainan olahraga, maka pelajaran pendidikan jasmani perlu dilakukan. Dari sekian banyak bahan pendidikan jasmani terdapat cabang olahraga yang disebut sebagai induk dari semua cabang olahraga. Karena Bolavoli merupakan aktivitas jasmani atau latihan fisik dengan berisikan gerakan-gerakan.

Dari berbagai cabang olahraga, kemampuan servis bawah yang difokuskan untuk mencari solusi yang optimal agar mampu mencapai prestasi yang maksimal, sehingga tidak terjadi antara harapan dan kenyataan. Di cabang olahraga bolavoli misalnya sangat minim atlet untuk mampu mencapai prestasi puncak, disebabkan adanya faktor-faktor penghambat. Faktor penghambatnya adalah kemampuan fisik serta postur yang dimiliki masih  kurang.

Melihat dari gerakan kemampuan servis bawah, tentunya tidak terlepas dari kemampuan otot lengan. Pada cabang olahraga bolavoli tentunya sangat dibutuhkan kekuatan, kecepatan, dan daya tahan. Yang maksimal untuk mencapai servis bawah yang baik. Namun disisi lain bahwa kekuatan, kecepatan dan daya tahan , tidak akan terbentuk  tanpa adanya latihan fisik yang rutin. Yaitu kekuatan otot lengan, sebab kekuatan otot lengan yang dimiliki akan membantu untuk mengembangkan kekuatan fisik yang diharapkan disamping itu unsur tinggi badan akan sangat membantu untuk mengembangkan kecepatan,kelincahan,kekuatan dan daya tahan yang diharapkan, disamping itu unsur dari kekuatan otot lengan akan sangat membantu dalam pencapaian kemampuan servis bawah. Sebab bagi pemain bolavoli yang memilki kekuatan otot lengan yang kurang tertentu memiliki kecepatan dan kekuatan yang kurang maksimal.

Permaian bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang populer dan banyak dimainkan oleh masyarakat bahkan diseluruh  sekolah terutama pada SD Negeri layang I Kecamatan bontoala kota Makassar. Terbukti bahwa permainan bolavoli ini dijadikan sebagai acara dalam pesta olahraga keramainan di daerah-daerah. Hanya dalam perkembanganya untuk mengarah pada puncak prestasi masih terkendala khususnya di sulawesi selatan yang masi bersaing.

Untuk meningkatkan prestasi, perlu melibatkan beberapa faktor penunjang yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan, seperti pembinaan secara dini dengan latihan kontinyu dan intensif. Cabang olahraga bolavoli perlu mendapatkan perhatian sebagai permainan yang bermasyarakat, sebab secara kenyataan belum menunjukkan pada hasil yang maksimal.

Berbagai usaha yang dilakukan dan ditempuh dalam peningkatan prestasi cabang olahraga bolavoli, diantaranya pengembangan kemampuan pelatih melalui penataran dan pelatihan, pemilihan pemain yang berprestasi, pemilihan terhadap metode-metode latihan yang efektif dan efesien, baik untuk pengembangan teknik, fisik maupun taktik serta penambahan sarana dan prasaran (fasilitas olahraga).

Permainan olahraga bolavoli merupakan cabang olahraga yang dapat dilakukan secara maksimal, apabila para pemain dapat melakukan atau memiliki penguasaan teknik dasar yang efektif dan efesien. Dalam permainan bolavoli terdiri dari beberapa teknik dasar. Seperti: Servis, passing, smesh dan block. skripsi olahraga bolavoli

Dari berbagai teknik dasar, teknik dasar servis bawah merupakan teknik  yang dibutuhkan sebagai pengantar dalam permainan bolavoli, sebab pada dasarnya servis bawah digunakan untuk melakukan pukulan pertama dalam permainan bolavoli.

Dalam permainan bolavoli, servis bawah digunakan khusus biasanya sebagai cara menguntungkan dalam menempatkan bola pada posisi didaerah lawan yang melewati net sehingga jatuh didaerah lapangan lawan. Selain dari mampaat utamanya yaitu mengantarkan dalam melakukan servis bawah untuk menyebrangkan bola kedaerah lawan dengan sukses, juga  gerak bola yang dilakukan mempunyai peranan dalam permainan. Pengaturan permainan merupakan salah satu strategi untuk memenangkan pertandingan.

Namun demikian servis bawah pada permainan bolavoli  perlu merupakan dua anggota tubuh yang menopang  dalam melakukan  servis bawah untuk itu lengan dan tungkai sebagai anggota penggerak membutuhkan kemampuan fisik seperti kekuatan.

Kekuatan adalah kemampuan untuk pengembangan tenaga maksimum dalam kontraksi yang maksimal untuk mengatasi tahanan atau beban. Kekuatan sangat penting dalam menunjang aktifitas olahraga misalnya kebutuhan kekuatan pada olahraga bolavoli. Untuk pengembangan unsur kekuatan perlu adanya metode latihan secara spesifik dan teratur,  terarah sesuai dengan tuntutan sesuai dengan tuntutan pola gerak cabang olahraga itu. Kekuatan otot ditentukan oleh strukturil otot, khususnya volume otot, dimana kekuatan meningkatkan sesuai dengan meningkatnya volume otot.

Kekuatan yang digunakan dalam melakukan servis bawah dalam permainan bolavoli adalah kekuatan dinamis, karena dalam melakukan sevis bawah, maka pemain berusaha untuk memindahkan bola satu tempat ketempat yang lain, kontraksi untuk memindahkan ini digunakan untuk menghasilkan tenaga eksternal untuk menggerakkan anggota tubuh.

Tinggi badan merupakan salah satu dari sekian banyak komponen dalam permainan bolavoli. Kekuatan adalah gabungan antara kecepatan untuk memindahkan benda ke tempat lain dalam beraktivitas. Tinggi badan merupakan salah satu bagian anggota tubuh yang berbeda dibawah atau biasanya disebut extremitas inferior. Namun pada dasarnya tinggi badan dicabang olahraga bolavoli dimampaatkan sebagai penggerak melakukan servis. Seorang pemain bolavoli yang memiliki tinggi badan diprediksi akan memperoleh jangkauan yang lebih baik dibandingkan dengan pemain yang memiliki tinggi badan pendek.

Peningkatan prestasi olahraga merupakan sesuatu hal yang selalu dipermasalahkan dan dibicarakan sepanjang masa, bahkan sepanjang olahraga itu dikenal sebagai kebutuhan hidup manusia. Peningkatan prestasi olahraga bersifat dinamis-progresif, selalu berubah di setiap fase waktu dan cenderung meningkat seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti halnya olahraga bolavoli, terutama dalam hal servis bawah.

Cabang olahraga bolavoli terdiri atas beberapa teknik dasar. Yang lebih menarik perhatian, tertuju pada teknik dasar servis bawah, disebabkan peminat olahraga ini sudah mulai banyak. Selain itu, servis bawah merupakan salah satu teknik dasar yang pelaksanaannya sangat membutuhkan keterlibatan komponen fisik.

Peningkatan prestasi bolavoli merupakan dambaan setiap pemain ataupun pelatih yang membina pemain tersebut. Dengan demikian, berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan prestasi bolavoli. Dari sejumlah upaya yang digiatkan, peningkatan kemampuan fisik tampaknya lebih banyak dilakukan setiap latihan.

Dengan demikian, kemampuan fisik merupakan salah satu faktor dalam menunjang pencapaian prestasi. Kemampuan fisik dimaksud adalah kekuatan (power), kecepatan (speed), daya ledak (explosivity), kelincahan, kelenturan (flexibility), keseimbangan (balancing), dan koordinasi.Servis bawah digolongkan sebagai salah satu teknik dasar pada cabang olahraga bolavoli. Proses gerak untuk servis bawah, yaitu bola tidak dilemparkan, tetapi dipukul sampai melewati net dan jatuh di lapangan lawan. Untuk mencapai hasil optimal dalam servis bawah, diperlukan tubuh atau kondisi fisik yang prima (fit). Bola yang akan dipukul mempunyai bobot atau berat tertentu. Untuk dapat memukul bola pada bobot tersebut hingga melewati net, diperlukan teknik sempurna sehingga terbentuk gerakan yang efisien, yang kemudian memberikan daya dorong kuat dalam kontraksi otot secara maksimal.

Pada salah satu sekolah yang ada di kota makassar yaitu SD Negeri Layang I kecamatan Bontoala. Latihan teknik dasar tidak akan berkembang tanpa dibarengi kemampuan fisik. Dari sekian banyak unsur kemampuan fisik, beberapa unsur tertentu diharapkan memiliki kontraksi terhadap kemampuan servis bawah. Unsur-unsur kemampuan fisik tersebut antara lain kekuatan otot lengan dan tinggi badan. Kedua hal inilah yang akan dibahas dalam penelitian ini yang akan diprediksikan terhadap kemampuan servis bawah.

Beranjak dari pengertian tersebut dan melihat dari keadaan sekarang maka peneliti tertarik untuk meneliti dengan judul :  “Hubungan  Antara Tinggi Badan dan Kekuatan Otot Lengan dengan Kemampuan Servis Bawah dalam Permainan Bolavoli pada murid SD Negeri Layang 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas, maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah, sebagai berikut:

  1. Apakah ada hubungan antara tinggi badan dengan kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada murid SD Negeri Layang 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar ?
  2. Apakah ada hubungan kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada murid SD Negeri Layang 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar ?
  3. Apakah ada hubungan antara tinggi badan dan kekuatan otot lengan dengan servis bawah dalam permainan bolavoli pada murid SD Negeri Layang 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassa

Tujuan Penelitian

Sesuai rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuan penelitian ini sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tinggi badan dengan kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada Murid SD Negeri Layang 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar.
  2. Untuk mengetahui apakah ada hubungan kekuatan otot lengan dengan  kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli pada murid SD Negeri Layang 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar.
  3. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tinggi badan dan kekuatan otot lengan dengan servis bawah dalam permainan bolavoli pada Murid SD Negeri Layang 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar.

Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangan yang positif dalam upaya mengembangkan dan membina prestasi khususnya bolavoli. Dengan demikian, manfaat penelitian yang diharapkan adalah :

  1. Sebagai  informasi yang dapat dijadikan pegangan bagi guru pendidikan jasmani dan pelatih di dalam upaya untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga bolavoli khususnya di sekolah dasar.
  2. Sebagai bahan pertimbangan untuk di jadikan permasalahan penelitian seminar, diskusi guna peningkatan prestasi cabang olahraga bolavoli pada kemampuan servis bawah.
  3. Sebagai bahan referensi untuk rekan-rekan mahasiswa pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, yang berminat untuk melakukan penelitian selanjutnya yang relevan dengan penelitian ini dengan melibatkan variabel-variabel lain serta dengan populasi yang lebih luas.

Anda suka dengan artikel Contoh Skripsi Olahraga Tentang Bola Voli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Efek Compton. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Skripsi Olahraga Tentang Bola Voli" :

Ditulis dalam Kategori Skripsi Olahraga Bola Voli. artikel contoh judul skripsi penjas, judul skripsi tentang bola volly, contoh soal statistik deskriptif DALAM OLAHRAGA, contoh skripsi bola voli, contoh judul skripsi bola voli, skripsi penjaskes tentang bola voli, judul skripsi tentang volly, skripsi penjas bola volly, skripsi peningkatan kekuatan kecepatan dan kelincahan, proposal deskriptif penjaskesrek, penelitian bola voli rencana proposal skripsi, mencari mAsalah proposal penelitiAn penjas, latar belakang untuk skripsi pendidikan olahraga, judul skripsi penjas bola volly, judul skripsi dan rumusan masalah olahraga, judul proposal penelitian bola voli, judul proposal jurusan olaraga bola voli, contoh skripsi penjaskes, contoh judul skripsi penjaskes dengan tiga variabel, contoh contoh proposal PJOK BOLA VOLLY, SKRIPSI TENTANG OLAHRAGA,