Pengertian Modernisasi. Menurut Michel Bassand bahwa modernisasi adalah istilah yang syarat akan arti, walaupun terdiri dari satu kata. Kata ini berkonotasi ganda, lebih kurang diartikan sebagai perubahan-perubahan saling tergantung yang telah menguasai masyarakat-masyarakat industri. (Mustafa O. Attir, 1989)

Menurut Astrid S. Susanto (1997) bahwa modernisasi adalah proses pembangunan kesempatan yang diberikan oleh perubahan demi kemajuan. Sedangkan menurut Wilbert Moore, mengartikan modernisasi sebagai transformasi secara menyeluruh masyarakat tradisional atau masyarakat pra modern menuju masyarakat yang bercorak tekhnologi.

Pengertian Proses Sosial

Menurut Adham Masution, (1983) bahwa yang dimaksud dengan proses sosial adalah proses kelompok-kelompok dan individu-individu yang saling berhubungan yang merupakan bentuk-bentuk yang nampak kalau kelompok-kelompok manusia atau orang perorang mengadakan hubungan satu sama lain.

Pengertian Modernisasi & Proses Sosial

Menurut Soerjono Dirdjosiswono (1985), mengatakan proses sosial sebagai pengaruh timbal balik antara berbagai kehidupan bersama. Pengaruh timbal balik ini sebagai akibat hubungan timbal balik antara individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok mengenai berbagi aspek kehidupan manusia seperti politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan. Kehidupan tersebut adalah penerapan aspek-aspek utama dalam kehidupan sosial yang mewarnai bahkan menentukan perkembangan dlam kehidupan bersama.

Secara garis besarnya proses sosial bisa dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu proses sosial yang asosiatif dan proses sosial yang disosiatif. Proses sosial ini dapat disebut asosiatif, apabila itu mengindikasikan adanya gerak pendekatan atau penyatuan. Yang termasuk disini ada empat: Koperasi, akomodasi, asimilasi dan amalgamasi. Sedangkan proses sosial yang disosiatif adalah proses yang mengindikasikan persaingan dan pertentangan. Yang termasuk dalam proses disosiatif ini adalah kompetesi, konflik dan kontravensi. (J. Dwi Narwoko, 2004)

Proses sosial merupakan aspek dinamis dari kehidupan masyarakat. Di mana di dalamnya terdapat suatu proses hubungan antara manusia satu dengan yang lainnya. Proses hubungan tersebut berupa antar aksi sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara terus-menerus. Antar aksi (interaksi) sosial, dimaksud sebagai pengaruh timbal balik antara dua belah pihak yaitu antara individu satu dengan individu atau kelompok lainnya dalam rangka mencapai atau tujuan tertentu. Proses sosial pada dasarnya merupakan siklus perkembangan dari struktur sosial yang merupakan aspek dinamis dalam kehidupan masyarakat.

Perkembangan inilah yang merupakan dinamika yang tumbuh dari pola-pola perikelakuan manusia yang berbeda menurut situasi dan kepentingan masing-masing yang diwujudkan dalam proses hubungan sosial. Hubungan-hubungan sosial itu pada awalnya merupakan proses penyesuaian nilai-nilai sosial dalam kehidupan masyarakat, kemudian meningkat menjadi semacam pergaulan yang tidak hanya pertemuan secara fisik, melainkan merupakan pergaulan yang ditandai adanya saling mengerti tentang maksud dan tujuan masing-masing pihak dalam hubungan tersebut. (Abdulsyani, 2002)

Proses sosial adalah setiap interaksi sosial yang berlangsung dalam suatu jangka waktu, sedemikian rupa sehingga menunjukkan pola-pola pengulangan hubungan perilaku dalam kehidupan masyarakat. Salah satu bagian dari proses sosial yang penting dari sekian banyak proses sosial adalah modernisasi. Untuk lebih jelasnya tentang modernisasi sebagai bagian dari proses ini, maka akan dijelaskan lebih lanjut dalam pembahasan makalah ini. Pengertian Modernisasi & Proses Sosial

Anda suka dengan artikel Pengertian Modernisasi & Proses Sosial ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Laporan Praktek Lapangan Kehutanan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Modernisasi & Proses Sosial" :

Ditulis dalam Kategori Pengertian.