Jumlah Paket UN 2013. Pemerintah melalui kementrian pendidikan telah mempersiapkan Kisi-Kisi UN 2013 yang akan dirilis di awal bulan Oktober tahun ini. Layaknya tahun sebelumnya, pemerintah mempercepat sosialisasi pemberian kisi-kisi UN 2013 untuk mempermudah siswa dan guru bidang studi dalam mempersiapkan materi yang akan mereka dalami menjelang ujian nasional.

Namun tahun ini siswa peserta ujian nasional harus bersiap lebih giat lagi. Mengapa? Pasalnya pemerintah telah merencanakan untuk membuat variasi paket soal ujian nasional sebanyak 20 paket pada tiap ruangan. Hal ini berarti nantinya setiap siswa di sebuah ruangan memiliki jenis soal yang berbeda dengan siswa lainnya.

Jumlah Paket UN 2013

Kita semua pasti tahu bahwa jumlah paket soal UN pada tahun 2012 hanya 5 paket soal per ruangan, dengan posisi paket yang berubah setiap hari selama 3 hari pelaksanaan ujian nasional. Rupanya jumlah paket UN tahun 2012 itu dianggap belum maksimal untuk mengurangi kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Anda pasti tau kecurangannya kan?!

Nah, banyaknya paket soal UN tahun depan menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kredibilitas UN sebagai salah satu wadah untuk mengetahui kualitas output siswa setelah mengikuti pendidikan di sekolah. Ujian nasional diharapkan oleh pemerintah menjadi tonggak ukuran dalam mengukur tingkat keberhasilan pencapaian kurikulum pada setahun berlangsung.

Dengan adanya 20 paket UN pada tahun 2013 ini, diharapkan tingkat kecurangan yang terjadi selama pelaksanaan ujian nasional akan berkurang. Dengan hanya 5 paket kecurangan ternyata dinilai masih dapat berlangsung. Dengan 20 paket, siapa mau coba curang?

Kecurangan UN

Mengapa kecurangan masih saja terjadi dalam Ujian Nasional? Saya yakin ini adalah pertanyaan yang patut kita jawab bersama. Ujian nasional seperti menjadi buah simalakama bagi para pendidik. Jika tidak curang, bisa saja mereka sama saja dengan mati bunuh diri karena hanya akan sedikit siswa yang lulus. Yah, kita tau lah bagaimana cara siswa kita belajar. Dalam sebuah sekolah, 50% lebih siswa berada di bawah standar rata-rata. Jika tak curang, bisa jadi mereka menjadi batu sandungan yang menyebabkan nama baik dan reputasi sekolah hancur. Haha …

Semoga dengan upaya pemerintah ini, kecurangan UN bisa berkurang. Ini sejalan dengan wacana pemerintah untuk menggunakan nilai UN sebagai alat seleksi kelulusan siswa di perguruan tinggi. Nantilah diliat. Jumlah paket uN 2013

Anda suka dengan artikel Siap-Siap! UN 2013 Akan Berjumlah 20 Paket! ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Mengatasi Maag Dengan Puasa. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Siap-Siap! UN 2013 Akan Berjumlah 20 Paket!" :

Ditulis dalam Kategori Ujian Nasional 2013.