Pengertian Inovasi Pembelajaran | Makalah Inovasi Pembelajaran. Perkembangan di dunia pendidikan menjadi salah satu fokus yang cukup penting bagi kita, di masa yang serba berkembang seperti saat ini perlu bagi kita untuk lebih aktif menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat menunjang perkembangan mutu pendidikan. Inovasi dalam pendidikan dapat diartikan sebagai penemuan atau discovery, atau usaha mengadakan perubahan dengan tujuan untuk memperoleh hal yang lebih baik dalam bidang pendidikan. Penemuan  dalam pendidikan sangat penting untuk menunjang perkembangan mutu pendidikan karena dengan adanya penemuan-penemuan kita dapat menciptakan hal baru yang dapat mendukung pengetahuan yang telah ada. Salah satu inovasi yang perlu diadakan dalam dunia pendidikan adalah inovasi dalam hal media belajar, karena media belajar secara langsung memegang peranan penting dalam hal menunjang pencapaian tujuan pembelajaran itu sendiri.

Ada banyak macam media yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah media berbasis IT dan Non- IT, media berbasis IT pada saat ini telah banyak digunakan dan bahkan telah tersebar secara luas, begitu pun media non IT yang sejak dulu telah banyak digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Meskipun demikian sangat penting untuk kita lebih memperhatikan kelayakan dan kesesuaian media dengan perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya untuk media berbasis non IT. Sangat penting untuk menemukan ide-ide baru dalam hal pengembangan media non elektronik tersebut, agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa kini.

Pengertian Inovasi Pembelajaran | Makalah Inovasi Pembelajaran

Pemahaman terhadap konsep media pembelajaran tidak terbatas hanya pada peralatan (hardware) tetapi yang lebih utama adalah pesan atau informasi (software) yang disajikan melalui peralatan tersebut. Dengan demikian konsep media pembelajaran itu mengandung pengertian adanya peralatan dan pesan yang disampaikannya dalam satu kesatuan yang utuh.

Rumusan Masalah

  1. Apa yang dimaksud dengan inovasi pembelajaran?
  2. Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran?
  3. Apakah fungsi dan peranan media pembelajaran?
  4. Apa saja prinsip-prinsip pemilihan media?
  5. Apa pengertian dari media non IT?
  6. Apa saja contoh inovasi media pembelajaran konvensional?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui apa definisi dari inovasi pembelajaran
  2. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan media pembelajaran
  3. Untuk mengetahui fungsi dan peranan media pembelajaran
  4. Untuk mengetahui apa saja prinsip-prinsip pemilihan media
  5. Untuk mengetahui arti dari media non IT
  6. Untuk mengetahui beberapa contoh dari inovasi media pembelajaran konvensional.

Pengertian Inovasi Pembelajaran

Seiring dengan berjalannya waktu, dunia saat ini telah memasuki era globalisasi dengan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat. Teknologi informasi seperti pedang bermata dua, selain membantu kemajuan dunia tetapi juga memberikan kemudahan bagi para pelaku kejahatan. Tetapi semua itu tergantung pada siapa yang memegang teknologi informasi tersebut (man behind the gun). Karena itulah peningkatan mutu pendidikan harus terus digalakkan, salah satunya menarik minat belajar siswa melalui media pembelajaran. Walaupun teknologi informasi berkembang dengan begitu pesatnya namun tidak dipungkiri bahwa media konvensional masih sangat dibutuhkan, hanya saja harus ada penambahan inovasi di dalamnya. Inovasi (invention) sendiri memiliki definisi sebagai suatu ide barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang, baik itu berupa hasil invention maupun diskoveri. Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

Inovasi pembelajaran adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif dari hal yang sudah ada sebelumnya, serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu sistem, maka inovasi pembelajaran harus mencakup al-hal yang berhubungan dengan komponen sistem tersebut, baik dalam artian kurikulum, media, metode, kebijakan, maupun hal lain yang berhubungan dengan pembelajaran (Muzid, 2011).

Baca juga Kisi-Kisi UN 2013, SKL UN 2013, Prediksi Soal UN 2013

Anda suka dengan artikel Pengertian Inovasi Pembelajaran | Makalah Inovasi Pembelajaran ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Soal Try Out UN Fisika SMA 2013. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Inovasi Pembelajaran | Makalah Inovasi Pembelajaran" :

Ditulis dalam Kategori Makalah, Pengertian. pengertian inovasi, pengertian inovasi pembelajaran, inovasi pembelajaran, makalah inovasi pembelajaran, makalah macam-macam metode pembelajaran, prinsip-prinsip metode pembelajaran pai, definisi inovasi pembelajaran matematika, makalah peranan dan fungsi kurikulum, makalah inovasi pendidikan, macam-macam kemampuan siswa, pengertian peningkatan kemampuan, macam-macam inovasi kurikulum, pengertian inovasi pembelajaran matematika, contoh perubahan teknologi, hubungan kurikulum pembelajaran dan tujuan pendidikan, inovasi pembelajaran paud, Prinsip metode pembelajaran PAI, makalah tentang inovasi pendidikan, macam-macam teknologi pembelajaran islam, contoh makalah prinsip-prinsip belajar, makalah prinsip pengembangan kurikulum, peran inovasi dan teknologi dalam pembelajaran dewasa ini, makalah inovasi pembelajaran paud, peran inovasi dan teknologi pembelajaran dewasa, contoh makalah teknologi pendidikan bahasa inggris, definisi inovasi pembelajaran, macam macam teknologi pembelajaran islam, contoh makalah kurikulum PAI, hubungan tujuan dengan proses pendidikan, contoh proposal teknologi pendidikan,