Asam urat atau Gout merupakan penyakit yang bisa anda rasakan dengan nyeri pada bagian-bagian sendi tertentu, Asam Urat juga kebanyakan terjadi pada orang yang berusia lanjut dan jarang sekali terjadi terjadi pada usia muda.

Penyakit ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, eperti pada bangsa mesir sekitar 5000 tahun yang lalu dan bangsa Yunani beberapa puluh tahun yang lalu juga sudah menyebutnya. Al-Razi atau Rhazes (salah satu dokter muslim kenamaan di abad pertengahan) menyarankan beberapa jenis terapi untuk mengobati asam urat ini.

Obat Asam Urat Tradisional

Karena sejarah penyakit ini yang sudah berlangsung sekian lamanya, maka ada Obat Asam Urat Tradisional yang juga telah lama di gunakan oleh manusia untuk mengobati asam urat. Berikut beberapa diantaranya :

  • Habbatussauda/Nigella Sativa. Biasa juga terkenal dengan sebutan Jintan Hitam, jenis tanaman ini juga telah lama di gunakan oleh Bangsa Yunani dan timur tengah untuk berbagai macam pengobatan. Salah satu efek-nya adalah anti radang yang sangat cocook untuk meredakan peradangan akibat Asam Urat. Selain untuk Asam Urat Jintan Hitam juga bisa digunakan untuk meredakan asma, flu dan alergi.
  • Sidaguri/Sida Rhombifolia. Merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di tepi jalan, halaman berumput, hutan, sawah dan tempat-tempat dengan sinar matahari langsung atau sedikit terlindung. Jenis tanaman ini mengandung Alkaloid Epedrine terutama pada bijinya, efeknya adalah mendinginkan badan (anti demam), melancarkan pencernaan, menyusutkan jaringan (Astringent), merangsang produksi air seni (Diuretik),  dan menguatkan stamina. Selain efektif untuk Asam Urat, Sidaguri juga bisa digunakan untuk mengatasi Hematuria, Cystitis, kelemahan seksual dan kualitas sperma buruk.
  • Jahe Merah/Zingiber Officinalle. Merupakan tanaman atau herbal untuk anti peradangan, Jahe Mera juga digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan. Efeknya bisa membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.
  • Legundi/Vitex Negundo. Merupakan tanaman yang merayap dengan tajuk tidak beraturan, aromatik, dan tinggi 1-4 meter. Dapat dijumpai sebagai tanaman liar di daerah hutan jati, hutan sekunder, di tepi sawah dan tepi jalan serta berbunga pada bulan januari-desember. Bunga dan Daun Legundi adalah salah satu herbal yang secara efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena artritis dan sciatica.
  • Teh Hijau. Herbal jenis ini banyak sekali mengandung Polifenol yang berfungsi sebagai Antioksidan pencegah serangan asam urat. Tidak hanya itu, Teh Hijau juga mengandung Vit C dan Vit E yang sangat bermanfaat bagi penderita Asam Urat.

Herbal-herbal diatas hanya sebagian kecil dari banyak Herbal/tanaman yang berfungsi sebagai Obat Asam Urat Tradisional yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan Asam Urat anda.

Baca juga Obat Jerawat Tradisional dan Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Anda suka dengan artikel Obat Asam Urat Tradisional ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Penelitian Deskriptif. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Asam Urat Tradisional" :

Ditulis dalam Kategori Remaja.