Halo sahabat sekalian .. Apa kabar? Kemarin saya telah berbagi beberapa artikel tentang Kesalahan Konseptual dalam Pembelajaran Matematika dan Jurnal pendidikan Matematika kali ini kita akan melihat bagaimana pemanfaat jejaring edmodo dalam pembelajaran matematika. Dah pernah dengar edmodo? Bukan Komodo ya! Hehe …

Pengertian Edmodo

Edmodo didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff O’Hara. Edmodo adalah sebuah platform Microblogging yang secara khusus dikembangkan dan dirancang untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam suatu ruang kelas. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi antara siswa dan guru, berbagi konten berupa teks, gambar, links, video, maupun audio. Edmodo bertujuan untuk membantu pendidik memanfaatkan fasilitas social networking sesuai dengan kondisi pembelajaran di dalam kelas.

Edmodo adalah layanan gratis yang memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara komunitas kelas mereka sendiri dengan aman. Edmodo digunakan untuk berbagi konten pendidikan, mengelola proyek dan tugas, menangani pemberitahuan setiap aktifitas, melakukan kuis dan acara, dan memfasilitasi secara penuh terhadap keterlibatan pengalaman belajar antar siswadi kelas juga siswa lainnya dalam jaringan belajar professional.

Menurut Pitoy (2012), menyatakan bahwa Edmodo merupakan sebuah platform sosial network bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan. Edmodo dirancang untuk menciptakan interaksi guru dan siswa yang menekankan pada komunikasi yang cepat, poling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi. Sebagai pendidik, Edmodo memberikan fitur untuk berbagi file, link, tugas, nilai serta peringatan secara langsung kepada siswa. Sedangkan sebagai siswa, fitur yang diberikan adalah mereka dapat berkomunikasi dengan gurunya secara langsung, berdiskusi dengan siswa lain, mengirimkan tugas secara langsung dan banyak lagi.

Menurut Jenna Zwang (2010) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: A Free, Secure Social Networking Site For School, menyatakan bahwa Edmodoadalah sebuah situs pendidikan berbasis social networkingyang di dalamnyaterdapat berbagai konten untuk pendidikan. Guru dapat memposting bahan-bahanpembelajaran, berbagi link dan video, penugasan proyek, dan pemberitahuan nilaisiswa secara langsung. Selain itu juga Edmodo dapat menyimpan dan berbagisemua konten digital termasuk blog, link, gambar, video, dokumen, danpresentasi.

Menurut Frank Gruber (2008) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: Microblogging for Education, Edmodo memberikan kemudahan bagi user untukmembuat grup dah berbagi file, links, video (embed video) dan gambar dilengkapidengan peringatan (alert), penugasan (assignment) dan agenda kegiatan (event).

Maka dapat disimpulkan bahwa Edmodo adalah sebuah platform web 2.0dengan menggunakan konsep social networking berbasis Microblogging yang dikhususkan untuk membangun lingkungan belajar onlineyang aman untuk berbagi data, informasi serta konten-konten pendidikan baik berupa tulisan,dokumen, video, audio, foto, kalender,link yang dapat dibagikan baik oleh guru maupun siswa danjuga konten khusus berupa nilai, kuis, acara kegiatan, penugasan dan poling yang hanya dapat dibagikan oleh guru (Umaroh, 2012).

Fitur Edmodo

Menurut Umaroh (2012) Edmodo memiliki fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawah ini adalah fitur yang ada pada Edmodo.

a). Assignment

Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. selain itu, kiriman Assignment jugaterdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.Guru dapat secara langsung memberikan penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan secara otomatis akan tersimpan dalam fitur gradbook. Berikut tampilan assignment yang telah diselesaikan oleh siswa. Tombol “Turnin (31)” artinya adalah 31 siswa telah selesai mengerjakan tugas (assignment) sebelum deadline yang ditentukan. Sedangkan “DUEApril 23, 2012” menunjukan tanggal batas pengumpulan tugas.

b). File and Links

Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenis ekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll. Berikut ini contoh pengiriman note dengan melampirkan file modulIpraktikum.doc. dan link NPaperbox-Reading is Fun.

c). Quiz

Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupapilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapatdibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur inidilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang kuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada setiapbutir soal quiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan untuk penskoran soal uraian harusdiperiksa oleh guru terlebih dahulu. Berikut adalah tampilan kuis sebelum dipublikasikan

Untuk mengetahui hasil jawaban siswa, klik tombol “Turn In”, jika  bentuk soal adalah isian singkat atau uraian, maka guru dapat melakukan koreksi secara langsung. Tampilan koreksi hasil kuis dapat dilihat pada gambar di bawah.

d). Polling

Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan poling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran. Berikut dibawah ini adalah tampilan poling mengenai tanggapan siswa terhadap materi fungsi logika sebelum pembelajaran diberikan.

e). Gradebook

Fitur gradebook digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatis hanya bisa dilakukanberdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz.Penilaian pada gradebookdapat di-export menjadi file.csv. Berikut ini adalah tampilan gradebookdengan user sebagai guru.

Dalam fitur ini, guru mengatur penilaian hasil belajar seluruh siswa.Guru dapat mengatur nilai maksimal pada masing-masing subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari nilai keseluruhan setiap siswa secara otomatis oleh sistem. Untuk penilaian Quiz diisi secara otomatis oleh sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa. Pada siswa, fitur ini hanya dapat dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung. Berikut tampilan menu grades untuk siswa.

f). Library

Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya.Link dan File yang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga dapat menambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur ini dapat digunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam dan luar. Sehingga siswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun tetap diakses melalui Edmodo. Di bawah ini tampilah Library pada guru.

g). Award Badges

Fitur ini digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepadasiswa maupun kelompok. Penghargaan dapat ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat kreatifitas guru dalam memberikan penghargaan. Berikut adalah tampilan Award Badges.

h). Parents Codes

Menurut Rismayanti (2012), Fitur ini berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali masing-masing siswa dapat bergabung memantauaktivitas belajar dan prestasi putra-putrinya, guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian membagikannya pada masing-masing orangtua/wali. Akses kode untuk orang tua siswa dapat diperoleh dengan mengklik nama kelas.

Kelebihan dan kekurangan Edmodo

Menurut Umaroh (2012), adapun kelebihan dari jejaring edmodo adalah :

  1. Membuat pembelajaran tidak bergantung pada waktu dan tempat.
  2. Meringankan tugas guru untuk memberikan penilaian kepada siswa.
  3. Memberikan kesempatan kepada orangtua/ wali siswa untuk memantau aktivitas belajar dan prestasi dari putra-putrinya.
  4. Membuat kelas lebih dinamis karena memungkinkan interaksi guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa dalam hal pelajaran atau tugas.
  5. Memfasilitasi kerja kelompok yang multidisiplin.
  6. Mendorong lingkungan virtual kolaboratif yang membantu pembelajaranberbasis proses.

Sedangkan kekurangan dari jejaring edmodo adalah :

  1. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
  2. Belum tersedianya sintaks online secara langsung pada edmodo.

PENUTUP

Kesimpulan

  1. Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook buat sekolah dan dapat berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian, poling dan agenda yang diberikan kepada siswa
  2. Adapun fitur dari edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah Assigment, File and Liks, Quiz, polling, Gradebook, Library, Awards Badges, dan Parents Codec.
  3. Edmodo dalam pembelajaran matematika dapat berfungsi sebagai platform bagi guru untuk melakukan pemberian tugas dan penilaian kepada siswanya secara online.

Saran

Diharapkan saran dan untuk penyempurnaan makalah ini!

DAFTAR PUSTAKA

Bahar, Ekafitria, Erni. 2010. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Herlang. Makassar: Skripsi FMIPA UNM.

Haling, A. dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Keminfo, 2012. Pengguna Internet Indonesia Ketiga Tertinggi di Asia. http://keminfo.go.id. Diakses pada tanggal 25 November 2012 Pukul 23.00 WITA

Pitoy, Pieter, Yani. 2012. Making Mathematics Learning Excited: New Hope, New Spirit with Edmodo. http://p4tkmatematika.org/. Diakses pada tanggal 12 Desember 2011 Pukul 12.00 WITA

Risal, Nur Alam. 2009. Efektifitas Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistik. Makassar: Skripsi FMIPA UNM.

Rismayanti, Astuti. 2012. Mengenal Lebih Dekat Edmodo Sebagai Media E-Learning dan Kolaborasi.  http://download.smkn1-majalengka.sch.id. Diakses pada tanggal 25 November 2012 Pukul 23.00 WITA.

Sofa, Muhammad. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Tipe STAD Di SMK Muhammadiyah I Nganjuk Tahun Pelajaran 2008-2009. http://muchammadsoffa1.blogspot.com/2009_05_01_archive/.Download 23/6/2011.

Suherman, Herman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Umaroh, Sofia. 2012. Penerapan Project Based Learning menggunakan Microblogging Edmodo untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Skripsi UPI : Bandung.

Uno, Hamzah B., 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Zwang, Jenna. 2010. Edmodo : A Free, Secure Social Networking Site For School. http://www.eschoolnews.com Diakses pada tanggal 25 November 2012 Pukul 23.00 WITA

Anda suka dengan artikel Pemanfaatan Jejaring Edmodo Dalam Pembelajaran Matematika ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perawatan Luka Episiopomi Pada Persalinan Normal. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pemanfaatan Jejaring Edmodo Dalam Pembelajaran Matematika" :