Pertanyaan itu adalah pertanyaan hakiki yang berkaitan dengan dasar filosofis yang berkaitan erat dengan ontologi suatu penelitian yang menjawab tentang pertanyaan What is real? Atau apakah realitas dari penelitian? Untuk memperoleh jawaban tersebut, alangkah baiknya jika seorang peneliti mencari masalah yang berkaitan dengan realitas penelitian yang biasanya dijabarkan dalam bahasan penelitian. 

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Penelitian yang akan kita bahas ini adalah penelitian kuantitatif yang memiliki dasar positivis dan banyak diterapkan dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan alam, sosial, ekonomi, dan pendidikan. Adapun ciri-ciri penelitian yang memiliki dasar positivis, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menekankan objektivitas secara universal dan tidak dipengaruhi oleh ruang dan waktu.
  2. Menginterpretasi variabel yang ada melalui peraturan kuantitas atau angka.
  3. Memisahkan antara peneliti dengan objek yang hendak diteliti. Membuat jarak antara peneliti dan yang diteliti, dimaksudkan agar tidak ada pengaruh atau kontaminasi terhadap variabel yang hendak diteliti.
  4. Menekankan penggunaan metode statistik untuk mencari jawaban per­masalahan yang hendak diteliti.
Bila diperhatikan secara lebih cermat, dalam mencari batasan tentang apakah penelitian itu maka akan diperoleh bahwa setiap pakar akan memberikan jawaban yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut di antaranya dipengaruhi oleh adanya faktor yang melatarbelakangi seorang peneliti di samping juga faktor pengalaman yang telah dimiliki dalam hidup seorang peneliti. Mengenai beberapa macam batasan penelitian, berikut akan diberikan beberapa contoh tentang macam-macam batasan penelitian.
Pengertian Penelitian
Penelitian tidak lain adalah art and science guna mencari jawaban terhadap suatu permasalahan (Yoseph dan Yoseph, 1979). Karena seni dan ilmiah maka penelitian juga akan memberikan ruang-ruang yang akan mengakomodasi adanya perbedaan tentang apa yang dimaksud dengan penelitian.
Penelitian dapat pula diartikan sebagai cara pengamatan atau inkuiri dan mempunyai tujuan untuk mencari jawaban permasalahan atau proses penemuan, baik itu discovery maupun invention. Discovery diartikan hasil temuan yang memang sebetulnya sudah ada, sebagai contoh misalnya penemuan Benua Amerika adalah penemuan yang cocok untuk arti discovery. Sedangkan invention dapat diartikan sebagai penemuan hasil penelitian yang betul-betul baru dengan dukungan fakta. Misalnya hasil kloning dari hewan yang sudah mati dan dinyatakan punah, Penelitian adalah merupakan proses ilmiah yang mencakup formal dan intensif. Karakter formal dan intensif karena mereka terikat dengan aturan, urutan, aupun cara penyajiannya agar memperoleh hasil yang diakui dan bermanfaat igi kehidupan manusia. Intensif dengan menerapkan ketelitian dan ketepatan dalam melakukan proses penelitian agar memperoleh hasil yang dapat dipertanggungjawabkan, memecahkan problem melalui hubungan sebab dan akibat, dapat ulang kembali dengan cara yang sama dan hasil sama.
Penelitian menurut Kerlinger (1986) ialah proses penemuan yang mempunyai karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada teori dan hipotesis au jawaban sementara. Beberapa karakteristik penelitian sengaja ditekankan oleh Kerlinger agar kegiatan penelitian memang berbeda dengan kegiatan profesional innya. Penelitian berbeda dengan kegiatan yang menyangkut tugas-tugas wartawan ing biasanya meliput.dan melaporkan berita atas dasar fakta. Pekerjaan mereka belum dikatakan penelitian, karena tidak dilengkapi karakteristik lain yang mendukung agar dapat dikatakan hasil penelitian, yaitu karakteristik mendasarkan pada teori yang ada dan relevan dan dilakukan secara intensif dan dikontrol dalam pelaksanaannya.
Dari beberapa pendapat tersebut jelas kiranya bahwa setiap orang pada prinsipnya akan memberikan pengertian tentang penelitian berbeda-beda. Perbedaan rsebut biasanya tergantung dengan beberapa faktor seperti di antaranya: latar belakang pengetahuan seseorang, kehidupan seseorang, dan pengalaman yang .miliki oleh seseorang tersebut.
Sebagai jawaban atas pertanyaan tentang apakah penelitian itu? Dapat simpulkan bahwa penelitian tidak lain adalah usaha seseorang yang dilakukan secara sistematis mengikuti aturan-aturan metodologi misalnya observasi secara sistematis, kontrol, dan mendasarkan pada teori yang ada dan diperkuat dengan gejala yang ada.
Baca juga tentang manfaat Korelasi Regresi

Anda suka dengan artikel Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Regresi Dan Regresi Linear Berganda. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli" :