Sebelumnya kita telah melihat tentang Contoh Penelitian Deskriptif Kualitatif dan Penelitian Eksperimen, kali ini kita akan melihat bagaimana bentuk metode penelitian deksriptif tersebut.

Contoh Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif

METODOLOGI PENELITIAN

Jenis Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah penelitian, maka penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian deskriptif.  Hal ini dimaksudkan untuk mengelola data-data yang diperoleh dari responden berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti.

Subjek Penelitian

Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan dan KeguruanUniversitas Banua Patra Makassar yang telah mengampuh Mata Kuliah Analisis real, dalam hal ini adalah mahasiswa angkatan 2008, 2009, dan 2010.

Instrumen Penelitian

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioer) dan wawancara yang masing-masing telah divalidasi.

a. Angket

Angket yang akan digunakan dalam penelitian ini berisi beberapa item pertanyaan tentang persepsi amahsiswa mengenai pengalaman kesulitan dalam mempelajari Mata Kuliah Analisis Real I.

b. Wawancara

Penggunaan wawancara dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor terjadinya kesulitan belajar dalam mempelajari Mata Kuliah Analisis real I sebagai tindak lanjut dari pemberian angket.

Teknik Pengumpulan Data.

Dalam penelitian ini, prosedur pengumpulan data dilakukan dalam dua tahap yaitu :

1. Tahap persiapan

Dalam tahap ini penelitian dimulai dengan melakukan observasi dan studi pendahuluan pada lokasi penelitian, termasuk didalamnya melakukan survey dan konsultasi informal dengan informan.

2. Tahap pengumpulan dan pengelolaan data.

Tahap ini diawali pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan menyebarkan angket kepada responden. Setelah semua data terkumpul penulis kemudian diolah.

Teknik Analisis Data

Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut selanjutnya dianalisis. Data yang diperoleh dari angket yang disebarkan pada responden dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan tujuan untuk menjawab rumusan masalah. Masing-masing tanggapan siswa dalam angket akan dihitung dengan rumus

                 P = f/N x 100%

Keterangan :

P          = Angka persentase

f           = Frekuensi jawaban

N         = Jumlah mahasiswa

Kemudian, mengkategorikan kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami mata kuliah analisis real I di Prodi Pendidikan matematika Fakultas Pendidikan dan KeguruanUniversitas Banua Patra Makassar.

Jika data tersebut dikelompokkan kedalam 5 kelompok, maka dapat dilihat pada tabel berikut :

Kategori Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Mata Kuliah Analisis Real I Pokok Bahasan Bilangan Real di Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan dan Keguruan Universitas Banua Patra Makassar

No.

Tingkat Kesulitan

Kategori

1.

2.

3.

4.

5

0%-20%

21%-40%

 

41%-60%

61%-80%

81%-100%

Sangat rendah

 

Rendah

 

sedang

 

tinggi

Sangat tinggi

 Semoga artikel tentang Contoh Metode Penelitian Deskriptif ini bermanfaat. Jangan lupa baca juga tentang Cipto Junaedy

Anda suka dengan artikel Contoh Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif" :

Ditulis dalam Kategori Penelitian.