Hi sahabat … Seelumnya kita telah sama-sama melihat tentang Contoh Judul Penelitian Eksperimen dan Contoh Penelitian Deskriptif Kuantitatif . Kali ini kita akan melihat lebih fokus pada penelitian eksperimen untuk mata pelajaran matematika. Pada bagian ini, kita hanya akan melihat dulu untuk bagian awal yakni bab pertama. Semoga bermanfaat.

Latar Belakang

Sejak diberlakukan, Undang-undang RI No 20 tahun 2003 yang ditindak lanjuti tingkat satuan pendidikan, maka sejak itu sekolah diberi otonomi untuk mengembangkan sendiri kurikulumnya. Berkenaan dengan itu pemerintah memberikan wewenang penuh kepada BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) untuk menjalankan standar pendidikan (standar isi, standar proses, standar penilaian, standar prasarana)

Khusus untuk guru diberi kewenangan pada standar isi, standar proses, standar prasarana, standar penilaian. Standar isi termasuk di dalamnya materi, standar kompetensi, dan kompetensi dasar. Pada standar proses dijelaskan mengenai silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Standar penilaian dijelaskan tentang jenis dan tekhnik penilaian. Standar prasarana menyangkut media dan sumber serta bahan belajar.

Sejalan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) diatas dalam implementasi KTSP khusus untuk SMK 2 dalam mata pelajaran matematika ditetapkan KKM rata-rata 65 dengan pertimbangan intake, daya dukung dan kompleksitas materi matematika. Namun sesuai data dari guru matematika dalam tiga tahun terakhir, nilai ulangan semester kelas X Busana  sangat jauh dari standar KKM. berikut data rata-rata nilai ulangan semester sebelum diadakan remedial :

Tabel 1.1

 Nilai Rata-Rata Semester

Kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro

No

Tahun Ajaran

Nilai Rata-rata

1.

2.

3.

2008/2009

2009/2010

2010/2011

52

55

50


sumber : Guru mata pelajaran Matematika

Berdasarkan dari data di atas pada data tiga tahun terakhir tidak mencapai nilai rata-rata 65. rata-rata kelas yang pada tahun pelajaran 2008/2009 hanya 52, pada tahun pelajaran 2009/2010 rata-rata kelas meningkat namun belum mencapai standar KKM yang ditetapkan oleh sekolah sedangkan pada tahun pelajaran 2010/2011 rata-rata nilai ulangan semester kembali menurun yaitu hanya berada pada angka 50, keadaan demikian cukup memprihatinkan.

Penelusuran lebih lanjut yang peneliti lakukan melalui observasi terhadap pembelajaran yang berlangsung pada kelas X Busana, dimana dari 30 siswa pada ulangan kompetensi pertama nilai yang didapat jauh dari standar KKM, selanjutnya pada kompetensi yang ke-2 dari 30 siswa terdapat 5 orang siswa yang mulai aktif mengikuti kegiatan pembelajaran misalnya, aktif bertanya, mengerjakan soal dipapan. Setelah ulangan kompetensi yang ke-2 ternyata kelima siswa tersebut mendapatkan nilai jauh di atas nilai standar KKM .

Dari data di atas akhirnya patut diduga bahwa penyebab nilai rata-rata tidak mencapai KKM adalah peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya matematika, oleh karena itu perlu dipikirkan   dan diterapkan berbagai upaya yang dapat mngaktifkan peserta didik dalam pembelajaran matematika khususnya kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro. Penelitian Eksperimen matematika

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model, pendekatan, metode, strategi, taktik/ tekhnik pembelajaran matematika, melalui penelitian pra eksperimen ini peneliti mencoba mengaktifkan peserta didik dikelas dengan strategi pembelajaran aktif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual, ditetapkanlah judul “PERANAN PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X BUSANA SMK NEGERI 2 BUNGORO”.

Judul Penelitian Eksperimen Matematika Download

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti dapat merumuskan masalah yang akan dikaji pada penelitian ini antara lain adalah :

  1. Seberapa besar hasil belajar matematika dalam aspek kognitif sebelum dan sesudah diberikan srategi pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro?
  2. Seberapa besar hasil belajar peserta didik dalam aspek psikomotor sebelum dan sesudah diberikan srategi pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro?
  3. Seberapa besar hasil belajar peserta didik dalam aspek afektif sebelum dan sesudah diberikan srategi pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro?
  4. Seberapa besar selisih hasil belajar matematika dalam aspek kognitif sebelum dan sesudah diberikan srategi pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro?
  5. Seberapa besar selisih hasil belajar matematika aspek psikomotor siswa sebelum dan sesudah diberikan srategi pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro?
  6. Seberapa besar selisih hasil belajar matematika aspek afektif siswa sebelum dan sesudah diberikan srategi pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian yang dicapai berdasarkan rumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar matematika dalam aspek kognitif sebelum dan sesudah menggunakan strategi  pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro.
  2. Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar matematika dalam aspek psikomotor sebelum dan sesudah menggunakan strategi  pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro.
  3. Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar matematika dalam aspek afektif sebelum menggunakan strategi  pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro.
  4. Untuk mengetahui seberapa besar selisih hasil belajar matematika dalam aspek kognitif sebelum dan sesudah menggunakan strategi  pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro
  5. Untuk mengetahui seberapa besar selisih hasil belajar matemaika dalam aspek psikomotorik sebelum dan sesudah menfggunakan strategi  pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro
  6. Untuk mengetahui seberapa besar selisih hasil belajar matemaika dalam aspek afektif sebelum dan sesudah menfggunakan strategi  pembelajaran aktif pada siswa kelas X Busana SMK Negeri 2 Bungoro

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang akan dicapai setelah diadakannya penelitian ini  adalah :

1. Bagi peneliti

Menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan peneliti khususnya yang terkait dengan penelitian yang menggunakan strategi pembelajaran aktif

2. Bagi pihak sekolah

Dapat digunakan sebagai bahan masukkan untuk mengadakan variasi model pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa

3. Bagi siswa

Dapat menambah semangat kerja sama antar siswa, meningkatkan motivasi dan daya tarik siswa terhadap matematika.

Bagaimana, cukup jelas kan?! Semoga bermanfaat ya …

Anda suka dengan artikel Judul Penelitian Eksperimen Matematika Download ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Judul Penelitian Eksperimen Matematika Download" :

Ditulis dalam Kategori Penelitian. eksperimen matematika adalah,