Sebelumnya kita telah membahas begitu banyak tentang metode Penelitian Psikologi, kali ini kita akan melihat lebih jauh tentang contoh identifikasi masalah pada penelitian. Masalah utama penelitian ini dapat sahabat baca di blog OnlineSyariah.com, yakni tentang pengaruh minat terhadap hasil belajar dan prestasi belajar matematika.

Identifikasi Masalah

  1. Masih rendahnya hasil belajar matematika siswa SMA, hal ini tercermin dari data hasil UN MA Muh. Sibatua Pangkep dua tahun terakhir.
  2. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya seperti penyempurnaan kurikulum matematika, pengadaan buku paket matematika, peningkatan pengetahuan guru-guru matematika melalui penataran, baik secara regional maupun nasional, namun hasil belajar matematika masih relatif rendah
  3. Adanya variabel-variabel dari dalam diri siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa seperti kecemasan, sikap terhadap matematika, motivasi, minat, kepribadian, konsep diri, kecerdasan emosi, berpikir logis, dan sebagainya.

Pembatasan Masalah

Banyaknya variabel-variabel yang bersumber dari dalam diri peserta didik yang berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, sehingga peneliti hanya membatasi pada variabel minat, motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional.

Pertanyaan dan Perumusan Masalah

Berdasarkan dengan latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya, maka masalah yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini, yaitu “apakah minat belajar matematika, motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional mempunyai hubungan dengan (atau pengaruh terhadap) hasil belajar matematika?”

Untuk lebih jelasnya, masalah dalam penelitian ini dirumuskan secara rinci sebagai berikut.

  1. Sejauh mana hasil belajar siswa MA Muh. Sibatua Pangkep?
  2. Sejauh mana minat belajar matematika siswa MA Muh. Sibatua Pangkep?
  3. Sejauh mana motivasi berprestasi siswa MA Muh. Sibatua Pangkep?
  4. Sejauh mana kecerdasan emosional siswa baik dipandang secara totalitas maupun secara parsial siswa MA Muh. Sibatua Pangkep?
  5. Apakah ada pengaruh bersama minat belajar, motivasi berprestasi dan kecerdasan emosi terhadap hasil belajar matematika siswa MA Muh. Sibatua Pangkep?
  6. Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa MA Muh. Sibatua Pangkep?
  7. Apakah ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa MA Muh. Sibatua Pangkep?
  8. Apakah ada pengaruh kecerdasan emosi siswa baik dipandang secara totalitas maupun secara parsial terhadap hasil belajar matematika MA Muh. Sibatua Pangkep?

Anda suka dengan artikel Contoh Identifikasi Masalah Penelitian ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Identifikasi Masalah Penelitian" :