Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini tidak dikembangkan namun dilakukan terhadap instrumen-instrumen yang pernah digunakan dalam penelitian sebelumnya tentang pembelajaran kooperatif. Kemudian memilih dan selanjutnya dilakukan penyesuaian (sedikit modifikasi) sehingga cocok dengan materi pembelajaran dalam penelitian ini. Hal ini dilakukan kecuali untuk instrumen yang berupa tes.

Contoh Instrumen Penelitian Skripsi

Instrumen yang akan digunakan terdiri dari lembar validasi perangkat, lembar observasi (lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe STAD, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi keterampilan kooperatif siswa), lembar daftar respon guru dan lembar angket respon siswa. Tes (tes hasil belajar) termasuk instrumen dalam penelitian ini. Namun hasil tes ini hanya untuk kepentingan merevisi tes itu sendiri. Format instrumen penelitian (kecuali tes) tersebut dapat dilihat pada Lampiran B1 – B4 untuk lembar validasi perangkat, Lampiran C1 – C4 untuk lembar observasi, dan Lampiran C5 – C6 untuk lembar angket/daftar respon.

Teknik pengumpulan data validasi perangkat pembelajaran menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran. Lembar validasi digunakan untuk mengumpulkan data validitas isi perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Lembar validasi diberikan kepada validator dan setiap validator menuliskan penilaian atas aspek yang ada dengan memberi tanda cek ( Ö )  pada kolom yang sesuai

Teknik pengumpulan data saat uji coba perangkat pembelajaran ini terdiri dari tiga bentuk yaitu observasi, angket, dan tes (tes hasil belajar). Observasi dilakukan menggunakan lembar observasi. Lembar observasi yang dimaksud terdiri dari :

  1. Lembar observasi pengelolaan pembelajaran kooperatif, digunakan untuk memperoleh data kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe STAD. Lembar observasi pengelolaan pembelajaran kooperatif memuat aspek-aspek pendahuluan (menginformasikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, mengaitkan pelajaran dengan pengetahuan awal siswa, dan mengorganisasikan siswa  dalam kelompok), pengembangan/ kegiatan inti (menjelaskan materi, melatih keterampilan kooperatif siswa, mengawasi setiap kelompok, memberikan bantuan kepada kelompok/individu, memberi umpan balik, memberi motivasi kepada kelompok dalam penyelesaian tugas), penutup (membimbing siswa membuat kesimpulan dan memberikan kuis), pengelolaan waktu, teknik bertanya, dan pengamatan suasana kelas. Instrumen ini diberikan kepada seorang pengamat dan pengamat tersebut menuliskan penilaian atas aspek yang muncul dengan memberi tanda cek ( Ö )  pada kolom yang sesuai selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  2. Lembar aktivitas guru, digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Lembar observasi ini memuat aspek-aspek yang harus diamati oleh pengamat. Aspek tersebut adalah menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, menyajikan materi pokok, mengatur siswa dalam kelompok, memberi petunjuk/membimbing siswa dalam menyelesaikan LKS, mengamati kegiatan siswa dan memberi bantuan kepada individu atau kelompok, memotivasi siswa untuk melakukan keterampilan kooperatif, membahas hasil kerja kelompok, memandu diskusi, memberikan kuis, dan prilaku yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran. Instrumen ini diberikan kepada seorang pengamat (pengamat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe STAD) dan pengamat tersebut menuliskan kode aspek pengamatan yang muncul pada kolom sesuai periode waktu selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  3. Lembar aktivitas siswa, digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas yang dilakukan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Lembar observasi ini memuat aspek-aspek pengamatan : mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru atau teman dengan aktif, membaca (buku siswa, LKS), menulis (yang relevan dengan kegiatan pembelajaran), mengajukan pertanyaan kepada teman atau guru yang berkaitan dengan materi, berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong partisipasi, mengkomunikasikan hasil kerja kelompok, merangkum jawaban teman sekelompok, mengerjakan kuis, dan prilaku yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran. Instrumen ini diberikan kepada seorang pengamat dan pengamat tersebut menuliskan kode aspek pengamatan yang muncul pada kolom sesuai periode waktu selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  4. Lembar observasi keterampilan kooperatif siswa, digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan kooperatif yang dilakukan siswa selama fase 4 pada langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Lembar observasi ini memuat keterampilan kooperarif siswa yang dilatihkan, yaitu berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong partisipasi, mendengarkan dengan aktif, dan bertanya. Instrumen ini diberikan kepada seorang pengamat (pengamat aktivitas siswa) dan pengamat tersebut memberi tanda tally (ô) pada kolom yang tersedia sesuai periode waktu selama kegiatan pemebelajaran berlangsung.

Lembar angket respon siswa dan daftar respon guru digunakan untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran kooperatif tipe STAD dari siswa dan guru. Daftar respon guru diberikan kepada guru mata pelajaran yang mengajar pada uji coba perangkat pembelajaran dalam penelitian ini. Lembar angket respon siswa diberikan kepada tiap siswa dalam kelas uji coba perangkat pembelajaran dalam penelitian ini. Pengisian angket ini dengan menuliskan tanda cek (Ö ) pada tempat yang sesuai dan memberikan jawaban singkat atas pertanyaan yang diberikan pada tempat yang telah disediakan.

Tes (tes hasil belajar) diberikan kepada setiap siswa sebelum (sebagai tes awal) dan setelah (sebagai tes akhir) pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan relasi, fungsi, dan grafiknya. Tes ini diberikan bertujuan untuk memperoleh data hasil tes siswa yang kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas tes.

Kuis diberikan kepada setiap siswa di akhir kegiatan pembelajaran untuk keperluan perhitungan poin peningkatan kelompok.

Baca juga Langkah Pembelajaran Kooperatif STAD dan Contoh Metode Penelitian Skripsi

Anda suka dengan artikel Contoh Instrumen Penelitian Skripsi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Metode Penelitian Skripsi Pendidikan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Instrumen Penelitian Skripsi" :

Ditulis dalam Kategori Penelitian. instrumen penelitian skripsi, contoh instrumen observasi penelitian kualitatif, uji coba soal pada penelitian model STAD, contoh skripsi yang ada lembar observasi, contoh observasi penelitian siswa, contoh lembar validasi hasil belajar, contoh lembar observasi tentang motivasi pembelajaran, contoh lembar observasi skripsi, contoh lembar observasi respon siswa, contoh lembar observasi penelitian komunikasi, contoh soal validator skripsi pendidikan, contoh Test instrumen penelitian, fungsi lembar angket, menentukan instrumen kinerja dan pemerintahan desa, lembaran motivasi siswa, lembar validasi soal matematika, lembar validasi angket observasi guru dan siswa, lembar observasi skripsi kualitatif, lembar observasi siswa pembelajaran kooperatif, lembar angket penelitian, fungsi lembar observasi aktivitas guru, Contoh Lembar Observasi Model STAD, contoh lembar angket, contoh angket dan observasi pada skripsi, cara merumuskan angket penelitian, cara membuat instrument skripsi, bentuk pertanyaan untuk observasi guru mtk sma, artikel contoh kuesioner pengelolaan waktu, angket tentang penggunaan model STAD, angket respon dalam skripsi,