Kemarin kita telah melihat tentang Contoh Identifikasi Masalah Penelitian, kali ini kita akan melihat lebih jauh tentang Pengertian Hasil Belajar Matematika Menurut para Ahli. Semoga bermanfaat.Pengertian Belajar

Belajar dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah proses perubahan tingkah laku (Depdikud, 1998).Menurut Hilgard dan Brower (Hamalik, 2003) mengemukakan bahwa belajar merupakan dalam perbuatan melalui aktifitas, praktek dan pengalaman.

Pendapat lain yang dikemukakan oleh Hudoyo (1990), belajar merupakan suatu proses aktif dalam memperoleh pengalaman atau pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku.

Slameto (2003) mengemukakan bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas daripada itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan, melainkan perubahan kelakuan.

Dari beberapa pengertian belajar yang telah dikemukakan oleh para ahli di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pengertian belajar dalam penelitian ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh seseorang untuk mendapatkan perubahan dan memperoleh pengetahuan serta keterampilan baru yang sifatnya permanen.

 Hakekat Belajar Matematika

Berdasarkan etimologis, perkataan matematika berarti ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar. Sedangkan Ruseffendi (1990) berpendapat bahwa matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide proses dan penalaran. Dan Djaali (2006) berpendapat bahwa matematika sebagai ilmu pengetahuan abstrak tentang ruang dan bilangan, ia sering dilukiskan sebagai kumpulan sistem matematika dengan ide-ide struktur dan hubungannya yang teratur memuat urutan yang logis.

Menurut Dienes (Bell, 1981) bahwa matematika dapat dipandang sebagai studi tentang struktur, yaitu menganalisis berbagai struktur matematika dan hubungan logis dari struktur-struktur itu, dan sebagainya.

Dalam matematika tampak adanya kehirarkian di antara pokok-pokok bahasannya, yaitu suatu pokok bahasan merupakan prasyarat pokok bahasan lainnya. Oleh karena itu, menurut Soedjadi (1983) bahwa untuk menguasai matematika diperlukan cara belajar yang berurutan setapak demi setapak dan berkesinambungan. Pendapat ini bersesuaian dengan pendapat Herman Hudoyo (1990) yang mengatakan bahwa dalam matematika, mempelajari konsep B yang berdasarkan pada konsep A, maka perlu memahami dahulu konsep B. Oleh karena itu, untuk belajar matematika harus dilakukan secara bertahap, berurutan, dan berkesinambungan.

Berdasarkan uraian-uraian di atas, maka belajar matematika adalah proses perubahan tingkah laku melalui pengalaman belajar matematika.

Hasil Belajar Matematika

Menurut Kimble dan Garmezy (Ali, 1987), sifat perubahan perilaku dalam belajar bersifat permanen. Dengan demikian hasil belajar dapat diidentifikasi dari adanya kemampuan melakukan sesuatu secara permanen, dapat diulang-ulang dengan hasil yang sama.

Menurut Abdurrahman (1999), hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak melalui kegiatan belajar. Belajar itu sendiri merupakan proses dari seseorang, di mana hasil belajar dipengaruhi oleh inteligensi dan penguasaan anak tentang materi yang akan dipelajarinya.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud hasil belajar matematika dalam penelitian ini adalah tingkat keberhasilan atau penguasaan seorang siswa terhadap bidang studi matematika setelah menempuh proses belajar mengajar yang terlihat pada nilai yang diperoleh dari tes hasil belajarnya. Di mana hasil belajar matematika  siswa dapat diukur dengan menggunakan alat evaluasi yang biasanya disebut tes hasil belajar.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Secara garis besar, faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar seorang siswa digolongkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar individu. Kedua faktor tersebut mempunyai arti yang sangat penting dalam rangka membantu siswa dalam mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya.

Menurut Ahmadi (2004), yang tergolong dalam faktor internal adalah sebagai berikut:

“(1) Faktor jasmaniah (fisiologi) baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh, misalnya penglihatan, pendengaran, struktur tubuh dan sebagainya. (2) Faktor psikologis yang terdiri atas faktor intelektif misalnya kecerdasan dan bakat, serta faktor non-intelektif yaitu unsur-unsur kepribadian tertentu seperti sikap, kebiasaan, minat, kebutuhan, motivasi, emosi dan penyesuaian diri. (3) Faktor kematangan fisik maupun psikis”.

Dan yang tergolong dalam faktor eksternal adalah :

“(1) Faktor sosial yang terdiri atas lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan kelompok. (2) Faktor budaya seperti adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. (3) Faktor lingkungan fisik seperti fasilitas rumah, fasilitas belajar, dan iklim. (4) Faktor lingkungan spiritual atau keamanan”.

Dimyati (1989) mengemukakan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar meliputi perbedaan kemampuan, kreativitas, motivasi berhasil, kecemasan, minat dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah, lingkungan rumah tangga dan keadaan sosial ekonomi. Dari kutipan di atas, dapat diketahui bahwa tinggi rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor intelegensi melainkan juga faktor non-intelegensi seperti minat, motivasi berprestasi, emosi, penyesuaian diri dan kecerdasan emosional.

Anda suka dengan artikel Pengertian Hasil Belajar Matematika Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Validasi Instrumen Penelitian. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Hasil Belajar Matematika Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi, Ensiklopedi Umum. defenisi hasil belajar matematika menurut para ahli, matematika menurut para ahli terbaru, jurnal teknik pelaksanaan tes hasil belajar, contoh abstrak artikel peluralisme, prestasi belajar matematika menurut para ahli, Pengertian pembahasan hasil penelitian materi b indonesia menurut para ahli, pendapat para ahli tentang hasil belajar matematika, menurut para ahlihubungan matematika dengan fisika, MAKALAH hasil belajar matematika, kutipan proses belajar matematika menurut para ahli, identifikasi hasil belajar menurut para ahli terbaru, hasil belajar matematika, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar matematika dan fisika menurut arikunto, download pengertian hasil, contoh jurnal metode eksperimen pendidikan bahasa arab, Ramalan nama dari huru hijaiyah,