Krathwohl, Bloom, dan kawan-kawan telah menyusun taksonomi ranah afektif yang dapat digunakan dalam mengklasifikasikan pokok uji untuk bentuk-bentuk tingkah laku,afektif dalam 5 (lima) jenjang seperti berikut ini.

a. Penerimaan (Receiving)

Pada jenjang ini menyangkut kepekaan peserta didik terhadap fenomena-fenomena dan perangsang-perangsang tertentu, yaitu menyangkut kesediaan siswa untuk menerima atau memerhatikan suatu kejadian atau kegiatan. Contoh: mendengarkan, menyadari, mengamati, t, .ti-hati terhadap, peka terhadap, toleran terhadap.

b. Partisipasi (Responding)

Jenjang ini dirnaksudkan untuk mengungkapkan tingkah laku yang bukan saja berupa perhatian terhadap fenomena atau stimuli tertentu, melainkan juga menyangkut tanggapan atau tindakan serta partisipasi dalam suatu kegiatan. Contoh: menjawab, menanggapi, mengikuti, menyetujui, menyukai, memberikan, melaporkan, membaca, menceritakan, memilih.

c. Penilaian/Penentuan Sikap (Valuing)

Jenjang ini mencakup kemampuan untuk mau bereaksi terhadap suatu kejadian dengan berperan serta. Contoh: mengendalikan, mendukung, mengambil bagian, ikut serta, mengabdikan diri.

d. Organisasi (Organization)

Jenjang ini dimaksudkan untuk mengungkapkan tingkah laku yang berhubungan dengan konseptualisasi nilai-nilai dan penggunaan nilainilai tersebut dalam menentukan hubungan antara nilai-nilai. Contoh: mengubah, menghubungkan, mempertahankan, menggeneralisasikan, menyiapkan, mengintegrasikan, mengorganisir.

e. Pembentukan Pola Hidup (Characterization by a Value or Value Complex)

Jenjang ini dimaksudkan untuk mengungkapkan tingkah laku yang berhubungan dengan pengorganisassian nilai-nilai ke dalam suatu bentuk falsafah hidup, dan bukan sekadar menentukan hubungan antara berbagai nilai. Contoh: mengusulkan, memeragakan, mempertunjukkan, merevisi, menggunakan, memengaruhi, melayani.

Baca juga tentang Pengertian belajar menurut para ahli

Anda suka dengan artikel Ranah Afektif Pada Taksonomi Bloom Terbaru ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Evaluasi Pembelajaran. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Ranah Afektif Pada Taksonomi Bloom Terbaru" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi Umum.