Penelitian Ahmad Mudzakkir Mashur (2008) berkesimpulan bahwa kesalahan konsep merupakan kesalahan terbesar dibanding kesalahan-kesalahan yang lain. dari hasil analisa diperoleh banyaknya siswa melakukan kesalahan konsep sebesar 40,91%, kesalahan prinsip 25%, kesalahan teknis 22,73%, dan kesalahan acak 11,36%. Hal ini berarti kemampuan prasyarat siswa sangat kurang. Padahal konsep tersebut telah dipelajari sebelumnya.

Skripsi Penelitian tentang Kesulitan Belajar Matematika

Hasil penelitian L.S Cox menemukan kesalahan yang dibuat siswa pada operasi hitung terhadap kurang lebih 700 siswa di Johnson Country, Kansas. Pada operasi hitung tersebut ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa sebagai berikut :

@ Kesalahan sistematis (Systematis Error)

Yaitu kesalahan yang dibuat siswa dari lima soal sekurang-kurangnya tiga soal yang salah.

@ Kesalahan acak (Random Error)

Yaitu kesalahan yang dilakukan siswa sekurang-kurangnya tiga soal dari lima soal yang diberikan dengan pola kesalahan yang berbeda.

@ Kesalahan kecerobohan (Careless Error)

Yaitu kesalahan yang dibuat siswa sebanyak satu atau dua kesalahan dari lima soal yang diberikan. Dalam hal ini pada dasarnya siswa mengetahui bagaimana mengerjakannya.

@ Lembar data tidak lengkap (Uncomplete Solution Form)

Yaitu jika siswa tidak mengerjakan seluruh soal atau beberapa soal yang diberikan.

Hasil penelitian Liana (1999) tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal perbandingan senilai dan berbalik nilai pada siswa kelas 2 SMP Kecamatan Kutoarjo mendapatkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa sebagai berikut :

  1. Kesalahan menterjemahkan soal yaitu jika siswa tidak menulis apa yang diketahui atau apa yang ditanyakan serta jika siswa salah menulis apa yang diketahui atau apa yang ditanyakan
  2. Kesalahan dalam melakukan perhitungan adalah jika siswa melakukan beberapa kesalahan perhitungan atau salah sama sekali dalam menggunakan operasi-operasi dasar untuk menyelesaikan soal.
  3. Kesalahan konsep adalah jika siswa mengerjakan soal-soal yang menyimpang dari rumus yang telah ditentukan

Saya yakin bahwa berbagai jenis kesalahan ini juga sering terjadi di kelas Anda. Pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana cara kita mengatasi, atau paling tidak mengurangi terjadinya jenis kesalahan ini? Jawabannya ada pada guru. Haha. Baca juga tentang Jenis Kesalahan Siswa dalam mengerjakan soal matematika.

Anda suka dengan artikel Skripsi Penelitian Tentang Kesulitan Belajar Matematika ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Jenis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Skripsi Penelitian Tentang Kesulitan Belajar Matematika" :