Sebelumnya kita telah melihat tentang Index Card Match dalam Belajar Matematika. Kali ini kita akan lanjut. Definisi operasional variabel dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang variabel-variabel yang diperhatikan. Sehingga tidak terjadi kesalahan penafsiran. Pengertian operasional variabel dalam penelitian ini diuraikan sebagai berikut:

1. Metode Index Card Match

Metode index card match merupakan strategi yang sangat menyenangkan yang di gunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan  sebelumnya. Namun demikian, materi baru pun tetap bisa diajarkan dengan  strategi ini dengan catatan, siswa diberi tugas mempelajari topik yang akan  diajarkan terlebih dahulu, sehingga ketika masuk kelas mereka sudah   memiliki bekal pengetahuan. Dengan strategi  ini  siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami konsep dapat terarah lebih baik.

Skripsi tentang Index Card Match dalam Matematika

2. Metode pembelajaran Make a Match

Metode make a match atau mencari pasangan merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan kepada siswa. Penerapan metode ini dimulai dari teknik yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban/soal sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin.

3. Hasil Belajar Matematika

Hasil belajar matematika merupakan suatu puncak proses belajar, hasil belajar tersebut terjadi karena evaluasi guru. Jika dikaitkan dengan belajar matematika, maka hasil belajar matematika adalah suatu hasil yang diperoleh siswa dalam menekuni dan mempelajari matematika.

Berdasarkan pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematia melalui metode Index Card Match akan berbeda dengan hasil belajar matematika melaui metode Make a match. Dengan menampakkan perbedaan hasil belajar matematika melalui metode tersebut, kita dapat mengetahui metode yang mana yang lebih efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Adapun tujuan yang ingin  dicapai dalam penelitian ini adalah untuk

  1. Mengetahui hasil belajar matematika sebelum dan sesudah  diterapkan  metode Index Card Match pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kahu Kab.Bone
  2. Mengetahui hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diterapkan metode  Make a Match pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kahu Kab.Bone.
  3. Mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui metode Index Card Match dengan metode pembelajaran Make a Match pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kahu Kab.Bone.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang ingin  dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut

Bagi siswa

 Hasil penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman konsep, mendorong siswa untuk menyenangi matematika dan dapat berperan aktif dalam mengkontruksi sendiri pengetahuan dalam menyelesaikan soal-soal matematika dengan baik.

Bagi Guru

Memberikan masukan kepada guru, khususnya guru matematika, bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode  index card match dan make a match dapat digunakan untuk membuat kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik dan kreatif.

Bagi Peneliti

Dapat digunakan sebagai pengalaman menulis karya ilmiah dan melaksanakan penelitian dalam pendidikan matematika sehingga dapat menambah pengetahuan, khususnya untuk mengetahui sejauh mana  penigkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan metode index card match dan make a match dalam proses pembelajaran.

Bagi Sekolah

Penelitian ini sebagai bahan masukan dalam rangka perbaikan pembelajaran sehingga dapat menunjang tercapainya hasil belajar mengajar sesuai dengan harapan.

Untuk Mendapatkan gambaran mengenai isi pokok skripsi yang direncanakan, maka berikut ini mengemukakan sistematika penulisannya.

Bab I memuat latar belakang yang mengemukakan kondisi yang seharusnya dilakukan dan kondisi yang ada sehingga jelas adanya kesenjangan yang merupakan masalah yang menuntut untuk dicari solusinya. Rumusan masalah yang mencakup beberapa pertanyaan yang akan terjawab setelah tindakan selesai dilakukan. Defenisi operasional yaitu defenisi- defenisi variabel yang menjadi pusat perhatian pada penelitian ini. Tujuan yaitu hasil yang ingin dicapai oleh peneliti berdasarkan rumusan masalah yang ada. Dan manfaat yaitu suatu hasil yang diharapkan oleh peneliti setelah melakukan penelitian.

Bab II memuat Kajian pustaka yang membahas tentang kajian teoritis yang erat dengan metode Index Card Match dengan Make a Match dan menjadi dasar dalam merumuskan dan membahas tentang aspek-aspek yang sangat penting untuk diperhatikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta memuat tentang Urain Materi tentang yang diajarkan.

Bab III Metodelogi penelitian yang membahas jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kahu dan sampel yang digunakan terdiri atas 2 kelas dari 4 kelas yaitu VIIIa dan kelas VIIIb. Prosedur penelitian yaitu langkah-langkah yang harus ditempuh oleh peneliti dalam melakukan penelitian yang mencakup tentang perencanaan, , pelaksanaan  dan observasi. Teknik pengumpulan data yaitu instrumen yang digunakan dalam penelitian. Instrumen ini terdiri atas tes hasil belajar,dan  lembar observasi. Teknik analisis data berisi cara menganalisis data yang di peroleh yaitu dengan menggunakan statistik Deskriptif dan statistik inferensial.

Bab IV  Hasil Penelitian merupakan data yang diperoleh pada saat penelitian dan pembahasannya yaitu Dari pengolahan data maka dapat diketahui thitung  = 2,75 dan ttabel = 2.002 Karena thitung > ttabel (2,75 > 2.002) maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran index Card Match dan Make a Match

Bab V penutup yang berisi  Kesimpulan yaitu Rata-rata hasil belajar matematika dengan menerapakan metode index Card Match = 69,67 Dan  dengan menerapkan metode Make a Match = 64,67 serta pengujian Hipotesis diketahui thitung  = 2,75 dan ttabel = 2.002 Karena thitung > ttabel (2,75 > 2.002) maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan menerapakan metode index Card Match dan  yang  diajar dengan menerapakan metode Make a Match dan  berupa Implikasi penelitian

Anda suka dengan artikel Skripsi Tentang Index Card Match Dalam Matematika ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pemanfaatan Index Card Match Dalam Pembelajaran Matematika. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Skripsi Tentang Index Card Match Dalam Matematika" :

Ditulis dalam Kategori Skripsi Matematika.