Masalah yang timbul dalam  proses belajar mengajar disebabkan kurangnya hubungan yang komunikatif antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa lainnya sehingga proses interaksi menjadi vakum, padahal proses belajar mengajar dipengaruhi oleh perilaku saling interaksi, Siswa  sebagai  subyek  didik  adalah  yang merencanakan dan ia sendiri yang melaksanakan belajar.

Dalam hal ini untuk mengatasi masalah yang telah dikemukan diatas pembelajaran metode Course  Review  Horay dan metode Talking Stick adalah metode  pembelajaran  yang dapat mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar matematika. metode Course Review Horay merupakan motode pembelajaran yang dapat  menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang paling dulu mendapatkan tanda benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai setiap siswa yang dapat menjawab benar,  Metode Course Review Horay merupakan  cara  belajar-mengajar  yang  lebih  menekankan pada pemahaman materi yang diajarkan guru dengan  menyelesaikan soal-soal.

Metode Talking Stick dalam Pembelajaran Matematika

Langkah-langkah pembelajaran Course Review Horay adalah  sebagai berikut :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi.
  3. Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab.
  4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa.
  5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (V) dan salah diisi tanda silang (X).
  6. Siswa yang sudah mendapat tanda V vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya.
  7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
  8. Penutup.

Metode Talking Stick mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat karena Metode Talking Stick menggunakan sebuah tongkat sebagai alat penunjuk giliran. Siswa yang mendapat tongkat akan diberi pertanyaan dan harus menjawabnya. Kemudian secara estafet tongkat tersebut berpindah ke tangan siswa lainnya secara bergiliran. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa mendapat tongkat dan  pertanyaan. Adapun langkah-langkah pembelajaran  metode Talking Stick adalah sebagai berikut:

  1. Guru menyiapkan sebuah tongkat.
  2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/ paketnya.
  3. Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya guru mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya.
  4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberi pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
  5. Guru memberikan kesimpulan.
  6. Evaluasi.
  7. Penutup

Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa metode Course Review Horay dan metode Talking Stick memberikan manfaat bagi siswa, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mampu menciptakan suasana belajar aktif dan menyenangkan.
  2. Pembelajaran menarik mendorong untuk dapat terjun ke dalanya
  3. Melatih kerja sama
  4. Menguji kesiapan siswa.
  5. Melatih membaca dan memahami dengan cepat
  6. Agar lebih giat Belajar. (Belajar dahulu)

Disamping manfaat yang dirasakan oleh siswa  Metode Course Review Horay dan metode Talking Stick mempunyai sedikit kelemahan yaitu:

  1. Siswa aktif dan pasif nilainya disamakan,
  2. Adanya peluang untuk curang.
  3. Membuat siswa senam jantung

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Latifa Rachmawati mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam metode pembelajaran  Course Review Horay dalam mata pelajaran Matematika dilaporkan mampu meningkatkan hasil belajar  matematika siswa. Begitu pula dengan penelitian yang dilakukan oleh Filein Sofiawati Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam metode pembelajaran Talking Stick dalam mata pelajaran matematika di laporkan juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Course Review Horay  dengan Talking Stick  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Pada pembelajaran metode Course Review Horay dan metode Talking Stick aktifitas belajar lebih banyak berpusat  pada  siswa.  Dalam  hal  ini  pada  proses  pembelajaran  guru  hanya bertindak sebagai penyampai informasi, fasilitator dan pembimbing. Maka dari itu penulis mencoba menerapkan dan membandingkan kedua model pembelajaran tersebut, karena kedua model ini memiliki persamaan yaitu menekankan pada keaktifan siswa tetapi berbeda dalam hal pelaksanaannya.

Baca juga tentang Materi Lingkaran Matematika SMP dan Skripsi tentang Index Card Match

Anda suka dengan artikel Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Matematika ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Belajar Matematika Yang Asyik Dan Menyenangkan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Matematika" :