Belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi  kebutuhan  hidupnya. Untuk mencapai hasil belajar yang baik maka proses belajar memegang peranan penting di era globalisasi ini kita dituntut untuk memperoleh hal-hal yang baru, dan yang lebih baik. Kegiatan  belajar mengajar dapat terjadi di manapun, kapanpun dan dilaksanakan oleh siapapun serta haruslah berjalan secara berkesinambugan.

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang pengertian belajar, dapatlah kita lihat beberapa definisi tentang belajar sebagai berikut:

  1. Belajar adalah berusaha, berlatih untuk  mendapatkan pengetahuan.
  2. Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh indvidu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pegalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Selain dari pengertian diatas belajar juga berati sebagai proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman dan latihan serta belajar juga merupakan suatu proses mental yang terjadi dalam diri seseorang sehingga menyebabkan munculnya perubahan perilaku.

Berdasarkan definisi-definisi yang dikemukakan oleh para ahli memang berbeda akan tetapi memiliki maksud dan tujuan yang sama. Dimana dalam kalimat-kalimat yang diuraikan oleh para ahli tersirat makna belajar yakni terjadinya perubahan pada diri seorang peserta didik yang mengarah ke hal-hal yang positif. Sebagai bukti setelah belajar seseorang yang belum tahu sesuatu akan menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham. Beberapa teori belajar yang dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Anda suka dengan artikel Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Skripsi Matematika.