Pengertian Analisis Butir Soal. Dalam kamus bahasa Indonesia, analisis berarti penyelidikan dan penguraian terhadap suatu masalah untukk mengetahui keadaan yang sebenar-benarnya atau proses pemecahan masalah yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya (Daryanto, 1997).

Jadi, analisis butir soal adalah suatu kegiatan yang menyelidiki dan menguraikan soal-soal guna untuk mengetahui kekurangan-kekurangan atau permasalahan dalam soal-soal yang akan diujikan.

 Analisis butir soal adalah suatu proses pengumpulan, peringkasan dan penggunaan informasi dari jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian

Tujuan Analisis Butir Soal

Tujuan analisis butir soal adalah :

  1. Untuk mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yag bermutu sebelum soal digunakan
  2. Membantu meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif
  3. Mengetahui informasi diagnostic pada siswa apakah mereka sudah atau belum memahami materi yang telah diajarkan.

Manfaat Analisis Butir Soal

Kegiatan analisis butir soal memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

  1. Dapat membantu para pengguna tes dalam evaluasi atau tes yang digunakan
  2. Sangat relevan bagi penyusunan tes informal dan lokal seperti tes yang disiapkan guru untuk siswa dikelas
  3. Mendukung penulisan butir soal yang efektif.
  4. Secara materi dapat memperbaiki tes dikelas
  5. Meningkatkan validitas dan reliabilitas.

Cara-Cara Menganalisis Butir Soal

Dalam melaksanakan analisis butir soal, dapat digunakan dua macam cara, yaitu analisis butir soal secara kualitatif dan analisis butir soal secara kuantitatif.

Analisis butir soal secara kualitatif

Pada prinsipnya analisis butir soal  secara kualitatif dilaksanakan berdasarkan kaidah penulisan  soal (testertulis,perbuatan,dan sikap). Penelaahan ini biasanya dilakukan sebelum soal  digunakan/diujikan.

Aspek yang diperhatikan di dalam penelaahan secara  kualitatif ini adalah setiapsoal ditelaah dari segimateri, konstruksi, bahasa/budaya, dan kunci jawaban/pedomanpenskorannya. Dalam melakukan penelaahan setiap butir soal, penelaah  perlu mempersiapkan bahan-bahan penunjang seperti : (1) kisi-kisi tes, (2)kurikulumyang digunakan, (3)buku sumber, dan (4)kamus bahasa Indonesia.

Teknik Analisis secara kualitatif

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menganalisis butir soal secara kualitatif, diantaranya adalah teknik moderator dan teknik panel.

Teknik moderator merupakan teknik berdiskusi yang di dalamnya terdapat  satu orang  sebagai penengah. Berdasarkan teknik ini, setiap butir  soal  didiskusikan secara  bersama-sama dengan beberapa  ahli  seperti guru yang mengajarkan materi, ahli  materi,  penyusun/pengembang kurikulum, ahli penilaian, ahli bahasa,  berlatar belakang psikologi. Teknik ini sangat  baik karena setiap  butir soal dilihat secara bersama-sama berdasarkan kaidah penulisannya. Namun, kelemahan teknik ini adalah memerlukan waktu lama  untuk  rnendiskusikan setiap satu butir soal.

Teknik panel merupakan suatu teknik menelaah butir soal yang setiap butir  soalnya ditelaah berdasarkan kaidah penulisan butir soal, yaitu ditelaah dari  segimateri, konstruksi, bahasa/budaya, kebenaran kunci jawaban/pedoman penskorannya yang  dilakukan oleh beberapa  penelaah.  Caranya   adalah beberapa penelaah diberikan :butir-butir  soal yang akan  ditelaah, format penelaahan,dan pedoman penilaian/penelaahannya. Pada tahap awal para penelaah diberikan pengarahan, kemudian tahap berikutnya para penelaah berkerja sendiri-sendiri di tempat yang tidak  sama.

Prosedur analisis secara kualitatif

Agar penelaah dapat dengan mudah menggunakan format penelaahan soal, maka para penelaah perlu  memperhatikan petunjuk pengisian  formatnya. Petunjuknya adalah seperti berikut ini.

  1. Analisislah setiap butir soal berdasarkan semua criteria yang tertera didalam format!
  2. Berilah tanda cek (V) pada kolom “Ya” bila soal yang ditelaah sudah sesuai dengan kriteria!
  3. Berilah tanda cek (V) pada kolom “Tidak” bila soal yang ditelaah tidak sesuai dengan kriteria, kemudian tuliskan alas an pada ruang catatan atau pada teks soal dan perbaikannya.

Baca juga tentang bentuk-bentuk tes hasil belajar dan Pengertian Pendekatan Open ended dalam matematika

Anda suka dengan artikel Panduan Analisis Butir Soal ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Tujuan Penelitian Skripsi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Panduan Analisis Butir Soal" :

Ditulis dalam Kategori Penilaian Pembelajaran.