Diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah. Penyakit ini menyebabkan tubuh seseorang tidak dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuhnya. Penyakit ini sering disebabkan oleh beberapa faktor seperti keturunan, pola hidup yang tidak sehat, kurang aktivitas, dan stress. Kadar gula dalam darah ini sangat ditentukan oleh jenis makanan yang dimakan. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan.

Buah untuk Mengobati Diabetes

Banyak makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Pantangan makanan tersebut diantaranya adalah makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan makanan instan seperti nasi, mie, burger, dan sebagainya; makanan manis yang banyak mengandung gula; dan buah dengan kadar gula tinggi seperti pisang, durian, sirsak, nangka, dan mangga. Tapi jangan khawatir,  ada juga buah yang malah dapat membantu mengendalikan kadar gula darah yang tinggi vitamin serta protein. Inilah 10 buah yang baik bagi penderita diabetes.

  • Apel
    Buah apel kaya akan pektin yang dapat mengurangi tingkat insulin dalam tubuh. Mengonsumsi apel dapat menurunkan indeks glikemik Anda. Makanlah apel secara langsung atau dibuat jus.
  • Pir
    Selain apel, buah pir juga mengandung pektin yang cukup tinggi. Buah ini dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga aman bagi penderita diabetes.
  • Aprikot
    Buah apricot kaya akan kalium. Kalium ini baik untuk penderita diabetes. Mengonsumsi apricot yang kering lebih baik dari pada yang masih segar.
  • Berry
    Segala jenis buah berry dapat membantu menurunkan indeks glikemik sehingga sehat untuk penderita diabetes. Jenis buah ini antara lain strawberry, blackberry, blueberry, dan raspberry.
  • Ceri
    Buah ceri kaya akan serat yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Anggur
    Anggur yang segar sebenarnya aman bagi penderita diabetes. Tapi dengan catatan tidak terlalu banyak. Jika terlalu banyak mengonsumsi anggur, maka akan berbahaya karena anggur ini mengandung karbohidrat dalam bentuk gula yang alami.
  • Plum
    Plum memiliki indeks glikemik yang rendah dan rendah kalori. Selain itu, plum juga kaya akan serta sehingga sehat bagi penderita diabetes dan jantung.
  • Jeruk
    Buah ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C dan serat, sehingga dapat memodulasi gula dalam darah dengan cara memperlambat penyerapannya.
  • Alpukat
    Alpukat mengandung potassium dan lemak sehat sehingga aman bagi penderita diabetes. Buah ini juga dapat menurunkan trigliserida serta kolesterol jahat.
  • Melon
    Buah melon mengandung banyak serta yang baik bagi penderita diabetes. Namun, jangan membeli melon yang terlalu matang karena dapat menaikkan kadar gula Anda.

Selain mengonsumsi buah yang sehat bagi penderita diabetes, biasanya penderita diabetes juga disarankan untuk melakukan diet. Nah, diet seperti apa yang harus dilakukan? Ini jawabannya.

  • Penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat serat. Misalnya sorghum, beras merah, oats, dan sayuran segar. Hindari nasi putih yang mengandung karbohidrat tinggi.
  • Hindari makanan yang asin dan kalengan.
  • Sebaiknya tambahkan pula bawang putih, bawang merah dan buncis yang banyak ke dalam menu diet Anda. Ketiga jenis sayuran ini dapat membantu menurunkan kadar lemak serta gula darah.
  • Konsumsi daging yang rendah lemak. Selang-seling dengan buah-buahan yang segar serta susu skim.

Itulah beberapa buah sehat  bagi penderita diabetes yang dapat menurunkan atau mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Perhatikan terus asupan makanan Anda.

Baca juga tentang Obat Penyakit Meningitis

Anda suka dengan artikel Buah Untuk Mengobati Diabetes ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perbedaan Pengukuran, Penilaian, Dan Evaluasi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Buah Untuk Mengobati Diabetes" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.