Anda sering merasa mudah lelah dan lemas? Itu tandanya stamina Anda sedang menurun. Stamina merupakan hal penting dalam tubuh yang dapat menunjang mobilitas dan metabolisme seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika stamina menurun, maka aktivitas kita sehari-hari bisa terganggu. Nah, kalau sudah begitu, siapa yang rugi? Oleh karena itu, sebaiknya kita pintar-pintar menjaga stamina tubuh.

Tips Meningkatkan Stamina Tubuh

Selain usia, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan stamina menurun, diantaranya:

  • Kurang olahraga. Lakukan olahraga secara teratur agar stamina Anda tetap terjaga. Dengan berolahraga, metabolism tubuh akan terjaga, sehingga tubuh kita akan selalu bugar dan sehat.
  • Pola makan yang tidak teratur. Makan makanan yang sehat bergizi seimbang secara teratur. Bukan banyaknya makanan yang diperlukan, tapi asupan nutrisi yang seimbanglah yang diperlukan tubuh.
  • Merokok. Rokok mengandung berbagai zat yang bisa mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu dan berdampak pada turun nya stamina.
  • Ada Masalah baik masalah psikologis maupun non psikologis.
  • Sakit. Tubuh yang sedang sakit jelas tidak dapat melakukan metabolisme dengan optimal Ini akan berakibat pada menurunnya stamina seseorang.

Sekarang ini banyak suplemen untuk menambah stamina yang dijual di pasaran. Namun jika stamina Anda menurun, jangan cepat-cepat mengonsumsi suplemen.  Organ tubuh yang sudah bekerja belum tentu bisa menerima zat-zat yang terkandung dalam suplemen tersebut. Selain itu, banyak kasus-kasus gagal ginjal ditemukan pada pengonsumsi suplemen.

Berikut ini beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan stamina Anda.

  • Berolahraga

Menurut ahli jantung James Rippe, olahraga merupakan cara terbaik untuk mengatasi rasa lelah serta menambah energy. Terutama olahraga jenis aerobic seperti lari, bersepeda, berenang, dapat memperkuat jantung sehingga pasokan oksigen dalam tubuh akan lebih banyak. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan produksi energi dan menambah stamina tubuh.

  • Banyak Minum Air Putih

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kelelahan. Hal ini karena jika tubuh kurang cairan, darah akan mengental sehingga tubuh akan lambat mendapatkan oksigen.

  • Menjaga Makan

Agar stamina tubuh anda tetap terjaga, sebaiknya Anda makan dalam porsi kecil tapi dengan kandungan gizi yang seimbang dan sering. Jika Anda makan makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang banyak, ini akan menyebabkan gula darah menjadi naik, dan akhirnya badan menjadi cepat lelah.

  • Konsumsi Vitamin, Mineral dan Omega 3

Jika Anda lelah, sebaiknya konsumsi multivitamin dan mineral. Antioksidan yang ada dalam vitamin dapat memperbaharui kerusakan sel karena radikal bebas. Selain itu, mineral dapat membantu kerja hati serta ginjal untuk detoksifikasi. Sedangkan omega 3 dapat mengoptimalkan kinerja sel tubuh. Konsumsi banyak buah dan sayur, serta makanan yang banyak mengandung omega 3 seperti ikan salmon.

  • Mengubah Rutinitas

Agar Anda tidak bosan dengan rutinitas yang ada, coba ubah kegiatan Anda tersebut. Misalnya dengan menempuh jalur baru menuju kantor, atau dengan mendengarkan musik yang berbeda. Hal ini karena kebosanan dapat menguras energi Anda.

  • Prioritas

Di sela-sela waktu luang, Anda dapat mencatat beberapa hal yang paling penting, hal menyenangkan, atau apa pun yang ingin Anda lakukan dalam hidup Anda. Ini karena energi kita akan banyak terkuras jika kita melakukan hal yang tidak diinginkan.

  • Istirahat yang Cukup

Stamina Anda dapat kembali meningkat dengan istirahat yang cukup. Hal ini juga dapat dilakukan untuk menjaga stamina Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan stamina menurun.

Baca juga tentang Buah untuk Mengobati Diabetes

Anda suka dengan artikel Tips Meningkatkan Stamina Tubuh ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Penulisan Butir Soal Uraian Dan Essay. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Meningkatkan Stamina Tubuh" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.