Saat ini cuaca makin tidak menentu. Kadang panas, kadang hujan. Keadaan cuaca seperti ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah flu. Flu bisa menyerang pada segala usia, bayi, anak-anak, hingga dewasa. Dengan mengenali flu lebih jauh, setidaknya kita bisa tahu bagaimana mengatasi flu tersebut.

Flu merupakan salah satu jenis penyakit pernafasan. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza. Penyebarannya dapat melalui udara, adanya kontak langsung, atau menggunakan alat makan minum secara bersama-sama. Virus bisa menempel pada kulit kemudian masuk melalui hidung atau mulut. Penyebarannya ini bisa diatasi dengan mencuci tangan.

Penyakit flu biasanya memiliki gejala beragam, seperti demam, hidung tersumbat, bersin-bersin, nyeri otot, sakit kepala, sakit sendi, lesu, batuk, sakit tenggorokan, dan hilangnya nafsu makan. Sebenarnya flu ini bisa sembuh dengan sendirinya selama satu minggu. Namun, jika kondisi tubuh menurun, maka flu ini bisa bertambah parah dan akhirnya bisa menyebabkan sinusitis, pneumonia, dan radang telinga.

Untuk mengatasi flu, Anda bisa melakukan hal-hal berikut.

  • Beristirahat dan makan makanan bergizi. Makan makanan yang bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anda juga dianjurkan untuk minum obat flu. Obat flu yang digunakan sebaiknya yang memiliki kandungan sebagai berikut:
    • Antinyeri dan antipanas untuk mengatasi demam, sakit kepala, serta nyeri sendi.
    • Dekongestan hidung, untuk mengatasi hidung yang tersumbat.
    • Antihistamin atau antialergi untuk mengatasi alergi serta gatal pada hidung atau tenggorokan.
    • Mengunjungi dokter untuk mendapatkan antibiotik. Hal ini bila adanya perubahan warna pada lendir menjadi berwarna kuning atau hijau, dan antibiotik tidak bisa dikonsumsi secara bebas.

Obat Flu Tradisional

Mencegah lebih baik dari mengobati. Nah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran flu, diantaranya:

  • Cuci tangan. Sering-seringlah cuci tangan untuk menghambat penyebarannya. Apalagi jika di rumah ada anggota keluarga yang sedang flu. Dengan sering mencuci tangan, maka kebersihan tangan akan selalu terjaga karena kuman-kuman akan larut bersama air.
  • Jauhkan tangan Anda dari hidung dan mata. Ini karena melalui kedua tmpat itulah kuman bisa masuk ke dalam tubuh.
  • Hilangkan kebiasaan menggigit jari. Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit jari, sebaiknya Anda segera menghilangkannya. Kuku merupakan tempat berkumpulnya kuman-kuman, dan sengan menggigitkuku atau jari, kuman bisa masuk ke dalam tubuh.
  • Istirahatlah yang cukup. Flu bisa juga disebabkan karena factor kelelahan. MAka dari itu, beristirahatlah dengan cukup dan optimal. Jangan membuang-buang waktu dengan hal yang tidak berguna. Jika Anda memiliki waktu luang, gunakan untuk tidur. Sehari semalam, manusia membutuhkan tidur sebanyak 8-10 jam.
  • Melakukan vaksin flu. Vaksin bukanlah obat yang bisa menyembuhkan flu. Vaksin ini dapat membantu mencegah seseorang terserang flu.
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan flu. Makanlah sayur dan buah dalam jumlah yang banyak
  • Olahraga. Perbanyaklah olahraga agar kekenalan tubuh Anda meningkat. Selain itu, toksin juga akan keluar melalui keringat dengan berolahraga.
  • Jaga jarak dengan keluarga atau orang yang sedang terserang flu. Anda juga bisa menggunakan masker atau sapu tangan untuk menutup hidung dan mulut jika Anda orang yang terserang flu di sekitar Anda.
  • Hindari merokok. Merokok dapat menyebabkan adanya perubahan struktur pernafasan serta menurunkan system imun tubuh. Selain itu, merokok bisa membunuh cilia, yaitu serat mirip rambut dalam hidung. Cilia ini berfungsi untuk menghambat infeksi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi flu. Semoga bermanfaat. Baca juga Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Anda suka dengan artikel Obat Flu Tradisional ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Menjaga Kesehatan Ginjal. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Flu Tradisional" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.