Siapa sih yang tidak mau punya kulit yang sehat? Semua orang pasti menginginkan nya. Apalagi wanita. Makhluk yang selalu memperhatikan kesehatan kulitnya. Merawat kulit sebenarnya gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Di bilang susah karena meskipun dengan segudang macam perawatan, ada banyak factor yang bisa membuat kulit menjadi menua, kusam, dan sebagainya.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Nah, berikut beberapa cara untuk merawat kesehatan kulit Anda. Simak baik-baik.

Melakukan Perawatan

Perawatan pada kulit perlu dilakukan. Terutama pada kulit wajah. Cucilah wajah Anda setelah berpergian apalagi jika selama pergi Anda berada di bawah terik matahari. Gosoklah kulit dengan menggunakan peeling dengan halus secara teratur. Penggosokan dengan peeling ini bisa membatu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Dengan begitu, kulit Anda akan terasa segar dan lebih cerah.

Olahraga

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan, termasuk kulit. Dengan rajin berolahraga, kekencangan kulit akan terjaga. Selain itu, adanya keringat yang keluar akan membantu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Dengan begitu, kulit akan tetap sehat.

Hindari Matahari

Hal yang paling berperan penting dalam hal kerusakan kulit adalah matahari. Matahari dapat membuat kulit Anda berkerut, mempercepat proses penuaan, dan perubahan pigmen kulit. Oleh karena itu, Anda perlu melindungi kulit Anda dari matahari dengan menggunakan krem khusus. Selain dengan menggunakan krem, gunakan juga cara lain seperti menggunakan topi atau paying saat Anda berada di bawah terik matahari.

Hindari Rokok

Bukan hanya pria, wanita pun sekarang banyak yang merokok. Padahal rokok ini bisa membuat kulit berkerut dan kusam. Bahkan Anda yang tidak merokok pun akan terkena dampaknya. Ya, asap rokok yang berada di sekitar Anda pun dapat membuat kulit Anda rusak. Dalam beberapa penelitian terdapat dugaan bahwa nikotin dalam rokok sama bahayanya dengan elastin pada sinar matahari.

Selain menghindari rook dan sinar matahari, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan yang dapat membuat kulit Anda rusak. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut diantaranya:

  • Tidur Tanpa Membersihkan Riasan

Sebelum tidur, usahakan wajah Anda dibersihkan terlebih dahulu dari make up. Jangan hanya menggunakan sabun, gunakan juga pembersih wajah. Ini akan membersihkan wajah Anda lebih efektif. Sisa-sisa make up yang belum dibersihkan akan menyumbat pori-pori anda dan akan menimbulkan masalah yang serius bagi kulit wajah Anda.

  • Menggunakan Make up Kadaluarsa

Usahakan hindari pemakaian kosmetik yang kadaluarsa atau yang hamper kadaluarsa. Ini bisa membuat kulit kulit Anda alergi dan kemudian menjadi rusak. Sebelum membeli, perhatikan tanggal kadaluarsa nya. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk memakai kosmetik lebih dari 12 bulan setelah dibuka.

  • Sering Menggunakan Scrub

Terlalu sering menggunakan scrub bisa mengakibatkan lapisan pelindung lemak pada kulit Anda menjadi terganggu, dan memperbanyak sebum pada kulit yang akhirnya mengakibatkan timbulnya jerawat.

  • Penggunaan Alat Make Up kotor

Usahakan Anda selalu membersihkan alat make up secara berkala dengan mencucinya. Penggunaan alat make up yang kotor akan membuat kulit wajah Anda rusak karena kosmetik yang Anda gunakan bercampur dengan debu atau kotoran lain.

  • Menambah Riasan

Jika Anda menggunakan make up, sebaiknya Anda menghindari tambal sula make up Anda. Ini hanya akan menyumbat pori-pori kulir wajah Anda dan berakhir pada masalah kulit wajah seperti komedo atau jerawat.

Nah, itulah tips-tips untuk merawat kesehatan kulit terutama kulit wajah. Semoga bermanfaat… Baca juga tentang Obat Flu Tradisional

Anda suka dengan artikel Cara Menjaga Kesehatan Kulit ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Menghitung Skor Tes. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Menjaga Kesehatan Kulit" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat. 10 contoh materi,