Anda termasuk orang yang suka mandi berlama-lama? Atau orang yang senang mandi? Nah, dalam artikel ini akan dipaparkan manfaat mandi bagi kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Menurut beberapa penelitian, selain untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan kuman-kuman, ternyata mandi juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit kulit, peningkatan sistem imun, bahkan ada juga beberapa penyakit medis serius yang bisa disembuhkan hanya dengan mandi. Wah..wah..wah.. ternyata mandi itu sangat bermanfaat bagi tubuh kita ya.. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak sama-sama…

Manfaat Mandi bagi Kesehatan

Keluarkan Toksin

Toksin dalam tubuh bisa dikeluarkan secara alami dengan mandi air hangat berkisar antara 32-35°C. Selain itu, dengan mandi air hangat, tingkat gula darah seseorang bisa turun, sakit otot menjadi sembuh, dan usus besar bisa bekerja dengan optimal. Waktu yang disarankan untuk mandi air hangat ini sekitar 10-20 menit saja.

Redakan Stress

Bagi Anda yang sedang mengalami stress, sebaiknya Anda mandi air dingin dengan suhu sekitar 12-18° C. Dengan mandi air dingin, ketegangan pada syaraf-syarat Anda akan reda. Berbeda dengan mandi air hangat, mandi air dingin ini malah bisa menaikkan kadar gula darah dan mempersempit darah.

Atasi Eksema

Mandi juga bisa menyembuhkan penyakit kulit tertentu seperti eksema, gatal-gatal dan ruam. Jika Anda mengalami ketiga penyakit kulit ini, Anda bisa menambahkan baking soda pada air untuk mandi Anda. Baking soda ini berperan sebagai antibiotik dan bisa menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut. Caranya adalah dengan mencampurkan sekitar 1 pound baking soda pada air hangat Anda. Lalu, Anda berendam selama 10-20 menit.

Sembuhkan Infeksi

Nah, jika Anda mengalami sariawan, Anda bisa menambahkan cuka apel ke dalam air hangat Anda. Lalu berendam selama 15-20 menit. Selain itu, cuka juga bisa mengembalikan derajat keasaman tubuh sehingga bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Sembuhkan Flu serta Sakit Kepala

Jika Anda flu, sakit kepala atau kaki Anda lelah, sebaiknya Anda merendam kaki dengan menggunakan air hangat selama 10-20 menit. Anda juga bisa menambahkan minyak aroma terapi seperti minyak lemon, lavender atau peppermint pada air rendaman kaki Anda.

Mengatasi Insomnia

Untuk mengatasi insomnia, coba rendam kaki Anda dalam air dingin. Rendam kaki hingga kaki merasa dingin. Cara seperti ini juga bermanfaat untuk mengatasi kaki yang lelah, pendarahan hidung, serta sembelit.

 Melancarkan Sirkulasi

Sirkulasi darah bisa lancar dengan merendam kaki dengan menggunakan air dingin dan air hangat secara bergantian. Rendam kaki selama 2 menit dengan air hangat, lalu rendam lagi dalam air dingin sekitar 3 menit. Begitu seterusnya hingga 15 menit dan ditutup dengan rendaman air dingin.

Redakan Batuk

Dengan mandi air hangat, secara otomatis kita akan menghirup uap panas. Hal ini akan membantu menghilangkan phlegm yang bisa menjadi penyebab batuk Anda. phlegm merupakan penyebab dari adanya iritasi dalam tenggorokan.

Selain beberapa manfaat mandi di atas, ternyata mandi juga bermanfaat untuk meningkatkan sel darah putih, menurunkan resiko darah tinggi, meningkatkan kesuburan, memperbaiki jaringan tubuh, dan menyehatkan rambut.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa saja manfaat mandi. Jaga terus kesehatan Anda. Ingatlah ungkapan ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’. Jaga kesehatan dengan selalu mandi, baik pagi, siang dan sore hari. Bahkan jika memungkinkan mandilah sebelum fajar. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa mandi sebelum fajar ternyata memiliki segudang manfaat. Penasaran silakan mencoba…

Baca juga tentang Efek Samping Obat Herbal

Anda suka dengan artikel Manfaat Mandi Bagi Kesehatan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Validitas Dan Reliabilitas Tes Pada Pengukuran. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Manfaat Mandi Bagi Kesehatan" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.