Mata adalah salah satu organ penting. Dengan memiliki mata, semua orang bisa melihat keindahan dunia. Tapi, jika mata sakit atau tidak sehat, indera ini tidak bisa bekerja dengan optimal. Alhasil, kita tidak bisa melihat dengan jelas.

Mata yang cantik dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Mata yang sehat tidak sekonyong-konyong dimiliki tanpa adanya usaha atau perawatan. Seperti halnya kesehatan kulit atau organ lainnya, kesehatan mata pun harus dijaga baik dari dalam maupun dari luar. Menurut WHO (World Health Organization) ada sekitar 45 juta orang yang mengalami kebutaan. Sepertiganya adalah penduduk di Asia Tenggara. Di Negara kita sendiri setidaknya ada 12 orang yang mengalami kebutaan setiap menitnya.

Merawat Mata Agar Tetap Sehat

Nah, untuk menjaga kesehatan mata kita, berikut terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan

  • Diet sehat dan seimbang. Jika Anda sedang mengikuti program diet, sebaiknya Anda tetap makan makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan. Pilih makanan yang mengandung Vitamin E, A, dan C. Ketiga vitamin ini bisa menjaga mata agar tetap sehat. Selain itu, pilih juga ikan salmon.
  • Hindari pola Hidup tidak sehat. Kebiasaan buruk ini misalnya merokok dan minum minuman beralkohol. Menurut para ahli, merokok dapat menghilangkan ketajaman mata saat melihat dan menyebabkan katarak. Minum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan reaksi pupil tidak stabil hingga rabun.
  • Memeriksa mata. Stres ternyata dapat berdampak pada mata. Untuk menjaganya, sebaiknya Anda selalu memeriksakan mata Anda secara rutin. Hal ini dimaksudkan agar terhindar dari penyakit yang bisa kapan saja menyerang.
  • Lakukan senam mata. Senam mata dapat dilakukan dengan membuka mata selebar mungkin. Kemudian putar bola mata ke kiri, kanan, bawah, dan atas. Lakukan selama dua detik. Anda bisa mengulanginya saat sedang santai. Hal ini juga bisa mengurangi stress pada mata karena terlalu lama terkena radiasi matahari atau di depan komputer.
  • Ketahui penyakit mata dalam keluarga. Jika Anda atau keluarga Anda memiliki penyakit mata, siapa tahu hal tersebut karena faktor keturunan. Coba runut silsilah keluarga Anda. Apakah Anda yang memiliki penyakit mata atau tidak. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit mata bagi keluarga Anda. Tentunya dengan berkonsultasi pada dokter.
  • Memakai kacamata. Anda bisa memakai kacamata untuk melindunginya dari debu atau sinar matahari. Hindari penggunaan  kacamata sebagai gaya saja. Perhatikan juga kesehatan pada mata Anda.
  • Istirahat cukup. Mata juga perlu istirahat lho. Jika mata Anda sudah terasa lelah, sebaiknya istirahatkan dulu mata Anda. Anda bisa tiduran atau melihat pemandangan berwarna hijau.
  • Menonton TV dan membaca dengan benar. Sebaiknya jarak antara TV dengan mata itu sekitar 2,5 hingga 3 meter. Untuk kebiasaan membaca, sebaiknya membaca dalam posisi duduk yang rileks, cahaya dari depan atau samping, jarak mata dengan buku sekitar 30-40 cm, dan jangan membaca terlalu lama.
  • Jangan mengucek mata dengan tangan kotor. Cuci tangan dulu dengan menggunakan sabun, baru mengucek mata dengan punggung tangan.

Mata kita sangat penting. Oleh karena itu, perhatikan selalu kesehatan mata Anda. Jaga mata agar tidak rusak. Jangan terlalu sering menggunakan soflens karena bisa menyebabkan kerusakan mata. Selain itu, makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel, bayam,  kangkung,  tomat, pepaya,  melon, pisang, belimbing, semangka, dan lain-lain.

Baca juga Bahaya Penggunaan Pemutih Wajah

Anda suka dengan artikel Merawat Mata Agar Tetap Sehat ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Bahaya Penggunaan Pemutih Wajah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Merawat Mata Agar Tetap Sehat" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.