Kehamilan merupakan masa yang begitu membahagiakan bagi pasangan suami istri, terlebih bagi seorang ibu. Akan tetapi ada hal-hal yang dapat mengakibatkan kehamilan tersebut tidak dapat dilanjutkan baik karna faktor kesehatan ibu atau karna faktor ketidaksengajaan sehingga terjadi keguguran.

Berikut kami uraikan tips-tips bagi ibu hamil untuk mencegah keguguran agar kandungannya dapat mencapai usia dimana bayi dapat dilahirkan pada waktu yang tepat, yaitu dengan usia kehamilan normal 37-42 minggu.

Tips Mencegah Keguguran

  • Jika Anda sedang menunda kehamilan, penting untuk mengkonsultasikan kesehatan Anda pada dokter. Karna usia sangat mempengaruhi kehamilan. Hamil pada usia yang sangat mudah atau dibawah 21 tahun rentan karna rahim belum matang untuk menerima hasil konsepsi. Sedangkan hamil pada usia lanjut atau lebih dari 40 tahun juga rentan karna status kesehatan yang sudah tidak optimal.
  • Jagalah asupan makan dan minum saat hamil. Hindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan infeksi pada janin seperti:
    1. Daging mentah (sushi), sayuran yang tidak dicuci dengan baik, keduanya mengandung toksoplasmosis, yaitu suatu parasit yang bisa mengakibatkan infeksi serius pada janin Anda.
    2. Daging ayam dan telur yang kurang masak. Janganlah makan daging ayam serta telur yang di masak kurang masak atau mentah karna dapat menjadi sumber salmonella yang bisa mengakibatkan diare yang berat pada ibu hamil.
    3. Ikan yang mengandung mercuri. Ikan tuna steak, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui memiliki kandungan tingkat mercuri yang tinggi yang dapat mengakibatkan rusaknya saraf bila dimakan didalam jumlah yang besar.
    4. Makanan sumber bakteri listeria. Keju memiliki efek membawa listeria. Listeria merupakan jenis bakteri yang dapat menembus plasenta serta mengakibatkan infeksi janin. Listeria bisa mengakibatkan keguguran, kelahiran prematur, serta keracunan didalam darah. Baiknya jauhi makanan jenis ini hingga melahirkan bayi anda.
    5. Merokok, minum alkohol, dan menggunakan obat-obatan seperti kokain dan MDMA (ekstasi) selama kehamilan karna dapat mengakibatkan kelainan perubahan pada janin serta juga masalah emosional pada bayi.
    6. Menghindari minum cafein. Minuman yang memiliki kandungan cafein layaknya kopi, teh, baiknya dihindari atau di batasi dikarenakan kopi bisa memicu berat  badan rendah pada bayi, keguguran serta dapat mengurangi penyerapan zat besi.
  • Menghindari kontak dengan kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing dikarenakan memiliki kandungan toksoplasmosis.
  • Jika terserang penyakit seperti batuk, flu dan sebagainya konsultasikan dengan dokter Anda obat yang tepat dan aman untuk diminum. Karna ada beberapa jenis obat yang dapat mengganggu kehamilan hingga mengakibatkan keguguran.
  • Menjaga lingkungan yang bersih. Lingkungan yang beracun atau terkontaminasi dengan zat-zat kimia seperti formaldehid, benzena, dan etilen oksida, dan dosis besar radiasi atau gas anestesi dianggap berbahaya.
  • Menjaga pola makan yang sehat. Ibu hamil cenderung menambah porsi makanannya lebih banyak dari masa sebelum hamil. Akan tetapi penting untuk selalu mengecek keselarasan antara usia kehamilan dan berat badan yang normal saat hamil agar tidak terjadi obesitas. Beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara obesitas dan keguguran.
  • Mengatur jarak kehamilan. Risiko keguguran juga akan tinggi jika Anda hamil kembali dalam waktu tiga bulan setelah melahirkan. Hal ini dapat terjadi karna kondisi rahim yang belum pulih untuk menerima hasil konsepsi kembali serta ibu tidak mampu memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk janin karna kondisi yang masih menyusui.

Semoga bermanfaat. Baca juga tentang susu agar cepat hamil

Anda suka dengan artikel Tips Mencegah Keguguran ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Susu Agar Cepat Hamil. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Mencegah Keguguran" :

Ditulis dalam Kategori Cara Cepat Hamil.