Batuk adalah salah satu penyakit yang sangat menganggu. Betapa tidak, seseorang yang sedang berkonsentrasi menyelesaikan atau sedang berpikir bisa buyar semuanya hanya karena penyakit yang satu ini. Batuk, bagi kebanyakan orang dianggap sebagai salah satu penyakit yang sepele.

Padahal, pada kenyataannya penyakit ini termasuk dalam salah satu indikator dari penyakit yang lain yang lebih membahayakan. Salah satu contohnya gejala TBC ditandai dengan batuk. Namun, disisi lain, batuk juga merupakan salah satu proses pembersihan saluran pernafasan dari debu yang mungkin masuk kedalam tubuh.

Maka dari itu, ada baiknya batuk segera diatasi dengan cara pengobatan yang tepat. Selain itu, pencegahan batuk sebaiknya dilakukan sejak dini ketika gejalanya sudah nampak. Batuk sendiri dikategorikan menjadi dua jenis, yakni batu berdahak dan batuk kering. Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada juga batuk yang disebabkan karena luapan emosi dari penderitanya, yakni ketika penderitanya merasa marah, kesal maupun sedih.

Pencegahan batuk sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan menjaga kebersihan udara dan lingkungan. Selain itu, tidur cukup juga menjadi salah satu teknik pencegahan batuk yang cukup ampuh. Beristirahat dengan waktu yang sesuai dengan kondisi tubuh akan membuat stamina menjadi lebih stabil dan sehat lagi. Selain itu, batuk juga bisa dicegah dengan cara menghindari asap rokok. Asap rokok adalah salah satu  pemicu batuk yang paling banyak dirasakan oleh banyak orang. Namun, kasusnya akan berbeda jika penderita batuk mandi uap. Mandi uap dengan beberapa aroma terapi bisa menjadi salah satu  jalan untuk meredakan tenggorokan.

Jika batuk sudah mendera, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Langkah yang pertama adalah  membuat udara di sekitar menjadi bersih. Salah satunya adalah dengan menggunakan pendingin ruangan, yakni AC. Jika si penderita masih  batuk juga, maka mengkonsumsi minuman hangat seperti jahe panas yang dicampur dengan madu. Beberapa langkah praktis yang bisa digunakan adalah meminum obat batuk yang diformulasikan secara khusus untuk batuk dengan kategori tertentu.

Anda suka dengan artikel Cara Mencegah Dan Mengobati Batuk ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mencegah Dan Mengobati Bisul. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mencegah Dan Mengobati Batuk" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengobati.