Bagi kaum wanita, menstruasi adalah sesuatu yang rutin dialami setiap bulannya dan itu adalah sesuatu yang normal. Namun, ternyata tidak semua wanita memiliki siklus haid yang normal. Kadang-kadang ada yang menstruasinya sering terlambat, dua bulan sekali,
dan bahkan ada juga yang sebulan bisa dua kali. Menstruasi yang tidak normal bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti faktor kelelahan, stress, dan fisik yang kurang sehat. Supaya siklus menstruasi normal kembali dan teratur, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk melancarkan siklus haid.
Jaga Pola Makan dan Diet Seimbang
Makan tidak teratur ternyata juga sangat berpengaruh terhadap lancar atau tidaknya siklus haid Anda. Mulai sekarang, atur jadwal makan Anda secara teratur. Jangan sampai melewatkan waktu makan Anda. Bagi Anda yang diet, pastikan bahwa menu diet Anda memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang tidak tercukupi tentu akan membuat tubuh menjadi kurang fit dan tidak dapat berfungsi dengan normal.
Perbanyak Minum Air Putih
Air putih memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Asupan air putih yang cukup akan memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh karena selama menstruasi, wanita akan kehilangan banyak cairan tubuh. Memperbanyak minum air putih juga dapat membantu mencegah perut sakit selama haid.
Hindari Aktivitas yang Melelahkan
Tubuh yang lelah dan kurang fit tentu akan membuat sistem tubuh juga tidak dapat berfungsi secara optimal, termasuk untuk siklus menstruasi. Oleh sebab itu, jika Anda sering melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan, sebaiknya kurangi aktivitas tersebut dan beristirahat yang cukup supaya tubuh kembali bugar.
Hindari Makanan Asam
Bagi Anda yang memiliki riwayat kista, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang asam dan pedas. Hal ini akan membuat siklus menstruasi Anda menjadi tidak teratur. Sebaiknya konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran serta hindari makanan siap saji.
Minum Kunyit Asam
Kunyit asam merupakan ramuan tradisional yang dapat membantu melancarkan menstruasi. Minumlah kunyit asam seminggu sebelum masa haid sehingga haid bisa datang secara teratur sesuai dengan siklusnya.

mau tau cara alami agar hidung terlihat lebih mancung?

Anda suka dengan artikel Cara Alami Agar Menstruasi Normal ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Alami Agar Kulit Lebih Putih. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Alami Agar Menstruasi Normal" :

Ditulis dalam Kategori Tips Trik. agar haid normal kembali,