Bau mulut merupakan sebuah masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh berbagai macam faktor. Biasanya, saat berpuasa kita sering mengalami bau mulut karena kita tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini wajar karena ketika tubuh tidak minum dalam waktu yang lama atau saat berpuasa, produksi saliva di dalam mulut akan berkurang. Saliva berguna untuk membasmi bakteri yang tumbuh di dalam mulut. Jika saliva berkurang, akibatya bakteri lebih mudah berkembang biak dan akhirnya menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.
Selain disebabkan karena berpuasa, bau mulut juga bisa disebabkan karena kurangnya perawatan mulut, mulut kering, gigi berlubang, dan karena menderita penyakit. Untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap, berikut ini beberapa cara alami untuk menghilangkan bau mulut.

Sikat Gigi Teratur
Seseorang yang jarang sikat gigi tentu akan mengalami masalah bau mulut Menyikat gigi berfungsi untuk membersihkan gigi dan mulut dari kuman dan bakteri yang bersarang di dalamnya. Pastikan semua gigi disikat dengan bersih untuk memastikan bahwa tidak ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Sikat gigi harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan gigi yang bersih. Sikat gigi bisa dilakukan pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Hindari Makanan Dengan Bau Menyengat
Jika Anda tidak ingin mengalami bau mulut, sebaiknya hindari makanan-makanan yang dapat menimbulkan bau mulut seperti bawang, jengkol, durian, dan petai. Jika Anda mengkonsumsi makanan ini, sebaiknya segera gosok gigi untuk menghilangkan bau tidak sedap dari makanan tersebut.

Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin C
Mengkonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, pepaya, dan stroberi sangat efektif untuk membantu menghilangkan bau mulut. Vitamin C diketahui dapat memerangi bakteri dan kuman yang bersarang di dalam mulut sehingga bau mulut pun dapat diatasi.

Minum Banyak Air Putih
Kurangnya cairan di dalam mulut dan mulut yang kering membuat produksi saliva menjadi berkurang. Oleh sebab itu, perbanyak konsumsi air putih jika tidak ingin mengalami bau mulut. Minumlah air putih 2 liter per hari. Selain dapat menghilangkan bau mulut, air putih juga akan membuat bibir lembab dan tidak pecah-pecah. Baca juga cara alami menghilangkan komedo

Anda suka dengan artikel Cara Alami Hilangkan Bau Mulut ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Alami Hilangkan Bau Badan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Alami Hilangkan Bau Mulut" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.